Site icon rachmatramadhan.com

10+ Tips Mengoptimalkan SEO WordPress Pada Postingan Website/Blog Anda

seo

Apakah Anda telah mengoptimalkan SEO wordpress pada postingan website/blog Anda agar mendapat peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari google?

Mengoptimalkan SEO wordpress pada postingan website/blog Anda adalah strategi yang tepat untuk mendapatkan peringkat pencarian yang lebih baik.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengoptimalkan SEO WordPress Postingan Website atau Blog Anda?

Waktu yang paling tepat untuk mengoptimalkan SEO postingan website atau blog Anda adalah ketika Anda membuatnya, tapi Anda juga perlu mengoptimalkan SEO postingan artikel yang sudah lama.

SEO wordpress pada postingan website/blog penting karena membantu Anda secara konsisten mendapatkan lebih banyak trafik ke website Anda. Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO wordpress postingan website/blog Anda.

Berikut 10+ tips mengoptimalkan SEO wordpress pada postingan website/blog. Tips ini juga saya gunakan pada blog yang sedang Anda baca ini.

Agar lebih mudah menavigasi artikel ini, Anda bisa melihat daftar isi dibawah ini.

Daftar Isi

  1. Melakukan Riset Kata Kunci
  2. Kata Kunci Terkait
  3. Judul Postingan Yang Menarik
  4. Link Internal
  5. Gambar & Video
  6. Menambahkan Meta Deskripsi
  7. Membuat Artikel Mudah Dibaca
  8. Menggunakan Kategori dan Tag
  9. Mengupayan Postingan Menjadi Cuplikan Unggulan
  10. Membuat Postingan Blog Komprehensif
  11. Mengoptimalkan Postingan Website/Blog Yang Telah Lama

1. Sebelum Membuat Postingan Website atau Blog, Riset Kata Kunci (keyword) Terlebih Dahulu.

Masih banyak pemilik website/blog yang hanya menebak-nebak topik postingan website atau blog yang akan dikunjungi dan dibaca target pembaca mereka.

Padahal mereka bisa melakukan penelitian kata kunci untuk mengetahui dengan tepat topik apa yang dicari target pembaca mereka.

Riset kata kunci adalah teknik yang biasa digunakan oleh pembuat konten dan pakar SEO. Teknik ini bisa membantu Anda untuk menemukan topik yang diminati target pembaca Anda berdasarkan data yang diperoleh dari mesin pencari (misalnya google).

Anda kemudian dapat menggunakan kata kunci ini untuk merencanakan strategi postingan website/blog Anda. Menggunakan kata kunci tersebut juga akan memastikan bahwa Anda menulis tentang topik yang benar-benar dicari target pembaca Anda, dan ini adalah cara yang paling tepat untuk menemukan ide postingan website/blog.

Anda bisa menggunakan aplikasi peneliti kata kunci seperti SEMRush. Aplikasi ini memberikan data kata kunci yang mendalam, analisis persaingan, pelacakan posisi kata kunci, dan banyak fitur bermanfaat lainnya.

2. Gunakan ‘Penelusuran Terkait’ untuk Kata Kunci Fokus Anda

seo wordpress

Setelah Anda melakukan penelitian kata kunci dan menemukan ide kata kunci, sekarang saatnya untuk memilih salah satu dari kata kunci tersebut yang memiliki volume pencarian tertinggi namun volume persaingannya rendah.

Kata kunci tersebut akan menjadi kata kunci fokus Anda. Kata kunci fokus ini adalah frasa penelusuran yang paling mungkin dicari target pengunjung website Anda.

Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO seperti saya, Anda dapat memasukkan kata kunci fokus ini di setelan SEO postingan artikel Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mencari tahu kata kunci Latent Semantic Indexing (LSI). Ini adalah pencarian yang terkait dengan kata kunci fokus Anda.

Cara termudah untuk menemukannya adalah dengan memasukkan kata kunci fokus Anda di Google Penelusuran dan gulir ke bawah ke bagian bawah hasil. Di sana Anda akan menemukannya terdaftar sebagai ‘penelusuran terkait’.

Anda perlu memasukkan sebanyak mungkin kata kunci ini ke dalam postingan Anda, dengan begitu Anda memiliki postingan artikel terlengkap yang dicari target pembaca Anda.

Namun, jangan sampai Anda memasukkan semua kata kunci tersebut yang membuat postingan artikel Anda sulit untuk dibaca atau dipahami. Hal tersebut justru akan menurunkan peringkat pencarian website Anda.

3. Menggunakan Judul Postingan Website/Blog yang Menarik Untuk SEO WordPress

seo wordpress

Judul postingan website/blog Anda sangat penting untuk peringkat pencarian.

Judul postingan blog yang menarik membuat artikel Anda lebih relevan dengan kueri penelusuran. Lebih penting lagi, ini memotivasi pencari informasi yakin untuk meng-klik artikel Anda saat mereka melihatnya di hasil penelusuran.

Anda dapat membuat judul posting blog Anda lebih ramah SEO dengan menggunakan kata kunci fokus Anda di judul.

Selain menambahkan kata kunci fokus Anda, judul Anda juga harus menarik dan layak untuk diklik. Itu karena click-through rate (CTR) memainkan peran penting dalam SEO.

Ada beberapa rumus untuk menulis headline yang efektif. Yang masih berhasil disebut EMV atau nilai pemasaran emosional.

Rumus ini merekomendasikan penggunaan kata-kata kuat yang memicu respons emosional tertentu pada target pembaca Anda.

Jika Anda menggunakan plugin MonsterInsights, plugin ini dilengkapi dengan fitur bawaan penganalisis judul yang langsung memberi skor judul postingan Anda di dalam area admin WordPress. Fitur lainnya adalah tips real-time untuk meningkatkan judul Anda agar mendapat click-through rate yang lebih tinggi.

Selain MonsterInsight, aplikasi lain yang dapat Anda gunakan seperti IsItWP Headline Analyzer yang membantu Anda menghitung skor EMV judul Anda.

seo wordpress

Setelah Anda membuat cukup banyak postingan website/blog, Anda bisa merekomendasikan postingan lama Anda kepada pengunjung baru website atau blog Anda. Dengan memasukkan link internal, Anda dapat mengirim pembaca baru tersebut untuk membaca postingan lama Anda yang relevan.

Link internal adalah cara yang tepat untuk mengembangkan hubungan kontekstual antara postingan baru dengan postingan lama.

WordPress memudahkan Anda untuk mencari postingan lama Anda ketika Anda mengedit postingan baru. Cukup pilih teks yang ingin Anda tautkan, lalu klik tombol tautkan.

Sebuah teks pop-up akan muncul di bawah kata-kata yang Anda pilih. Anda dapat mulai mengetik untuk mencari artikel lama yang ingin Anda tautkan di sini.

Membiasakan memasukkan link internal akan memastikan bahwa SEO pada halaman Anda bagus, dan artikel lama Anda terus mendapatkan tautan baru.

Seringkali pemula membuat kesalahan dengan hanya memasukkan link internal 1 arah di mana mereka hanya menautkan ke postingan lama dari artikel terbaru. Anda juga perlu mengedit postingan lama untuk ditautkan ke artikel baru Anda untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

5. Menambahkan Gambar dan Video ke Postingan Website/Blog Anda

Mesin pencari sering kali memberi peringkat konten yang menarik lebih tinggi dalam hasil pencarian. Gambar dan video jauh lebih menarik daripada teks biasa.

Anda juga perlu memasukkan gambar pada postingan website/blog Anda.

Namun, saat menambahkan gambar, Anda perlu berhati-hati tentang hak cipta gambar. Seringkali pemula menyalin gambar dari website lain untuk digunakan di website mereka, dan ini bisa membuat Anda mendapat masalah hukum jika Anda melakukannya tanpa izin.

Jangan khawatir, ada banyak tempat di mana Anda dapat menemukan gambar bebas royalti untuk digunakan dalam entri blog Anda seperti pexels dan unplash. Anda juga dapat menggunakan foto asli Anda sendiri atau menggunakan aplikasi seperti Canva untuk membuat grafik yang menarik.

Anda juga bisa memasukkan video ke postingan Anda. Kenyataanya konten video jauh lebih menarik daripada gambar. Anda dapat mengubah entri blog Anda menjadi video dengan membuat tayangan slide, vlog, atau bereksperimen dengan format lain.

Namun, Anda sebaiknya tidak mengupload video secara langsung ke postingan website/blog Anda. WordPress tidak dioptimalkan untuk menyajikan video secara langsung, dan juga akan membebani layanan hosting Anda.

Anda sebaiknya mengupload video Anda tersebut ke YouTube terlebih dahulu. Setelah itu Anda hanya perlu men-copy paste linknya ke postingan Anda. Kenapa youtube? Youtube adalah mesin pencari terpopuler kedua, dan platform media sosial terbesar kedua setelah Facebook.

6. Menambahkan Meta Deskripsi ke Postingan Website/Blog Anda

meta

Meta Deskripsi adalah tag meta HTML yang dapat Anda tambahkan ke halaman website/blog Anda. Tujuannya adalah memberikan deskripsi singkat artikel Anda untuk mesin pencari dan crawler lainnya.

Upayakan menggunakan meta deskripsi pada semua postingan website/blog Anda.

Meta Deskripsi yang baik dapat menjelaskan secara singkat isi dari sebuah artikel. website media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn juga menampilkannya saat artikel Anda dibagikan di platform tersebut.

Anda juga perlu memastikan bahwa Anda setidaknya memasukkan salah satu kata kunci fokus Anda kedalam meta deskripsi untuk tujuan pencarian. Batas karakter untuk Deskripsi Meta adalah 155 karakter.

Upayakan untuk tetap berada dalam batas itu atau deskripsi meta Anda akan terpotong setelah 155 karakter. Anda juga perlu mengupayakan menggunakan kata kunci fokus tersebut pada kalimat awal meta deskripsi.

Untuk menambahkan meta deskripsi, Anda hanya perlu menggulir ke bawah ke kotak meta Yoast SEO di layar edit postingan Anda.

7. Buat Artikel Anda Lebih Mudah Dibaca

Artikel yang lebih mudah dibaca seringkali memiliki peringkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan artikel yang sulit dibaca.

Layar komputer dan ponsel masih belum menjadi platform yang optimal untuk membaca.

Inilah sebabnya mengapa sebagian besar pencari informasi di internet hanya memindai artikel. Faktanya, penelitian menemukan bahwa pencari informasi di internet hanya memerlukan waktu kurang dari satu detik untuk memutuskan apakah mereka ingin tetap membuka halaman atau keluar.

Ini adalah waktu yang sangat singkat bagi Anda untuk meyakinkan pembaca untuk tetap membaca dan men-scroll. Dengan meningkatkan keterbacaan, Anda memungkinkan pembaca memindai artikel dengan cepat.

Anda dapat meningkatkan keterbacaan dengan menggunakan kalimat yang lebih pendek, paragraf yang lebih kecil, tanda baca, judul, dan daftar berpoin. Sangat direkomendasikan menambahkan ruang putih di sekitar teks dan menggunakan gambar untuk membuat teks Anda terlihat lebih enak dilihat.

Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, maka secara otomatis akan menganalisis masalah keterbacaan dan memberikan saran untuk Anda di bagian analisis.

8. Menggunakan Kategori dan Tag untuk Mengatur Konten

tag categories

Kategori dan tag membantu Anda mengurutkan konten tidak hanya untuk diri Anda sendiri, tetapi juga untuk pembaca dan mesin telusur.

Masalahnya adalah banyak pemula WordPress yang sering salah menggunakannya.

Perumpamaannya website/blog Anda adalah sebuah buku, maka kategori adalah daftar isi dan tag akan menjadi bagian indeks dari buku tersebut.

Kategori digunakan untuk membagi konten Anda menjadi topik utama yang dibahas di blog Anda. Tag, di sisi lain, adalah topik yang dibahas dalam posting blog individu.

9. Berupaya Membuat Postingan Anda Menjadi Cuplikan Unggulan dalam Hasil Pencarian

seo wordpress

Google berusaha menjawab pertanyaan pencari informasi secepat mungkin. Sebagai bagian dari upaya ini, google telah memperlihatkan hasil unggulan atau kotak jawaban.

Kotak jawaban ini adalah hasil pencarian yang disorot yang muncul di bagian atas. Google membuat cuplikan khusus dari konten artikel yang menyoroti bagian yang diyakini oleh algoritme google sebagai jawaban atas kueri pencari informasi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Advanced Web Ranking, kotak Jawaban mengamankan hampir 32,3% CTR. Ini membuatnya sangat penting untuk strategi SEO Anda.

Tidak ada instruksi khusus yang diberikan oleh Google terkait bagaimana mereka memilih cuplikan pilihan. Rekomendasi mereka adalah untuk meningkatkan konten Anda dan memastikan bahwa itu menawarkan informasi yang dicari pencari informasi.

10. Membuat Postingan Blog Anda Komprehensif Untuk SEO WordPress

Mesin pencari menyukai artikel yang membahas topik dengan sangat detail. Inilah sebabnya Anda perlu mengumpulkan kata kunci yang terkait secara semantik (Kata Kunci LSI) sebagai bagian dari langkah perencanaan konten Anda.

Kata kunci terkait ini memberi Anda gambaran tentang variasi yang berbeda dari pencarian pencari informasi mengenai topik tertentu. Dengan menyertakan kata kunci tersebut dalam artikel Anda, Anda akan dapat membuatnya lebih komprehensif, informatif, dan bermanfaat.

Anda perlu menggunakan tajuk dan subjudul untuk memasukkan kata kunci tersebut dan mencoba mencakup sebanyak mungkin topik.

Selain kata kunci LSI, tips lain untuk membuat konten lengkap adalah mengetikkan kata kunci yang Anda inginkan dan kemudian beralih ke Pencarian Gambar. Anda akan melihat gelembung topik dengan berbagai kata kunci.

Sebaiknya Anda menyertakan ini ketika Anda membuat konten, sehingga Anda dapat memiliki konten yang paling komprehensif.

11. Mengoptimalkan SEO WordPress pada Postingan Website/Blog Yang Telah Lama

Banyak pemula cenderung melupakan postingan blog setelah mereka menerbitkannya. Faktanya, Anda belum selesai mengoptimalkan SEO postingan blog Anda setelah dipublikasikan.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan setelah memublikasikan entri blog Anda:

Promosikan di media sosial – Promosikan postingan blog Anda di seluruh profil media sosial Anda. Anda bahkan dapat mengotomatiskan tugas ini dengan menggunakan IFTTT untuk membagikan konten Anda.

Tambahkan link internal – Setelah Anda menerbitkan entri, Anda dapat kembali ke artikel lama yang relevan dan menambahkan tautan ke entri blog baru Anda. Ini memberikan link/tautan artikel baru Anda sementara juga memungkinkan pencari informasi untuk menemukannya dengan lebih mudah.

Anda sebaiknya tetap mengoptimalkan posting lama secara rutin, sehingga Anda dapat terus meningkatkan rangking Anda.

Untuk lebih menambah wawasan Anda mengenai SEO WordPress, Anda mungkin juga perlu membaca artikel Panduan SEO Website WordPress Untuk Pemula.

Semoga artikel ini membantu Anda mengoptimalkan SEO postingan website/blog Anda. Silahkan bagikan artikel ini jika bisa bermanfaat untuk orang lain.


Exit mobile version