Teachable vs MemberPress

Perbandingan LMS : Teachable Vs MemberPress. Manakah Yang Terbaik?


Di era digital seperti sekarang, selama memiliki akses internet, kita lebih mudah mempelajari tentang apapun itu, dimana saja dan kapan saja.

Mulai dari pelajaran setingkat SD sampai kursus keterampilan khusus yang biasanya diperoleh di kampus.

Dengan semakin populernya kursus online di Indonesia, berbagai lembaga pendidikan informal pun mulai membuat berbagai kursus pelajaran online dengan harga yang bersaing.

Ada banyak cara Anda dapat menawarkan kursus online. Anda dapat mendaftar sebagai instruktur di platform pihak ketiga atau bahkan membuat situs web pembelajaran virtual Anda sendiri.

Jika Anda ingin membuat website kursus online sendiri, Anda bisa menggunakan platform Learning Management System (LMS). Diantara platform LMS yang populer terbaik adalah MemberPress dan Teachable. Silahkan lihat 7 Rekomendasi Plugin LMS WordPress Terbaik Untuk Website Membership.

Dengan mengetahui apa yang ditawarkan setiap platform, Anda akan dapat membuat keputusan yang tepat untuk kebutuhan Anda dan siswa Anda.

Pada artikel ini, kita akan membandingkan kedua platform tersebut. Kita akan membahas fitur utama, kemudahan penggunaan, dukungan, dan harga.

Apa itu LMS?

Learning Management System (LMS) atau Sistem Manajemen Pembelajaran adalah jenis software yang memungkinkan Anda membuat, berbagi, dan menjual kursus online. Fitur sangat bervariasi dari satu platform dengan platform lainnya. Namun, banyak LMS terbaik yang memiliki beberapa fungsi utama, seperti:

  • Memberi Anda alat untuk membuat dan mengunggah konten kursus
  • Organisasi kurikulum untuk membantu Anda membuat daftar pelajaran individu dan prasyarat
  • Dukungan untuk banyak instruktur
  • Mengaktifkan pendaftaran siswa
  • Pelacakan kemajuan siswa
  • Integrasi pembayaran dan pembatasan konten untuk membantu Anda menghasilkan pendapatan dari kursus online Anda

Banyak platform LMS paling populer di web adalah layanan pihak ketiga tempat ribuan siswa dan guru dapat menemukan satu sama lain. Sebagai pendidik, platform ini dapat membantu menyediakan audiens bawaan untuk kelas Anda. Plus, mereka dapat menangani pembayaran untuk Anda, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah fokus pada rencana pelajaran Anda.

Namun, ada jenis LMS lain yang memberi Anda lebih banyak kebebasan dalam hal bagaimana Anda menyusun dan menentukan harga kursus Anda. MemberPress, misalnya, memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi setiap aspek platform pembelajaran Anda, serta memutuskan siapa yang dapat mengunggah kelas.

Teachable vs MemberPress

Teachable dan MemberPress adalah dua solusi paling populer untuk membuat dan berbagi konten kursus online. Namun, masing-masing menawarkan experience yang sangat berbeda, baik bagi siswa maupun pendidik.

Sebelum kita menyelami secara spesifik apa yang membuat setiap platform ini unik, mari kita bahas ringkasan singkat dari temuan berikut:

LMSPenggunaanPlugin WordPressHarga
TeachablePilihan bagus jika Anda ingin menggabungkan situs web Anda sendiri dengan platform LMSNo$348 Pertahun
MemberPressSolusi LMS WordPress terbaikYes$129 Pertahun

Ini akan memberi Anda gambaran kasar tentang apa yang diharapkan dari setiap LMS. Namun, jika Anda ingin membuat keputusan yang tepat, Anda perlu tahu lebih banyak, dimulai dengan fitur apa yang ditawarkan setiap platform. Berikut perbandingan fitur Teachable Vs MemberPress .

Fitur: Teachable Vs MemberPress

Fitur yang perlu ada pada LMS Anda adalah menentukan jenis kelas apa yang dapat Anda tawarkan, siapa yang dapat mengaksesnya, bagaimana Anda dibayar, dan banyak lagi.

Mari kita tinjau fungsionalitas utama yang disediakan oleh masing-masing platform yang kita lihat dalam postingan ini.

Fitur Teachable

plugin LMS WordPress

Teachable memungkinkan Anda menggunakan platformnya untuk membuat dan mengunggah kursus. Anda kemudian dapat menghubungkan kelas online Anda ke situs web eksternal menggunakan subdomain. Itu berarti Anda dapat memanfaatkan semua fitur Teachable tetapi menggunakan branding Anda sendiri.

Teachable memberi Anda editor pelajaran yang powerful yang dapat membantu Anda membuat kelas video dan kuliah multimedia. Platform ini juga memungkinkan Anda memberikan sesi pelatihan langsung.

Anda dapat menggunakan Teachable untuk mengelola langganan dan penjualan untuk kursus Anda, serta mengakses analitik untuk memantau kinerja bisnis online Anda. Plus, Anda dapat mengatur beberapa peran dalam situs pembelajaran Anda, sehingga guru lain, anggota tim, dan kontributor memiliki akses.

Ringkasan Fitur:

  • Hubungkan Teachable ke situs web eksternal
  • Gunakan editor platform untuk membuat pelajaran kaya multimedia
  • Lakukan sesi pelatihan dengan siswa Anda
  • Kelola pembayaran untuk kursus online
  • Akses analitik untuk seluruh platform pembelajaran Anda
  • Siapkan beberapa peran untuk siswa dan kontributor
  • Dapatkan bayaran harian, mingguan, atau bulanan

Meskipun Teachable tidak menawarkan alat integrasi langsung apa pun untuk WordPress, mudah digunakan bersama sistem manajemen konten (CMS) yang populer. Anda dapat menggunakan WordPress untuk membuat semua halaman web lain untuk akademi online Anda dan menggunakan Teachable khusus untuk menerbitkan dan mengelola pelajaran.

Fitur Memberpress

plugin LMS WordPress

MemberPress menawarkan pendekatan yang sangat berbeda untuk pembelajaran online dibandingkan Teachable. Platform LMS ini adalah plugin WordPress yang memungkinkan Anda menambahkan fungsionalitas keanggotaan lanjutan ke situs web Anda.

Menggunakan Memberpress, Anda dapat mengatur beberapa tingkat keanggotaan, memproses pembayaran, mengelola langganan, dan memutuskan konten apa yang dapat dilihat pengguna. Dengan add-on Kursus, Anda juga dapat mengembangkan kurikulum, memublikasikan pelajaran individual, melacak kemajuan siswa, dan banyak lagi.

Ringkasan Fitur:

  • Gunakan pembuat drag-and-drop untuk membuat pelajaran dan kursus
  • Akses jenis postingan khusus untuk konten pendidikan Anda
  • Siapkan dan kelola beberapa jenis langganan untuk kursus Anda
  • Aktifkan pembayaran satu kali untuk kursus tertentu
  • Gunakan fungsi perlindungan konten MemberPress untuk membatasi akses ke pelajaran Anda

Menggunakan MemberPress, Anda dapat membuat ruang kelas online di mana Anda 100 persen mengendalikan setiap aspek. Itu berarti Anda tidak memerlukan persetujuan dari platform pihak ketiga untuk mengunggah kursus, dan Anda tidak perlu menunggu pembayaran.

Kemudahan Penggunaan: Teachable Vs MemberPress

Diantara faktor penting ketika ingin memutuskan platform mana yang akan kita gunakan adalah kemudahan penggunaannya. Artinya kita tidak perlu menghabiskan banyak usaha dan waktu untuk mencari tahu cara penggunaan platform tersebut.

Di bawah ini, kita akan melihat seberapa mudah Kursus Teachable dan MemberPress digunakan. Mudah-mudahan ini akan memberi Anda gambaran tentang seberapa cepat Anda dapat mengetahui fitur utama mereka dan membuat kelas Anda segera aktif dan berjalan.

Berikut perbandingan kemudahan penggunaan Teachable Vs MemberPress .

Kemudahan Penggunaan Teachable

Jika ingin menggunakan Teachable, Anda harus mendaftar ke educator plan. Opsi bervariasi dalam harga dan fungsionalitas, tetapi tingkat Dasar memungkinkan Anda membuat kursus sebanyak yang Anda inginkan, yang menjadikannya pilihan awal yang layak.

Setelah mendaftar ke Teachable, Anda akan dapat membuat “School”, yang akan menjadi situs web yang menyelenggarakan kursus online Anda:

Teachable vs MemberPress

Teachable memungkinkan Anda menyiapkan beberapa halaman untuk sekolah Anda, termasuk halaman beranda, halaman produk, persyaratan penggunaan, dan banyak lagi.

Setelah sekolah Anda siap, Anda dapat mulai menulis dan mengunggah konten untuk kursus Anda. Editor Teachable mendukung beberapa jenis file dan media, termasuk video, audio, PDF, dan banyak lagi.

Anda dapat menambahkan beberapa file, teks, dan kode di samping setiap kuliah atau pelajaran:

Teachable vs MemberPress

Merancang kursus di Teachable relatif sederhana. Editor pelajarannya mudah diambil, meskipun agak kurang dalam hal fungsionalitas tingkat lanjut.

Kemudahan Penggunaan MemberPress

Jika Anda sudah mempunyai wesbite WordPress, membuat kursus online dengan MemberPress seharusnya lebih mudah. Setelah Anda membeli, menginstal, dan mengaktifkan plugin MemberPress, Anda dapat mengaktifkan add-on Kursus kapan saja dari dasbor WordPress:

Teachable vs MemberPress

Setelah Anda mengaktifkan Kursus, Anda akan mendapatkan akses ke jenis postingan kustom baru. Jika Anda ingin menambahkan kursus baru, Anda dapat menggunakan Editor Blok untuk membuat kontennya:

Teachable vs MemberPress

Anda dapat membuat halaman kursus dan mempublikasikan kurikulum Anda. Kemudian Anda akan dapat menggunakan editor untuk menambahkan pelajaran individual yang membentuk setiap kursus.

Berkat fungsionalitas inti MemberPress, Anda mendapatkan kendali penuh atas bagaimana Anda ingin melindungi dan memasarkan kursus. Anda dapat menjual akses ke materi Anda untuk pembayaran satu kali atau menggunakan model berlangganan dengan beberapa tingkatan.

Mengonfigurasi semua pengaturan itu mudah jika Anda sudah terbiasa dengan WordPress. Namun, karena MemberPress memberi Anda lebih banyak opsi konfigurasi daripada Teachable penyiapan awal mungkin membutuhkan waktu lebih lama.

Berikut perbandingan dukungan bantuan Teachable Vs MemberPress .

Dukungan Untuk Teachable dan MemberPress

Pada kondisi tertentu, Anda mungkin memerlukan bantuan untuk menyiapkan kursus atau menangani masalah teknis yang terkait dengan LMS yang Anda pilih. Jika itu terjadi, Anda ingin memiliki akses ke opsi dukungan terbaik. Berikut adalah bagaimana tarif masing-masing platform dalam aspek itu.

Dukungan Teachable

Teachable menawarkan dukungan kepada pelanggan terutama melalui email.

Teachable vs MemberPress

Namun jika Anda suka memecahkan masalah sendiri, Teachable memang memiliki Knowledge Base (basis pengetahuan) yang sangat menyeluruh yang dapat Anda rujuk. Panduan ini seharusnya cukup bagi Anda untuk mengetahui cara menggunakan platform dan menyelesaikan masalah teknis kecil.

Dukungan Memberpress

Jika Anda pengguna MemberPress, Anda dapat mengirimkan permintaan dukungan melalui situs web mereka kapan saja.

Teachable vs MemberPress

Dukungan MemberPress akan menghubungi Anda dalam waktu 24 jam untuk membantu Anda menyelesaikan masalah Anda. Plugin mereka juga menawarkan Knowledge Base (basis pengetahuan) komprehensif yang mencakup lusinan artikel dan tutorial mendalam tentang cara menggunakannya.

Jika Anda mengikuti blog MemberPress, Anda juga dapat memperoleh akses ke lebih banyak sumber daya dan tutorial, karena mereka terus menerbitkan yang baru setiap saat.

Harga Untuk Teachable dan MemberPress

Anggaran merupakan perhatian utama bagi setiap pemilik bisnis online, terutama jika Anda baru memulai. Meskipun LMS Anda adalah investasi penting yang tidak ingin Anda hemat, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat seberapa besar hal itu akan membuat Anda mundur sebelum Anda berkomitmen pada suatu platform.

Harga Teachable

Teachable menawarkan akses ke platformnya menggunakan model berlangganan. Anda dapat memilih apakah Anda ingin membayar bulanan atau tahunan. Namun, perhatikan bahwa Anda akan menerima sedikit diskon jika Anda bersedia membayar untuk satu tahun penuh di muka.

Teachable vs MemberPress

Paket Basic Teachable mulai dari $29 per bulan ditagih setiap tahun ($348 per tahun). Ini memberi Anda akses ke semua fitur yang telah kita bicarakan sejauh ini tetapi membatasi Anda untuk dua pengguna admin. Anda juga harus membayar biaya transaksi sebesar lima persen untuk setiap penjualan di sekolah Anda.

Tingkat Pro dan Bisnis yang lebih mahal membebaskan biaya transaksi dan menyediakan fitur-fitur canggih seperti kuis berjenjang, analitik yang lebih mendetail, dukungan prioritas, pengguna admin tambahan, dan banyak lagi. Namun, mereka juga jauh lebih mahal, masing-masing $99 dan $249 per bulan yang ditagih setiap tahun.

Harga MemberPress

Teachable vs MemberPress

MemberPress adalah plugin WordPress premium yang mengikuti model lisensi tahunan. Ada beberapa paket MemberPress untuk dipilih, dengan tingkat Dasar mulai dari $129 per tahun. Paket Plus dan Pro mereka masing-masing seharga $249 per tahun dan $349 per tahun, menjadikan opsi mereka yang paling mahal pun lebih terjangkau daripada paket Dasar Teachable.

Plus, dengan MemberPress, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya transaksi di luar gateway pembayaran pilihan Anda. Anda memiliki kepemilikan dan kendali penuh atas semua konten Anda.

Setiap paket MemberPress memberi Anda akses penuh ke semua fungsi Kursus dan memungkinkan Anda membuat pelajaran tanpa batas.

Manakah LMS Terbaik?

Teachable dan MemberPress memungkinkan Anda membuat dan menerbitkan kursus online yang menarik dan berbagi pengetahuan Anda dengan ribuan siswa. Namun, setiap platform memiliki manajemen kursus secara berbeda.

Untuk meringkas perbandingan platform ini:

Teachable adalah pilihan yang sangat baik bagi mereka yang memiliki kemampuan teknis terbatas dan tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk membangun dan memelihara kursus online mereka. Namun, kemudahan penggunaan itu datang dengan harga yang mahal.

Kursus Online MemberPress memberi Anda kendali penuh atas konten pembelajaran online Anda dan memungkinkan Anda membuat struktur harga Anda sendiri.

Anda juga mungkin tertarik untuk mengetahui Cara Membuat Website Membership WordPress Terproteksi Menggunakan Memberpress.

Demikian artikel tentang perbandingan LMS populer Teachable Vs MemberPress. Semoga memberikan Anda gambaran untuk memutuskan LMS yang lebih baik Anda gunakan.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *