Plugin LMS WordPress Terbaik

Inilah 7 Rekomendasi Plugin LMS WordPress Terbaik Untuk Website Membership


Saat ini kita dimudahkan untuk mempelajari apanpun, kapanpun dan dimanapun melalui website pembelajaran online. Anda pun bisa membuat website seperti itu di WordPress menggunakan plugin Learning Management System (disingkat LMS)

Apakah Anda mencari plugin LMS WordPress terbaik untuk website Anda? Plugin Learning Management System (LMS) memungkinkan Anda membuat dan menjalankan kursus online seperti Udemy dengan WordPress.

Plugin LMS WordPress terbaik memiliki fitur untuk mengelola konten kursus online Anda, menangani berlangganan, menjalankan dan menilai kuis, menerima pembayaran, dan banyak lagi.

Pada artikel ini, kita akan mencoba membandingkan plugin LMS WordPress terbaik untuk membantu Anda memilih solusi terbaik untuk website pembelajaran online Anda.

Memulai Website Pembelajaran (Situs Pelatihan, Kursus Jual, dan Lainnya)

Untuk membangun website pembelajaran atau pelatihan dengan WordPress, Anda terlebih dahulu harus memiliki web hosting WordPress. Hosting adalah ibarat rumah Anda di Internet, tempat semua file disimpan.

Anda juga akan membutuhkan nama domain. Ini akan menjadi alamat website Anda di internet, seperti rachmatramadhan.com.

Jika Anda butuh rekomendasi web hosting Indonesia, Silahkan lihat Daftar 10+ Web Hosting Terbaik Indonesia. Sebagian besarnya bahkan memberikan garansi selama 30 hari + domain gratis + SSL gratis untuk website mereka.

Saya pribadi menggunakan layanan Niagahoster untuk hosting blog ini.

Selanjutnya, Anda perlu menginstal WordPress di situs web Anda. Anda dapat mengikuti Cara Membuat Website dengan WordPress (2021). Situs Anda akan aktif dan berjalan dalam beberapa menit.

Penyedia web hosting kebanyakan sudah memiliki alur penginstalan satu klik terpandu untuk WordPress, jadi biasanya cukup mudah.

Setelah Anda menginstal WordPress, itu berarti Anda telah siap untuk memilih plugin LMS WordPress untuk website Anda. Plugin ini akan memungkinkan Anda membuat, mengelola, dan menjual kelas online dari website Anda.

Karena itu, mari kita lihat beberapa plugin LMS WordPress terbaik, sehingga Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut 7 rekomendasi plugin LMS WordPress Terbaik berikut ini.

1. MemberPress Courses

plugin LMS WordPress

MemberPress adalah plugin membership WordPress paling powerful yang memiliki fitur bawaan untuk membuat, mengelola, dan bahkan menjual kursus dengan mudah.

Mempunyai Mode Kelas Spesial, jadi Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk mendesain ruang kelas online Anda. MemberPress mengurus desain untuk Anda, sehingga kursus Anda selalu terlihat menarik dan memiliki tingkat penyelesaian tertinggi.

Anda dapat menggunakan antarmuka drag and drop yang mudah untuk membangun kurikulum kursus Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menambahkan pelajaran, topik, kategori, menyematkan video, gambar, dan banyak lagi.

Pembuat kursus mereka dibangun di atas editor blok WordPress yang membuatnya sangat mudah digunakan untuk pemula.

Sebagai admin situs dan instruktur, Anda dapat dengan cepat melihat kemajuan setiap siswa untuk menentukan seberapa jauh mereka dari penyelesaian.

Anda dapat menggunakan MemberPress untuk membuat kursus gratis atau menerima pembayaran untuk kursus berbayar. Anda juga dapat membuat beberapa kursus, dengan opsi berlangganan yang berbeda, dan mengelola semuanya dari satu dasbor pusat.

MemberPress memiliki aturan kontrol akses yang powerful yang memungkinkan Anda mengonfigurasi dengan tepat siapa yang harus memiliki akses ke konten mana. Anda dapat membuat tingkat keanggotaan individu untuk kursus tertentu, tetapi Anda juga dapat membuat aturan yang lebih canggih untuk menjual bundel / paket.

Misalnya, Anda dapat membuat paket membership untuk memberi member akses ke semua kursus tingkat dasar. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan pendapatan Anda.

MemberPress juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda menampilkan konten terbatas kepada anggota setelah waktu tertentu, jadi misalnya Anda dapat merilis satu pelajaran dalam seminggu. Silahkan lihat Cara Membuat Website Membership WordPress Terproteksi Menggunakan Plugin Memberpress.

Integrasi Payment Gateway & Email Marketing

MemberPress terintegrasi dengan sangat baik dengan banyak payment gateway populer, termasuk PayPal, Stripe, Authorize.net, dan banyak lagi.

Anda juga dapat menghubungkan MemberPress dengan semua layanan email marketing populer seperti Drip, ConvertKit, MailChimp, dan 1000+ lainnya.

Harga: Mulai dari $179 untuk satu lisensi situs dengan dukungan dan pembaruan selama 1 tahun. Addon kursus disertakan tanpa biaya tambahan. Anda dapat meningkatkan ke paket yang lebih tinggi untuk membuka kunci fitur seperti manajemen afiliasi, keanggotaan perusahaan massal, dll.

Kesimpulannya MemberPress adalah plugin website membership terbaik untuk WordPress. Addon Kursus mereka memudahkan untuk membuat LMS di WordPress. Anda dapat mengatur kursus hanya dalam waktu singkat, dan kursus Anda akan terlihat menarik tanpa perlu coding.

Aturan keanggotaan MemberPress yang powerful untuk memberi Anda banyak fleksibilitas. Kemampuan untuk melihat seberapa jauh kemajuan siswa berarti Anda dapat menunjukkan dengan tepat area di mana siswa mengalami kesulitan dan mungkin memerlukan bantuan tambahan.

2. LifterLMS

LifterLMS adalah Plugin LMS WordPress powerful lainnya dengan banyak memiliki fitur yang rapi. Plugin ini memungkinkan Anda untuk membuat kursus online yang menarik dan menawarkan pengalaman belajar yang luar biasa kepada siswa Anda. Mudah diatur, bahkan di situs WordPress yang sudah ada.

LifterLMS mendukung kursus multi-tier (multi tingkat) dengan modul pelatihan, pelajaran, kategori, dan banyak lagi. Plugin ini memberi Anda fleksibilitas untuk membuat kursus yang sederhana sampai kursus dengan program bergelar. Anda dapat menambahkan pelajaran multimedia termasuk video, audio, teks, gambar, dan lainnya untuk membuat kursus Anda lebih menarik.

Anda bisa merilis konten secara berkala, membuat prasyarat kursus, dan keanggotaan grup untuk menawarkan kontrol yang lebih besar terhadap cara kerja kursus Anda.

Untuk meningkatkan keterlibatan member, LifterLMS hadir dengan fitur canggih seperti email otomatis, gamifikasi dengan lencana, dan bahkan sertifikat setelah menyelesaikan kursus. Ini memiliki batasan konten bawaan yang memungkinkan Anda membatasi halaman WordPress apa pun di situs Anda hanya untuk member.

LifterLMS memiliki koleksi add-on yang bermanfaat, yang dapat Anda gunakan untuk mengelola afiliasi, berintegrasi dengan plugin eCommerce, terhubung ke layanan email marketing Anda, dll.

Ada beberapa opsi untuk menerima pembayaran kartu kredit, pembayaran satu kali atau berulang, menjual paket kursus, menawarkan kupon, dll. Di antara opsi pembayaran, Anda dapat mengintegrasikannya dengan PayPal, Stripe, atau menerima pembayaran secara manual melalui cek.

Harga: Masing-masing tambahan seharga $120+ (satu situs), atau Paket Universal seharga $299 untuk satu situs.

Kesimpulannya LifterLMS adalah pilihan yang tepat dan fleksibel untuk plugin LMS WordPress. Mudah digunakan, dan wizard pengaturan bahkan menginstal kursus demo untuk Anda. Cocok untuk untuk siapa saja yang ingin menghasilkan uang dengan menjual pelajaran online.

Plugin ini sedikit lebih mahal daripada plugin LMS lainnya, dan harganya akan bertambah jika Anda memilih untuk membeli individual add-ons.

3. LearnDash

plugin LMS WordPress

LearnDash adalah Plugin LMS WordPress yang populer dan mudah digunakan dengan banyak fitur canggih.

Hadir dengan pembuat kursus drag and drop sederhana, yang memungkinkan Anda membuat kursus multi-layer dengan mudah dengan pelajaran, topik, membuat kuis, dan kategori. Anda dapat menyampaikan semua pelajaran Anda sekaligus atau menjadwalkannya untuk seluruh durasi kursus dengan fitur content drip -Feed-nya.

Menggunakan LearnDash, Anda dapat memberikan tugas kepada member Anda dan kemudian menyetujui atau mengomentarinya. Plugin ini juga dilengkapi dengan alat manajemen kuis dan tes dengan beberapa jenis pertanyaan. Anda dapat dengan mudah mengatur prasyarat untuk siswa, seperti menyelesaikan pelajaran terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya.

Plugin ini menawarkan banyak opsi monetisasi termasuk langganan, pembelian satu kali, keanggotaan, dan keranjang belanja untuk kursus pelatihan online Anda. Anda dapat menerima pembayaran menggunakan beberapa payment gateway termasuk PayPal, Stripe, dan 2Checkout.

LearnDash juga terintegrasi dengan baik dengan bbPress, plugin WordPress eCommerce, dan plugin keanggotaan WordPress seperti MemberPress.

Fitur LearnDash yang sangat menarik adalah forum dinamis. Memiliki Fitur ini memungkinkan Anda membuat forum khusus kursus tempat siswa Anda dapat berinteraksi dan saling membantu.

Harga: Mulai dari $169 untuk satu lisensi situs dengan dukungan dan pembaruan selama 1 tahun.

Kesimpulannya LearnDash adalah plugin LMS yang mudah digunakan dan fleksibel untuk pengguna WordPress. Hadir dengan serangkaian fitur lengkap untuk mengelola kursus online Anda.

LearnDash memiliki integrasi dengan banyak plugin dan alat pihak ketiga, yang berarti Anda memiliki lebih banyak opsi untuk menjalankan kursus Anda. Plugin ini adalah plugin LMS WordPress sempurna yang cocok untuk sekolah, organisasi pelatihan, pengusaha, dan siapa saja yang ingin membuat dan menjual kursus online dengan mudah.

Untuk membuka lebih banyak fitur canggih di LearnDash, coba Uncanny Toolkit Pro pada LearnDash.

4. Teachable

plugin LMS WordPress

Teachable adalah pembuat kursus online yang andal. Sebenarnya ini bukan plugin WordPress, tetapi Anda dapat menggunakannya di sub-domain, nama domain khusus, atau hanya dengan menambahkan tautan ke halaman website Anda.

Menggunakan Teachable untuk menyelenggarakan kursus Anda akan memberi Anda semua alat yang Anda butuhkan untuk membuat kursus online yang interaktif. Tidak hanya itu, juga dilengkapi dengan integrasi email marketing bawaan, analitik, dan alat marketing lainnya.

Untuk pembayaran, Teachable akan menangani biaya kursus Anda dan Anda akan dibayar menggunakan PayPal atau Stripe. Periode pembayaran dapat bervariasi tergantung pada paket harga Anda.

Harga Mulai dari $29 per bulan

Kesimpulannya Teachable menawarkan seperangkat alat lengkap yang diperlukan untuk membuat, mengelola, dan menjual kursus online. Dengan begitu Anda dapat menangani sejumlah siswa dan kursus. Karena ini adalah platform mandiri, Anda tidak akan bertanggung jawab atas pembaruan dan pencadangan.

Kelemahannya adalah harganya lebih mahal daripada plugin LMS WordPress lainnya. Jika Anda menggunakan paket Dasar mereka, maka Anda akan dikenakan biaya 5% untuk setiap transaksi. Silahkan lihat juga Perbandingan LMS : Teachable Vs MemberPress. Manakah Yang Terbaik?

5. LearnPress

LearnPress adalah plugin LMS WordPress gratis dengan fitur-fitur canggih. Tidak seperti plugin LMS lainnya dalam daftar ini, yang dilengkapi dengan wizard pengaturan, LearnPress memungkinkan Anda melakukan pengaturan sendiri.

Pembuatan kursus mudah dengan bantuan pelajaran, kuis, dan pertanyaan. Anda dapat menggunakan pelajaran dan kuis dari satu kursus dalam kursus lain. LearnPress juga memungkinkan Anda mengekspor konten, sehingga Anda dapat menggunakannya di situs WordPress lain menggunakan LearnPress.

Plugin ini memiliki add-on gratis maupun berbayar, yang memungkinkan Anda untuk menambah fitur. Selain itu, juga mendukung konten terjadwal ( content drip ), membuat kuis, tugas, penilaian, dll. Ini juga mendukung integrasi dengan plugin membership bbPress, WooCommerce, dan WordPress.

Selain itu, jika Anda belum membuat profil page, checkout page atau mengubah sistem permalink, plugin ini akan memberikan notifikasi di Dashboard.

LearnPress kompatibel dengan tema WordPress apa pun, tetapi Anda juga dapat memilih dari salah satu tema WordPress LMS mereka sendiri.

Namun Anda perlu membayar untuk tema yang kompatibel seperti item sertifikat, dukungan WooCommerce dan dukungan co instructor. Hal ini akan membantu Anda menghindari masalah kompatibilitas dan menawarkan experience yang lebih baik bagi member.

Fitur andalan lainnya adalah bisa menentukan static page pada setiap halaman kursus melalui pengaturan sentral.

Harga: Gratis + Tambahan Berbayar dan dukungan

Kesimpulannya LearnPress kaya fitur dan fleksibel. Pengaturan awal mungkin agak sulit bagi pemula. Plugin ini mendukung PayPal secara default, dan payment gateway lainnya tersedia tapi dengan add-on berbayar.

Dukungan tersedia dari forum resmi untuk pelanggan berbayar, dan dukungan terbatas ditawarkan kepada pengguna gratis. Versi gratisnya terbatas dan Anda harus membeli add-on untuk memaksimalkannya.

6. WP Courseware

WP Courseware adalah plugin LMS WordPress powerful lainnya yang hadir dengan pembuat kursus drag and drop.

Pembuatan kursus di WP Courseware sangat powerful dan mencakup banyak fitur untuk membuat kursus online besar atau kecil. Setiap kursus dapat memiliki beberapa modul, unit, dan kuis. Ini mendukung prasyarat kursus dan fitur content drip (konten berkala).

WP Courseware menawarkan profil instruktur, buku nilai siswa, email khusus, dan banyak memiliki fitur lain yang membantu menciptakan experience yang menarik bagi member. Selain itu juga dilengkapi dengan bank soal sehingga Anda dapat dengan cepat membuat kuis untuk berbagai kursus dan modul.

Plugin ini juga menyertakan fitur monetisasi yang powerful untuk menjual kelas online di situs web Anda. Ini memiliki opsi keranjang belanja bawaan di mana Anda dapat langsung menghubungkan PayPal atau Stripe dan mulai menjual kursus Anda.

Anda juga dapat membuat kursus gratis dan memberi pengguna cara untuk mencoba kelas Anda. Hal ini dapat mendorong mereka untuk membeli kursus penuh. Anda dapat menjual kursus berbayar sebagai pembelian satu kali atau langganan berulang.

Harga: Mulai dari $129 untuk 2 situs dengan dukungan dan pembaruan 1 tahun.

Kesimpulannya WP Courseware adalah pilihan yang baik untuk membangun kursus online Anda. Mudah digunakan dan dilengkapi dengan opsi fleksibel untuk memberi Anda kebebasan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik. Yang terbaik dari semuanya, ini berfungsi dengan tema WordPress apa pun tanpa masalah kompatibilitas apa pun.

7. Sensei

Sensei adalah plugin LMS WordPress yang powerful yang dibuat oleh orang-orang di belakang WooCommerce. Plugin ini fleksibel dan mudah digunakan dan mengikuti praktik terbaik yang sama seperti WordPress dan WooCommerce.

Pembuatan kursus dengan Sensei itu mudah, tetapi tidak sebaik plugin LMS WordPress lain dalam daftar ini. Anda dapat membuat kuis, tugas, menilainya secara otomatis atau manual, dan bahkan menawarkan lencana dan sertifikat kepada siswa.

Untuk menjual kursus Anda dan menerima pembayaran, Anda harus menggunakan WooCommerce. Untuk setiap kursus yang ingin Anda jual, Anda harus membuat produk dan kemudian menautkannya ke kursus Anda.

Tidak banyak integrasi pihak ketiga yang tersedia. Anda dapat mengintegrasikan Sensei dengan plugin membership, tetapi tidak ada tambahan untuk itu.

Kesimpulannya Sensei adalah solusi yang baik untuk menawarkan kursus online. Jika Anda sudah menjalankan toko online menggunakan WooCommerce, maka ini akan terintegrasi dengan sempurna dengan toko Anda. Namun, biasanya integrasi WooCommerce sulit bagi pemula. Selain itu juga lebih sedikit fitur dan add-on pada Sensei daripada plugin LMS lainnya dalam daftar ini.

Manakah Plugin LMS WordPress Terbaik? (Pilihan Ahli)

MemberPress sepertinya merupakan plugin LMS WordPress pilihan terbaik. Plugin ini sangat ramah pemula dan memungkinkan Anda membuat kursus online dengan desain yang menarik (tidak perlu kode).

MemberPress telah direkomendasikan oleh banyak influencer dan host web top termasuk Chrislema, WPbeginner, WPengine dan Member Site Akademy.

Aturan membershipnya yang kuat memudahkan untuk mengonfigurasi kontrol akses, menjual paket langganan kursus, dan banyak lagi. Anda juga mendapatkan fitur berguna lainnya seperti content drip (konten berkala), keanggotaan grup, manajemen file yang dilindungi, email pengingat, dan banyak lagi.

Plugin ini terintegrasi secara baik dengan semua penyedia pembayaran populer, dan lebih dari seribu layanan otomatisasi email marketing yang berbeda.

Jika Anda mencari alternatif MemberPress, Anda dapat mencoba LifterLMS. Plugin ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur hebat dan banyak integrasi yang berguna.

Semoga artikel ini membantu Anda menemukan plugin LMS WordPress terbaik untuk website Anda. Anda mungkin juga ingin melihat 9 Plugin WordPress Wajib Instal yang harus dimiliki untuk semua jenis website dan 10 Plugin contact form terbaik untuk meningkatkan engagement di website Anda.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke teman-teman yang lain.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *