Cara Menghubungkan Unggahan Formulir Kontak ke Google Drive di WordPress


Apakah Anda sedang mencari cara untuk menghubungkan unggahan formulir kontak ke Google Drive di WordPress?

Ketika mengelola bisnis online melalui sebuah website, seringkali kita membutuhkan untuk menambahkan halaman contact form atau formulir kontak pada website tersebut.

Formulir Kontak tersebut nantinya akan diisi oleh pengunjung website Anda untuk mendaftar sebagai member, mengupload bukti pembayaran dan sebagainya. Silahkan Baca artikel Cara Membuat Formulir dengan WPForms di WordPress.

Terkadang ada kondisi di mana pengunjung website Anda perlu mengirimkan file kepada Anda melalui formulir kontak website Anda dan Anda ingin menyimpannya secara otomatis ke Google Drive.

Jadi dalam postingan ini, Saya akan menunjukkan cara menambahkan fitur upload file ke formulir kontak Anda, dan juga mengupload file tersebut secara otomatis ke Google Drive Anda.

Mengapa Perlu Menghubungkan Unggahan Formulir Kontak ke Google Drive?

Sebelum kita membahas cara menambahkan fitur upload file ke formulir kontak Anda dan juga menghubungkan unggahan formulir kontak ke Google Drive secara otomatis, mari kita cari tahu mengapa Anda perlu menggunakan formulir unggahan file di website Anda.

Memiliki formulir kontak dengan fitur unggah file akan membuat proses itu lebih mudah bagi Anda dan pengunjung website Anda. Tapi, mengapa menghubungkannya ke Google Drive?

Biasanya, ketika pengunjung website mengunggah file dari formulir kontak, itu akan diunggah ke server website Anda.

Jadi, untuk beberapa alasan, jika file server Anda rusak atau tidak dapat diakses, semua file yang diunggah itu juga akan ikut hilang.

Belum lagi ketika banyak pengunjung website mulai mengunggah file ke server Anda, itu juga akan menghabiskan ruang hosting Anda juga.

Namun, ketika Anda menghubungkan Google Drive dengan formulir kontak Anda, itu juga akan mengirimkan salinan file yang diunggah ke Google Drive Anda.

Dengan begitu, Anda akan memiliki salinan dari file yang diunggah itu di server Anda dan di Google Drive.

Ini akan membuat segalanya lebih mudah bagi Anda untuk mengelola file-file itu dan Anda bahkan dapat menghapus file-file itu di server Anda untuk mengosongkan ruang.

Cara Mengirim Unggahan Formulir Kontak ke Google Drive

Sebelum membuat formulir unggahan WordPress yang mengirim data ke Google Drive secara otomatis, terlebih dahulu Anda perlu membuat formulir unggahan file menggunakan WPForms.

Setelah menginstal dan mengaktifkan WPForms, pada dasbor WordPress Anda pilih WPForms » Add New kemudian pilih template.

Anda bisa langsung memilih template yang telah disediakan WPForms. Cukup cari dan klik File Upload Form.

Namun, jika Anda ingin membuat template sendiri, pilih Create a Blank Form kemudian berikan nama formulir Anda.

Pilih pilihan Standard Fields pilih Single Line Text kemudian ganti labelnya sesuai kebutuhan Anda. Karena saya membuat formulir untuk tujuan mengupload bukti pembayaran, saya memberikan label ‘Nomor Tagihan.’

Pada pilihan Fancy Fields pilih dan klik File Upload setelah itu Save.

Baiklah Formulir Unggahan File Anda telah siap.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai dan membuat formulir unggahan Google Drive di website WordPress Anda.

Cara Mengintegrasikan Unggahan Google Drive

Sekarang kita telah membuat formulir kontak yang cantik dengan fitur unggah, mari kita lihat bagaimana kita dapat menghubungkan Google Drive dengan formulir unggahan ini sehingga salinan file yang diunggah melalui formulir tersebut secara otomatis dikirim ke penyimpanan cloud Anda.

Catatan: Panduan ini hanya akan menunjukkan cara menyimpan lampiran file formulir unggahan Anda ke dalam folder Google Drive. Jika Anda juga ingin menyimpan entri formulir kontak Anda seperti nama, email, dan pesan, Anda perlu menghubungkan formulir kontak dengan Google Sheets juga.

Langkah 1: Instal Zapier Addon

Untuk menghubungkan Google Drive dengan WPForms, Anda memerlukan addon Zapier dan akun Zapier.

Buka WPForms » Addons. Gulir ke bawah untuk menemukan addon Zapier. Kemudian klik Instal dan aktifkan addon.

Langkah 2: Integrasikan Zapier Dengan WPForms

Buka WPForms » Settings » Integrations dan salin kunci API WPForms Zapier Anda. Anda akan membutuhkan ini untuk menghubungkan akun Zapier Anda dengan WPForms.

Langkah 3: Masuk ke akun Zapier Anda.

Sekarang, masuk ke akun Zapier Anda. Jika Anda tidak memiliki akun Zapier, Anda dapat mendaftarkan akun secara gratis. Dan klik tombol Make A Zap.

Langkah 4: Temukan Aplikasi WPForms

Cari WPForms dan pilih sebagai Trigger App (aplikasi pemicu).

Langkah 5: Pilih New Form Entry

Pilih New Form Entry sebagai Trigger dan Save + Continue.

Langkah 6: Hubungkan Zapier dan WPForms Akun Zaps

Sekarang, klik Connect An Account karena ini akan membuka jendela baru. Masukkan alamat website Anda dan kunci API WPForms Zapier di sini. Kemudian klik Save and Continue saat diminta.

Langkah 7: Pilih Formulir Anda

Pada langkah berikutnya, pilih formulir unggahan Anda dari daftar formulir yang telah Anda buat. Dan klik Continue.

Langkah 8: Uji Zap Anda

Sekarang, Zapier akan meminta untuk menguji formulir Anda. Sebelum melakukan itu, Anda perlu memasukkan entri ujian ke formulir Anda. Pergi ke Dasbor WordPress Anda WPForms » All Forms and Klik Preview untuk menampilkan formulir Anda dan mengirimkan entri tes.

Pastikan untuk menambahkan lampiran file contoh di pesan tes ini.

Langkah 9: Fetch and Continue

Setelah menyelesaikan pengujian, kembali ke akun Zapier Anda dan klik tombol Fetch and Continue untuk menguji pemicu yang baru saja Anda buat. Setelah tes berhasil, klik Continue.

Sekarang Anda dapat membuat tindakan untuk pemicu Zapier yang baru saja Anda buat. Berikut cara melakukannya.

Langkah 1: Temukan Aplikasi Google Drive

Dalam daftar Action Apps, cari dan temukan Google Drive.

Langkah 2: Pilih Tindakan

Pilih Upload File sebagai Action. Kemudian klik Save and Continue.

Langkah 3: Hubungkan Akun

Sekarang Anda perlu menghubungkan Akun Google Anda dengan Zapier. Klik Connect an Account dan login ke Akun Google Anda. Saat diminta, Izinkan Zapier mengakses Google Drive Anda.

Langkah 4: Pilih Folder Google Drive Anda

Di bagian Setup Template, pilih default Google Drive Anda dan folder untuk menyimpan file yang Anda unggah. Sebaiknya buat folder baru untuk menyimpan unggahan formulir kontak Anda untuk pengelolaan yang lebih mudah.

Langkah 5: Pilih File

Di pilihan File, pilih File Upload yang berisi file yang telah Anda unggah di entri tes formulir kontak.

Langkah 6: Sesuaikan Opsi

Anda dapat mengosongkan opsi lainnya. Namun, Anda dapat menyesuaikannya jika ingin secara otomatis mengonversi file yang Anda unggah ke format file Google Drive atau mengubah namanya. Setelah Anda selesai, klik Continue.

Langkah 7: Uji Formulir Unggahan

Pada langkah berikutnya, Zapier akan menguji formulir unggahan Anda. Klik Send Test To Google Drive. Buka folder Google Drive Anda dan lihat apakah Anda melihat salinan file tersebut

Langkah 8: Konfirmasi Integrasi

Jika Anda melihat file di Google Drive Anda, berarti integrasi Zapier Anda berhasil. Anda dapat melanjutkan dan mengklik Finish untuk menyelesaikan Zap.

Langkah 9: Nyalakan Zap

Beri nama Zap Anda dan Turn On.

Demikian caranya! Anda dapat melakukan pengiriman formulir tes lain untuk melihat apakah berhasil.

Embed Formulir Unggahan

Sekarang, mari kita lihat cara embed formulir unggahan di website Anda.

Buka WPForms » All Forms. Temukan formulir unggahan yang telah Anda buat dan salin Shortcode-nya. Kemudian Anda dapat menempelkan kode ini ke halaman, postingan, atau di mana saja di website Anda untuk membuat formulir muncul.

Perlu diingat bahwa metode ini hanya mengirimkan salinan file yang diunggah ke Google Drive Anda. File asli akan disimpan di server Anda.

WordPress mungkin juga membatasi beberapa jenis unggahan file. Namun, Anda dapat mengaturnya dengan mengizinkan jenis file tambahan.

Sekarang pengunjung website Anda dapat mengirimi Anda segala jenis file dari formulir kontak Anda.

Kesimpulan

Untuk memungkinkan pengunjung website Anda mengirimkan file kepada Anda melalui formulir kontak website Anda dan menyimpannya secara otomatis ke Google Drive, Anda membutuhkan plugin WPForms dan Addon Zapier.

Selain itu, dengan menggunakan addon Zapier Anda bisa mengirim data WPForms Anda untuk membuat prospek di Salesforce, membuat faktur di FreshBooks, membuat kontak di Hubspot, mengirim pesan teks menggunakan Twilio, menambahkan kontak Google, Membuat tugas di Trello atau Asana, Menambahkan pelanggan di QuickBooks dan juga mendapatkan notifikasi Slack.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silakan bagikan ke teman-teman yang lain.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *