Tool Riset Keyword

8 Rekomendasi Tool Riset Keyword SEO Terbaik (2021)


Riset keyword sangat penting untuk meningkatkan trafik ke situs Anda. Ini membantu Anda menulis konten yang ideal untuk meningkatkan trafik pencarian organik Anda.

Apakah Anda mencari tool riset keyword SEO terbaik untuk membuat konten website, blog atau sosial media marketing Anda?

Masalahnya adalah memilih tool riset keyword yang tepat bisa rumit terutama jika Anda baru dalam SEO (Search Engine Optimization).

Dalam artikel ini, saya akan memberikan 8 rekomendasi tool riset keyword terbaik untuk Anda.

Tool-tool ini digunakan para ahli dan marketer profesional untuk meningkatkan trafik situs web mereka.

Apa itu Tool Riset Keyword?

Tool riset keyword membantu Anda menemukan ide topik yang banyak dicari orang di mesin pencari seperti Google, Bing, Amazon, dll.

Sehingga membantu Anda menemukan ide konten yang dicari pelanggan Anda. Anda kemudian dapat merencanakan strategi konten Anda agar bisa mencakup topik-topik tersebut di postingan blog dan landing page Anda.

Selanjutnya Anda dapat melihat short tail keyword dan long tail keyword yang digunakan pesaing Anda yang memperoleh peringkat teratas.

Anda kemudian dapat meningkatkan konten Anda untuk menargetkan keyword tersebut dan mendapatkan trafik mereka.

Karena itu, mari kita lihat rekomendasi 8 tool riset keyword SEO terbaik yang bisa Anda coba.

1. SEMRUSH

tool riset keyword

SEMrush adalah rangkaian tool SEO lengkap untuk melakukan riset keyword dan meningkatkan peringkat SEO Anda.

Dengan menggunakan Tool Keyword Overview, Anda dapat mengetikkan keyword dan mendapatkan gambaran lengkap tentang semua yang perlu Anda ketahui seperti berapa banyak orang yang mencari keyword (volume pencarian bulanan), apakah keyword itu semakin populer atau menjadi kurang populer (Tren), dan banyak lagi.

Anda bahkan dapat mengetahui di mana peringkat pesaing Anda untuk keyword tertentu.

Selain itu, Anda juga dapat melihat Google Ads yang menggunakan keyword tersebut dalam iklan PPC (iklan bayar per klik).

Masukkan nama website kompetitor Anda di Domain Overview untuk melihat istilah pencarian organik, data keyword, dan metrik trafik organik lainnya.

Jika Anda mengklik tab Organic Reseach, Anda akan dapat melihat keyword yang relevan, posisi peringkat mesin pencari pesaing Anda (serps), nilai trafik (bpk), dan banyak lagi.

tool riset keyword

SEMrush bisa untuk SEO, konten marketing, riset kompetitor, PPC (iklan bayar per klik), sosial media marketing dan masih banyak lagi.

2. AnswerThePublic

tool riset keyword

AnswerThePublic sedikit berbeda dari kebanyakan tool riset keyword lainnya. Tool ini menyajikan keyword dalam format visual yang menarik tapi Anda juga tetap bisa melihatnya dalam daftar atau mengunduh file hasil .csv.

Tool yang bagus untuk dicoba, karena Anda bahkan tidak perlu membuat akun untuk menggunakannya.

Cukup ketik keyword Anda dan lihat apa yang muncul.

Hasil keyword dari AnswerThePublic didasarkan pada fitur auto-suggest/ autocomplete Google dan Bing. Anda dapat mengklik salah satu keyword ini untuk mencarinya di Google, dan itu akan terbuka di tab baru.

Selanjutnya akan menunjukkan peringkat konten untuk istilah tersebut dan apakah ada featured snippet di dalamnya.

Versi gratis dari AnswerThePublic adalah sumber yang bagus untuk blogger. Namun jika Anda ingin melakukan riset keyword secara rutin, maka Anda memerlukan paket pro mereka.

3. Ubersuggest

tool riset keyword SEO terbaik

Ubersuggest adalah tool gratis yang memberikan data volume pencarian, saran keyword, tingkat kesulitan keyword dan banyak lagi.

Anda juga dapat melihat tabel 100 hasil teratas Google untuk keyword tersebut. Dengan perkiraan kunjungan, jumlah backlink, skor domain, dan jumlah total dibagikan di media sosial.

Di bawah Content Ideas, juga akan menampilkan konten yang terkait dengan keyword Anda, mencantumkan perkiraan kunjungan bulanan, backlink, dan jumlah pembagian di Facebook dan Pinterest.

Jika Anda masuk ke Ubersuggest dengan akun Google Anda, maka Anda akan bisa mendapatkan lebih banyak saran keyword, pelacakan peringkat harian, dan saran SEO yang dipersonalisasi.

UberSuggest juga dilengkapi dengan ekstensi Chrome yang dapat membantu Anda meningkatkan workflow.

4. Ahrefs

tool riset keyword SEO terbaik

Ahrefs adalah tool riset keyword populer lainnya yang menawarkan fitur serupa dengan SEMrush. Dengan menggunakan Ahrefs keyword explorer, Anda dapat menemukan ide keyword hanya dengan mengetikkan keyword ke dalam kotak pencarian. Anda kemudian akan melihat seluruh daftar saran keyword.

Anda juga dapat menggunakan Ahrefs untuk melihat keyword yang diperingkat oleh pesaing Anda (tetapi Anda tidak), sehingga Anda dapat membuat konten baru yang menargetkan keyword yang terkait dengan subjek tersebut.

Fungsi intelijen kompetitif bagus lainnya yang ditawarkan Ahrefs adalah kemampuan untuk melihat keyword baru, dan pergerakan keyword dalam kueri penelusuran.

Baik SEMrush dan Ahrefs juga menawarkan banyak alat berguna lainnya, seperti laporan yang menemukan link rusak di situs Anda, keyword ppc untuk adwords, dan banyak lagi.

5. Google Keyword Planner

Google Keyword Planner memang didesain untuk digunakan oleh para pengiklan yang ingin menjalankan iklannya di Google.

Namun tool ini masih merupakan tool yang berguna untuk SEO, dan tidak seperti tool berbayar lainnya, tool ini gratis untuk digunakan.

Untuk mengaksesnya, Anda memerlukan akun Google Ads.

Jika Anda belum memilikinya, Anda harus membuatnya dan memasukkan detail pembayaran Anda, tetapi Anda tidak perlu menjalankan iklan aktif atau membayar apa pun.

Setelah Anda mendapatkan akses ke Keyword Planner melalui akun Google Ads Anda, Anda dapat mengetikkan keyword apa pun dan melihat data untuk (kira-kira) berapa banyak penelusuran bulanan yang dimilikinya.

Anda juga akan melihat daftar panjang ide keyword terkait, yang Anda gulir atau unduh.

Untuk mempelajari lebih detail, silahkan lihat Cara Menggunakan Google Keyword Planner.

6. Long Tail Pro

Seperti kebanyakan alat keyword premium, Long Tail Pro menampilkan ikhtisar data tentang keyword Anda, dengan fokus khusus pada peringkat Anda dibandingkan pesaing Anda di halaman pertama Google.

Anda dapat menggunakannya untuk melihat hasil teratas di mesin pencari untuk keyword Anda, sehingga Anda dapat mengetahui di mana peringkat Anda dibandingkan pesaing Anda.

Anda juga dapat memasukkan keyword tertentu yang ingin Anda lacak, sehingga Anda dapat melihat bagaimana peringkat konten Anda untuk keyword tersebut berubah dari waktu ke waktu.

7. Serpstat

Serpstat adalah tool riset keyword SEO terbaik lainnya.

Dengan Serpstat, Anda dapat dengan mudah melihat hasil teratas Google untuk keyword Anda.

Hasil ini termasuk situs yang muncul di cuplikan unggulan (jika ada) sebagai hasil pertama, itulah sebabnya pos dari IsItWP ditampilkan di tempat pertama dan kedua pada tangkapan layar di bawah.

Anda juga dapat melihat banyak detail tentang pesaing Anda untuk keyword tersebut, dengan indikasi seberapa terlihat mereka (semakin tinggi angkanya di sini, semakin banyak pengunjung yang mungkin mereka terima).

8. SpyFu

SpyFu dirancang untuk memungkinkan Anda belajar dari pesaing Anda dengan menggali keyword mereka yang paling menguntungkan (dan juga iklan mereka).

Anda dapat mencobanya secara gratis, bahkan tanpa login.

Cukup ketik URL situs yang ingin Anda periksa ke dalam bilah pencarian dan Anda akan langsung melihat hasilnya. Jika Anda ingin melihat lebih dari satu situs, maka Anda harus membuat akun gratis dan masuk.

SpyFu mengumpulkan data masa lalu, sehingga Anda dapat melihat bagaimana situs Anda sendiri atau situs pesaing Anda telah jatuh atau naik peringkat untuk keyword tertentu.

Anda juga dapat membandingkan situs Anda dengan situs lain di niche serupa. Inilah tampilan situs web kompas.com versus beberapa situs lain dengan topik serupa.

Manakah Alat Riset keyword Terbaik? (Pilihan Marketing Profesional)

Setelah melihat semua tool riset keyword SEO terbaik yang populer, para ahli dan marketing profesional percaya bahwa SEMRush adalah tool riset keyword SEO terbaik #1 di market.

Jika Anda mencari tool riset keyword gratis, cobalah menggunakan AnswerthePublic atau Google Trends.

Baik Anda seorang blogger atau situs web eCommerce, agar strategi riset keyword berfungsi, Anda harus menambahkan Google Analytics dan menghubungkan Google Search Console ke situs web Anda.

Tool-tool ini membantu Anda melihat bagaimana kinerja situs web Anda untuk keyword tertentu bersama dengan menunjukkan CTR rata-rata (rasio klik-tayang) pada cantuman Anda.

Anda dapat mengubah judul Anda untuk meningkatkan CTR dan lebih meningkatkan peringkat keyword Anda.

Semoga artikel ini membantu Anda menemukan tool riset keyword SEO terbaik untuk website Anda.

Anda mungkin juga tertarik membaca panduan tentang melakukan riset keyword dengan SEMrush secara Gratis.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *