Cara Menggunakan SEMRUSH

Cara Menggunakan SEMRUSH, Riset Keyword & Membuat Konten


Dalam dunia digital marketing, salah satu media yang paling efektif untuk Anda branding dan menjangkau konsumen selain media sosial adalah website atau blog.

Setelah Anda membuat website atau blog, langkah selanjutnya untuk bisa mendapatkan traffic adalah membuat konten secara rutin sesuai dengan nichenya.

Namun untuk membuat konten Anda perlu melakukan riset pencarian kata kunci terlebih dahulu untuk digunakan pada konten tersebut. Kenapa?

Karena untuk bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian search engine Anda harus menggunakan keyword atau kata kunci yang benar.

Caranya adalah menggunakan keyword dengan search volume atau volume pencarian yang tinggi yang tingkat kesulitannya masih dianggap rendah.

Tingkat kesulitannya rendah maksudnya adalah orang yang menggunakan keyword atau kata kunci tersebut masih sedikit sehingga Anda berpeluang untuk bisa mendapatkan peringkat.

Disinilah pentingnya untuk Anda mempelajari cara menggunakan SEMRUSH untuk riset keyword dan membuat konten.

Masih banyak orang terutama pemula yang hanya menebak-nebak keyword tersebut dan langsung membuat konten tanpa strategi.

Padahal mereka dapat menggunakan aplikasi pencari keyword untuk mendapatkan kata kunci yang benar.

Ketika Anda mengetahui cara menggunakan SEMRUSH untuk riset keyword, akan mudah membuat website Anda untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, DuckDuckGo dan sebagainya.

Dalam artikel ini, Saya akan menunjukkan cara menggunakan SEMRUSH untuk melakukan riset keyword

Cara Menggunakan Semrush

Anda mungkin sudah melakukan pencarian kata kunci atau keyword dengan menggunakan berbagai macam aplikasi pencari keyword gratis namun belum puas dengan hasilnya.

Diantara Keyword tool terbaik populer seperti Semrush, google keyword planner (layanan Google Ads), ubersuggest dari neil patel, google trends dan banyak aplikasi pencari keyword lainnya. Silahkan lihat 8 Rekomendasi Tool Riset Keyword SEO Terbaik (2021).

Pada artikel ini, kita akan mempelajari cara menggunakan SEMRUSH untuk melakukan riset keyword secara gratis.

Keyword tool yang akan kita gunakan untuk melakukan riset keyword ini bahkan dipercaya brand terkenal dunia seperti Amazon, Apple, Quora, Tesla, Forbes, Walmart dan brand terkenal lainnya.

Karena menggunakan Semrush versi gratis, fitur yang akan kita dapatkan terbatas namun ini sudah cukup untuk melakukan pencarian kata kunci.

Anda juga bisa menggunakan Semrush dengan fitur lengkap secara gratis selama 7 hari dengan memasukkan informasi kartu kredit atau Virtual Card Number (VCN) Anda.

Selanjutnya Anda hanya perlu berhenti sebelum tanggal First charge tanpa membayar biaya sepeser pun.

Namun jika Anda puas dengan hasilnya, Anda bisa lanjut berlangganan untuk digunakan seterusnya.

1. Apa itu Riset Keyword?

Riset keyword adalah teknik penelitian yang digunakan oleh pembuat konten dan praktisi SEO. Teknik ini untuk membantu Anda menemukan kata-kata yang dimasukkan orang ke mesin pencarian untuk mendapatkan informasi, produk atau layanan yang mereka cari.

Mesin pencarian yang dimaksud salah satunya adalah google. Sebagian besar pengguna internet di Indonesia menggunakan google untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan memasukkan kata-kata tersebut ke dalam search engine.

Anda kemudian dapat memasukkan kata-kata dan frasa tersebut ke website atau blog Anda untuk mendapatkan lebih banyak trafik pencarian.

Namun perlu diingat bahwa, ketika Anda mencari keyword yang tepat untuk digunakan ke dalam konten website atau blog Anda, Anda perlu memperhatikan keyword difficulty atau tingkat kesulitannya keyword tersebut.

Walaupun search volume (volume pencarian) keyword tersebut tinggi tapi jika tingkat persaingan keywordnya juga tinggi maka Anda akan kesulitan untuk mendapatkan posisi atau ranking dihalaman pertama hasil pencarian mesin pencari.

2. Jenis Keyword

Keyword yang dimasukkan orang ke mesin pencari terbagi menjadi dua jenis yaitu Short tail keyword  dan Long tail keyword.

  • Short tail keyword adalah kata kunci yang singkat dan pada umumnya terdiri dari satu hingga dua kata. Jenis keyword ini pada umumnya memiliki keyword difficulty atau tingkat persaingan (kompetitor) yang sangat tinggi karena menggunakan kata kunci yang kurang ‘spesifik’.
  • Long tail keyword adalah kata kunci turunan dari kata kunci short tail keyword dan tediri dari tiga kata atau lebih. Long tail keyword pada umumnya lebih spesifik dan tertarget sehingga keyword difficulty atau tingkat persaingan (kompetitor) kata kuncinya lebih kecil.

3. Kenapa Mengetahui Cara Riset Keyword Penting?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa keyword merupakan salah satu elemen penting yang dapat menunjang SEO blog atau website kita. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel tentang Belajar SEO Website WordPress Untuk Pemula.

Banyak pemula yang hanya menebak-nebak keyword yang digunakan target audience atau pembaca mereka untuk mencari informasi yang berkaitan dengan topik blog mereka.

Perumpamaan mereka seperti menembak panah dalam keadaan gelap. Padahal Anda tidak perlu melakukan hal tersebut karena Anda ternyata bisa menggunakan data yang nyata untuk mencari tahu apa yang dicari orang.

Anda bisa melakukan riset keyword gratis dengan menggunakan keyword tool seperti google keyword planner, ubersuggest dari neil patel, google trends dan Semrush Trial.

Baiklah, pada artikel ini saya akan menunjukkan cara riset keyword gratis dengan menggunakan salah satu keyword tool terbaik bernama Semrush.

Semrush tidak hanya memberikan keyword suggestion (rekomendasi kata kunci) tapi juga menyediakan semua tool yang penting untuk digunakan melakukan riset keyword.

Seperti riset kompetitif, SEO, backlink, kompetitor, ranking di google dan lain sebagainya.

4. Cara Menggunakan SEMRUSH Untuk Riset Keyword

Diantara cara menggunakan SEMRUSH untuk melakukan riset keyword yaitu menggunakan tool yang bernama Keyword Magic Tool dan Topic Reseach Tool. Anda bisa melakukan riset keyword seperti mengetahui search volume (volume pencaria, jumlah keyword, tingkat kesulitannya, trend naik atau turun dan sebagainya.

Untuk menggunakan fitur gratis SEMRUSH ini, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Silahkan ikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini.

1. Pertama kunjungi website SEMRUSH.com

tool riset keyword

2. Gulir kebagian bawah kemudian klik ‘Start your free trial

3. Anda akan diarahkan untuk membuat akun. Masukkan email dan password Anda. Kemudian nanti Anda perlu menverifikasi email dengan memasukkan angka yang dikirim ke email Anda.

cara menggunakan SEMRUSH

4. Setelah itu Anda akan dipersilahkan memilih trial plan yang Anda inginkan. Silahkan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda kemudian klik ‘Get Free Trial

cara menggunakan SEMRUSH

5. Anda perlu untuk memasukkan kartu kredit atau Virtual Card Number (VCN). Perlu diperhatikan tanggal pada First charge pada bagian bawah karena uang Anda akan mulai ditarik pada tanggal tersebut. Jadi jika Anda ingin berhenti menggunakan Semrush Pro ini, pastikan membatalkannya sebelum tanggal tersebut.

cara menggunakan SEMRUSH

Anda tetap bisa menggunakan Semrush tanpa memasukkan kartu kredit atau Virtual Card Number (VCN), hanya saja hasil dan fitur yang dapat Anda gunakan terbatas. Cukup Klik Skip Trial.

6. Anda akan diarahkan ke dasbor Semrush. Disini tersedia semua fitur yang dimiliki Semrush. Anda bisa memilih tool yang ingin Anda gunakan seperti positon tracking, domain overview, organic research, backlink analytics, keyword overview, keyword magic tool dan banyak lagi.

cara menggunakan SEMRUSH

4.1 Riset Keyword dengan Keyword Magic Tools

1. Pilih Keyword Reseach pada menu bagian atas kemudian pilih Keyword Magic Tool.

cara menggunakan SEMRUSH

2. Masukkan Keyword yang ingin Anda Riset dan pilih negara Indonesia. Untuk melihat hasilnya, klik Search. Pada tutorial ini, saya mencari keyword ‘tanaman hias’.

cara menggunakan SEMRUSH

3. Anda akan melihat semua keyword suggestion (rekomendasi kata kunci) yang berkaitan dengan tanaman hias.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat data yang seperti:

  • Search volume (volume pencarian), rata-rata volume pencarian perbulan
  • Tingkat kesulitan keyword, persentase untuk memenangkan kata kunci tersebut. Semakin kecil semakin mudah.
  • Kategori keyword,
  • Trend keyword naik atau menurun,
  • Cost per click
  • dan banyak lagi.
cara riset keyword

4. Anda kemudian dapat menfilter keyword yang Anda inginkan, seperti Volume pencarian (search volume) , KD% (keyword difficulty atau tingkat kesulitannya keyword), cost per click.

Fitur lainnya adalah Advanced Filters untuk memberikan filter khusus seperti jumlah kata, tingkat kompetisi dan seterusnya.

cara menggunakan SEMRUSH

Tool Riset Keyword lainnya yang juga ada di Semrush adalah keyword overview, keyword manager, keyword tracking dan organic traffict insights.

4.2 Keyword Overview

Keyword Overview adalah Tool yang menjalankan analisis lengkap keyword Anda dan untuk membantu Anda memutuskan apakah Anda harus bersaing untuk keyword tersebut.

cara menggunakan SEMRUSH

4.3 Keyword Manager

Keyword Manager adalah tool yang berfungsi untuk digunakan mengumpulkan seluruh kata kunci favorit Anda di SEMrush. Simpan hasil temuan Anda kemudian dapatkan metrik baru. Selanjutnya Anda bisa mengekspor hasil temuan Anda ke dalam file XLSX atau CSV atau tool SEMrush lainnya.

4.4 Keyword Tracking

Keyword Tracking adalah tool yang berfungsi mengukur upaya SEO Anda dengan mudah. Melalui tool ini Anda bisa melakukan pelacakan peringkat harian keyword Anda yang akurat dan efektif.

cara menggunakan SEMRUSH

4.5 Organic Traffict Insights

Organic Traffict Insights adalah tool SEMrush yang merupakan solusi untuk keyword “not provided” yang mudah karena mengkombinasikan data dari Google Analytics, Search Console, dan Semrush.

cara menggunakan SEMRUSH

Selain tool riset keyword, Semruh juga memiliki tool konten marketing salah satunya disebut Topic Research Tool. Berikut cara menggunakannya.

5. Cara Menggunakan Semrush untuk Riset Topik

Alat Riset Topik SEMrush: Untuk membantu Anda menemukan banyak kategori ide postingan blog yang potensial

Terkadang sangat sulit mendapatkan ide topik untuk digunakan pada blog Anda.

Tidak hanya menemukan topik tetapi juga memilih topik yang tepat adalah bagian yang sangat penting dari strategi konten maerketing.

Jika Anda memilih topik yang salah yang tidak akan mendapatkan share sosial maka semua kerja keras Anda akan sia-sia.

Jangan khawatir! SEMrush Topic Research tool tidak hanya untuk membantu Anda menemukan banyak ide postingan blog tetapi juga menunjukkan share sosial. Jadi, Anda bisa memilih topik yang tepat untuk bisnis Anda.

Fitur ini untuk membantu Anda mendapatkan ide topik konten yang relevan untuk menunjang strategi SEO (Search Engine Optimization) website Anda.

Silahkan ikuti panduan di bawah ini untuk melakukan riset topik di semrush:

  1. Login atau daftar SEMRUSH.com terlebih dahulu jika Anda belum memiliki akun.
  2. Pilih Topic Reseach
cara menggunakan SEMRUSH

3. Masukkan Topik dan Pilih Negara Kemudian Klik ‘Get Content Ideas

4. Kelebihan SEMrush Topic Research tool adalah memungkinkan Anda menemukan postingan blog dan ide-ide subtopik dalam 4 format berbeda:

  • Card
  • Explore
  • Overview
  • Mind Map
cara menggunakan SEMRUSH

5. Tidak hanya itu, SEMrush Topic Research tool juga memungkinkan Anda untuk memprioritaskan ide topik ini berdasarkan 3 faktor berbeda:

  • Volume: Jika Anda ingin mencari topik berdasarkan Search Volume (volume pencarian), Anda dapat mengklik opsi ini.
  • Difficulty: Anda dapat memeriksa topik ini berdasarkan kesulitan kata kunci melalui opsi ini.
  • Topic Efficiency: Anda dapat menemukan semua subtopik yang sangat relevan dengan keyword target Anda akan ditampilkan terlebih dahulu.
cara menggunakan SEMRUSH

6. Cara Menggunakan Semruh untuk Membuat Backlink

Backlink adalah salah satu dari tiga faktor untuk mendapatkan peringkat teratas Google, dan tidak mungkin berubah dalam waktu dekat.

Inilah mengapa banyak pelaku digital marketing dan pemilik website selalu berusaha mencari cara membuat backlink pada website mereka. Website yang mendapatkan backlink berkualitas akan dianggap lebih terpercaya dan memiliki otoritas.

Peningkatan otoritas ini dapat berarti peringkat yang lebih tinggi di SERP, sehingga memberikan website Anda lebih banyak visibilitas dan kemungkinan lebih banyak traffic organik.

Link Building Tool adalah tool yang berfungsi mengumpulkan daftar peluang pembuatan baclink untuk domain Anda dan memberi Anda antarmuka manajemen untuk menjalankan kampanye penjangkauan agar berpotensi memperoleh baclink.

Tool ini akan memudahkan Anda untuk menjalankan analisis kompetitif pada pesaing SEO Anda dan menjalankan kampanye penjangkauan pada saat yang bersamaan.

Kelebihan menggunakan fitur Link Building SEMrush antara lain:

  • Daftar besar prospek penjangkauan berdasarkan kata kunci target dan pesaing
  • Alur kerja bawaan untuk mengelola proses penjangkauan
  • Integrasi Gmail dan Google Search Console
  • Pengambilan informasi kontak otomatis untuk situs web target
  • Laporan Monitoring untuk mengikuti kemajuan kampanye Anda dari waktu ke waktu

7. Cara Menggunakan Semrush untuk Membuat Konten

SEO Content Template Adalah tool yang membantu Anda membuat konten yang ramah SEO. Rekomendasi konten yang dibuat dengan menganalisis konten pesaing Anda yang menduduki peringkat 10 besar di hasil pencarian Google.

Tool SEMrush ini akan memberi Anda ide untuk menulis konten yang dioptimalkan dan lebih unggul dari 10 pesaing Anda tersebut..

cara menggunakan SEMRUSH

Kesimpulan

Selain media sosial, website atau blog merupakan media digital marketing yang sangat efektif untuk meningkatkan branding dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Mengelolah website atau blog memerlukan beberapa keahlian penting salah satunya mengetahui cara riset keyword.

Salah satu tool SEO terbaik untuk melakukan riset keyword adalah SEMRUSH.

Semrush memiliki fitur yang bisa Anda gunakan secara gratis yaitu Keyword Research untuk melakukan pencarian kata kunci dan Topic Research tool untuk digunakan mencari ide topik.

Anda juga bisa mencoba menggunakan fitur Semrush lainnya untuk mengatur strategi memenangkan persaingan konten dengan kompetitor.

Jadi tidak hanya mencari keyword, Semrush memiliki hampir semua yang Anda butuhkan untuk mendapatkan peringkat diniche Anda secara online seperti SEO, PPC, konten, media sosial, dan riset kompetitif.

Demikian artikel tentang cara menggunakan Semruh untuk melakukan riset keyword.

Tunggu apa lagi? Coba aplikasi pencari keyword Semrush secara gratis untuk membuat konten website atau blog Anda.

Anda juga mungkin tertarik mempelajari cara riset keyword menggunakan Google Keyword Planner yaitu layanan yang dimiliki Google Ads. Berikut Cara Menggunakan Google Keyword Planner Tanpa Perlu Membayar Iklan.

Semoga artikel ini membantu Anda. Silahkan bagikan informasi ini ke teman-teman yang lain yang menurut Anda akan membutuhkannya.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *