Cara Setting Email di WordPress

Cara Setting Email di WordPress Untuk Melihat Pencatatan Email Masuk (Log Email)


Bagaimana cara setting email di WordPress sehingga Anda bisa mengatur email masuk (pencatatan email) di website WordPress Anda?

Dengan mengaktifkan pencatatan email masuk, Anda dapat menyimpan catatan setiap email yang dikirim dari website Anda.

Dalam postingan ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara setting email di WordPress sehingga Anda bisa mengatur dan melihat email masuk di website Anda menggunakan plugin WP Mail SMTP.

Berikut ringkasan langkah-langkah Cara Setting Email di WordPress WordPress untuk melihat Catatan Email Masuk (Log Email):

Mengapa Anda Perlu Mengaktifkan Pencatatan Email (Log Email)?

Setelah Anda mengaktifkan pencatatan email, database WordPress Anda akan melacak semua email yang dikirim website Anda.

Ini bisa membantu jika Anda:

  • Sedang Menggunakan Notifikasi Formulir — Notifikasi formulir mengirimi Anda pemberitahuan email ketika seseorang mengisi formulir. Ini bagus untuk meneruskan email tersebut secara otomatis ke anggota tim yang tepat.
  • Ingin Melihat Siapa saja yang Mendapat Email dan Email Yang Mana — Anda dapat tetap teratur dengan memeriksa pencatatan email Anda untuk melihat pengunjung atau anggota tim mana yang menerima email yang mana.
  • Melihat lebih banyak detail — Ini akan membantu Anda melihat hal-hal seperti saat email dikirim. Anda dapat melihat pencatatan email Anda untuk mengungkap banyak detail termasuk tanggal dan waktu email dikirim.
  • Memastikan Email telah Terkirim — Anda dapat menggunakan pencatatan email untuk memverifikasi bahwa email berhasil dikirim. Jika pengunjung website menghubungi Anda dan mengatakan bahwa mereka tidak menerima email yang mereka harapkan, Anda dapat memverifikasi status di pencatatan. Ini berguna dalam banyak kasus, termasuk jika Anda mengaktifkan Aktivasi Pendaftar ketika Anda membuat formulir pendaftaran di website Anda.

Cara Setting Email di WordPress untuk Pencatatan Email

Jadi Anda penasaran bagaimana cara melihat email apa yang dikirim oleh website WordPress Anda? Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur pencatatan email di WordPress:

1. Instal Plugin WP Mail SMTP

Pertama, instal dan aktifkan plugin WP Mail SMTP di website WordPress Anda.

cara setting email di WordPress

Anda mungkin lebih suka membiarkan tim SMTP WP Mail melakukan pekerjaan pengaturan ini semua untuk Anda. Dalam hal ini, pastikan untuk memeriksa opsi Setup White Glove, di mana tim menangani pengaturan dan pengujian mailer Anda.

Setelah plugin WP Mail SMTP diaktifkan, buka dasbor WordPress Anda.

2. Aktifkan Pencatatan Email (Log Email) WordPress

Dari dasbor WordPress Anda, buka WP Mail SMTP » Settings. Kemudian, klik pada tab Email Log.

cara setting email di WordPress

Dari halaman Log Email, Anda akan melihat opsi yang dinamakan Enable Log. Ini akan mencatat setiap email yang dikirim dari website web Anda ke depannya.

Dengan opsi Enable Log ini, detail untuk setiap catatan email WordPress akan mencakup:

  • Status Email (Memberitahu Anda jika berhasil dikirim)
  • Tanggal dan Waktu Dikirim
  • Subject Line
  • Alamat Email Penerima (termasuk CC dan BCC)
  • From email
  • Jumlah Lampiran (Jika Anda telah menyiapkan formulir Anda untuk menerima beberapa lampiran)
  • Opsi Mailer Digunakan
  • Detail Teknis Tambahan (seperti tipe konten, MIME, dll.)

Silakan dan klik kotak di sebelah Enable Log. Setelah Anda memilih ini, opsi ke-2 akan muncul di bawah opsi yang dinamakan Log Email Content.

cara setting email di WordPress

Opsi Log Email Content akan menyimpan semua konten email yang dikirim dari website Anda. Anda akan dapat menemukannya di catatan email bersama dengan detail lainnya.

Terserah Anda jika Anda ingin mengaktifkan Log Email Content. Ini adalah pengaturan opsional dan tidak diperlukan untuk mengaktifkan pencatatan email (email log).

Pastikan untuk mempertimbangkan dengan hati-hati jika Anda benar-benar perlu mengaktifkan opsi Log Email Content. Semua konten email akan disimpan sebagai teks biasa (tidak dienkripsi) di database website Anda.

Jika Anda mengelola website yang besar, atau Anda mengelola WooCommerce yang tidak mengirim email, Anda harus berhati-hati saat menggunakan opsi ini. Ini bisa menjadi risiko keamanan WordPress dan dapat menyebabkan database Anda menjadi sangat besar jika diaktifkan untuk sementara waktu.

Selanjutnya, klik tombol Save Setting untuk mengaktifkan pencatatan email WordPress.

cara setting email di WordPress

3. Lihat Pencatatan Email (Log Email) WordPress

Untuk melihat pencatatan email WordPress Anda, klik WP Mail SMTP » Email Log di sisi kiri menu admin WordPress. Email terbaru akan ditampilkan di bagian atas daftar.

Jika Anda ingin melihat detail lebih lanjut tentang email tertentu, cukup klik Subject. Ini akan membuka halaman untuk pencatatan email individu itu

Selamat! Anda telah berhasil mengaktifkan dan melihat pencatatan email di website WordPress Anda.

Kesimpulan

Demikian caranya dan sekarang Anda tahu cara mengatur pencatatan email WordPress menggunakan plugin WP Mail SMTP.

Pastikan untuk membaca postingan lain tentang Cara Membuat Email Marketing : Formulir Berlangganan dengan WpForms + Mailchimp di WordPress .

Dengan membuat formulir berlangganan email, Anda sebagai pemilik website akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu:

  1. Anda akan mendapatkan informasi mengenai seseorang yang memasukan email dan tersimpan otomatis di dalam database website Anda, data tersebut nantinya dapat Anda gunakan untuk mengirimkan email berisi penawaran, promo, iklan yang tertarget.
  2. Berpotensi besar mengarahkan pengunjung website Anda ke closing penjualan.

Jadi tunggu apa lagi? Mulailah menggunakan WP Mail SMTP sekarang dan kelola pencatatan email Anda sambil memperbaiki masalah email WordPress Anda untuk selamanya.

Semoga artikel ini bisa membantu menyelesaikan masalah website Anda.

Dan jika menurut Anda artikel ini bisa bermanfaat untuk orang lain, silakan bagikan ke teman-teman yang lain.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *