Cara Menggunakan Google Analytics di WordPress dengan Plugin


Apakah Anda bingung bagaimana cara menggunakan Google Analytics? kabar baiknya Anda tidak sendirian. Google Analytics memang terkenal rumit untuk digunakan.

Namun Anda mengatasinya dengan menggunakan plugin khusus yang bisa membantu Anda menghubungkan Google Analytics di Website WordPress Anda hanya dalam beberapa klik.

Plugin Google Analytics ini membantu menemukan cara pengunjung situs web Anda menemukan dan menggunakan website Anda, sehingga Anda dapat membuat startegi yang tepat agar mereka bisa kembali lagi.

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah salah satu tool gratis dari google yang membantu pemilik website untuk mendapatkan data trafik websitenya.

Tool ini juga menyediakan berbagai data soal performa website Anda seperti dari mana sumber trafik, data demografi pengunjung situs, konten populer, dan lain-lain.

Manfaat Google Analytics

Berikut 10 manfaat menggunakan Google Analytics pada website Anda

  1. Pahami kesan pertama yang Anda buat
  2. Cari tahu dari mana pengguna Anda berasal
  3. Lihat peringkat Anda di mesin pencari
  4. Tetapkan Tujuan Anda
  5. Gunakan untuk segmentasi
  6. Pelajari tentang keyword
  7. Pelajari pesaing Anda
  8. Buat keputusan media sosial mana yang akan ditargetkan
  9. Pelajari seberapa kompatibel website Anda dengan perangkat pengunjung
  10. Tentukan apa yang bisa ditawarkan selanjutnya


Google Analytics tool juga sangat bermanfaat pada website e commerce untuk mendapatkan pelanggan. Insight yang diberikannya berisi banyak informasi tentang situs web Anda, pengunjung Anda, dan dari mana mereka berasal. Semua informasi ini dapat digunakan untuk menemukan pelanggan baru dan meningkatkan konversi.

Cara Menggunakan Google Analytics di WordPress

Anda akan lebih mudah melihat jumlah pengunjung situs web melalui dasbor website wordpress Anda dengan menggunakan plugin google analytics wordpress.

Plugin google analytics wordpress yang cocok Anda gunakan adalah plugin Google Analytics dari MonsterInsights.

Namun sebelum itu, terlebih dahulu Anda harus membuat akun Google Analytics terlebih dahulu.

Membuat Akun Google Analytics

Seperti yang kita telah ketahui sebelumnya, Google Analytics bisa memberi pemilik website kemampuan untuk melacak perjalanan pengunjung situs web, menyediakan beragam data seputar saluran, lokasi, dan perangkat yang mereka gunakan.

Google Analytics sebenarnya tersedia secara gratis dan yang Anda butuhkan hanyalah akun Google atau Gmail untuk mendaftar. Proses pendaftaran cukup sederhana, ikuti petunjuk langkah demi langkah di bawah ini untuk membuat akun Google Analytics Anda.

Jika Anda lebih menyukai mengikuti panduan melalui video, silahkan tonton video dibawah ini.

Namun jika Anda lebih memiliki mengikuti panduan tertulis, silahkan terus baca artikel ini hingga selesai.

Mendaftar ke Google Analytics

Berikut langkah-langkah untuk membuat akun Google Analytics:

1. Login ke Akun Google.

Anda akan diminta untuk membuka akun Google Analytics Anda.

Silahkan login dengan akun Google Anda. Jika Anda sudah memiliki akun Google atau Gmail, maka Anda dapat menggunakannya untuk login. Namun jika Anda belum memiliki akun Google, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu.

google analytics wordpress

2. Mendaftar ke Google Analytics

Setelah masuk dengan akun Gmail, Anda akan melihat pemberitahuan seperti gambar yang ada di bawah ini. Di sinilah Anda akan mendaftar ke Google analytics dengan akun Gmail Anda.

google analytics wordpress

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memberikan nama akun. Nama ini hanya akan digunakan untuk internal sehingga Anda dapat menggunakan apa pun misalnya nama Anda.

google analytics wordpress

3. Measure Your Website

Selanjutnya, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih antara web, aplikasi, atau aplikasi dan web. Pastikan Anda memilih ‘Web’.

google analytics wordpress

Setelah itu, Anda perlu memasukkan nama website, URL website, negara, dan zona waktu.

google analytics wordpress

Setelah Anda memasukkan informasi ini, klik tombol Berikutnya. Anda akan disajikan dengan persyaratan dan layanan Google Analytics yang harus Anda setujui, jadi klik tombol “Create“.

4. Men-Copy Tracking Code

Selanjuntnya Anda akan melihat Tracking Code dan juga Tracking ID Google Analytics Anda. Anda perlu menyalin atau men-copy tracking code ini karena Anda harus memasukkannya di website WordPress Anda tergantung pada metode yang Anda gunakan di bawah ini.

Anda bisa membiarkan tab browser ini tetap terbuka sehingga Anda bisa kembali untuk men-copy tracking code tersebut.

Disarankan membiarkan tab browser google analytics terbuka karena Anda mungkin perlu mengunjunginya kembali, setelah Anda menginstal kode di website WordPress Anda.

Sekarang setelah Anda membuat akun Google Analytics, mari kita lihat cara menginstal Google Analytics di WordPress.

Cara Memasang Google Analytics di WordPress


Ada beberapa cara berbeda untuk menginstal Google Analytics di WordPress. Pada panduan ini, kita akan menggunakan metode yang paling mudah.

Perlu diperhatikan, Anda hanya perlu menggunakan satu cara memasang Google Analytics di website Anda agar menghindari terjadinya pelacakan dua kali tampilan halaman di akun Google Analytics Anda.

1. Menginstal Plugin MonsterInsights

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kita akan menggunakan plugin khusus untuk memasang Google Analytics di website WordPress Anda.

Plugin yang akan kita gunakan untuk memasang Google Analytics di website WordPress Anda yaitu MonsterInsights.

MonsterInsights merupakan plugin analisis WordPress terbaik bahkan telah digunakan oleh 3.000.000+ Profesional pada website mereka.

Apa itu MonsterInsights?


MonsterInsights adalah plugin Google Analytics terbaik untuk melacak asal trafik website Anda, melihat konten yang paling populer, melihat perangkat yang digunakan pengunjung website Anda serta asal negara mereka.

Lebih dari 3 juta website menggunakannya termasuk saya dan juga website populer seperti Bloomberg, PlayStation, Zillow, dan banyak lagi.

Untuk mempelajari cara menginstal plugin di website WordPress silahkan baca artikel Cara Menginstal Plugin di Website WordPress.

Cara Menggunakan Google Analytics

Ini adalah cara termudah dan sejauh ini cara terbaik untuk menambahkan Google Analytics ke WordPress (untuk semua pengguna pemula dan ahli).

MonsterInsights ada yang versi plugin premium berbayar dan ada juga yang gratis. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan versi gratis MonsterInsights.

Anda dapat menggunakan versi MonsterInsights Pro jika Anda menginginkan fitur yang lebih canggih seperti pelacakan E-commerce, Pelacakan iklan, pelacakan Penulis, dll. Proses pengaturan tetap sama.

Ayo kita mulai.

Plugin Google Analytics WordPress MonsterInsight

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin MonsterInsights.

Setelah aktivasi, plugin akan menambahkan item menu baru berlabel ‘Insights‘ ke menu admin WordPress Anda. Mengkliknya akan membawa wizard pengaturan MonsterInsights.

2. Menghubungkan MonsterInsights ke Website

Selanjutnya Anda akan diminta memilih kategori untuk website Anda (website bisnis, blog, atau toko online). Pilih satu lalu klik tombol ‘Save and Continue‘. Selanjutnya, Anda perlu mengeklik tombol ‘Connect MonsterInsights‘.

Cara Menggunakan Google Analytics

3. Menghubungkan MonsterInsights ke Google Analytics

Langkah selanjutnya akan memunculkan popup yang akan membawa Anda akun Google di mana Anda akan diminta untuk membuka akun dan memilih akun Google jika Anda sudah login.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengizinkan MonsterInsights mengakses akun Google Analytics Anda.

plugin wordpress

Klik tombol ‘Allow‘ untuk melanjutkan.

Langkah terakhir adalah memilih profil yang ingin Anda lacak. Anda perlu memilih website Anda di sini dan kemudian klik tombol ‘Complete Connection‘ untuk melanjutkan.

Cara Menggunakan Google Analytics

MonsterInsights sekarang akan menginstal Google Analytics di website Anda. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih pengaturan yang direkomendasikan untuk website Anda.

Pengaturan default akan diterapkan pada website Anda. Jika Anda menggunakan plugin link afiliasi, maka Anda perlu menambahkan jalur yang Anda gunakan untuk menyelubungi link afiliasi. Ini akan membantu Anda untuk melacak link afiliasi Anda di Google Analytics.

Klik tombol Save and Continue untuk menyimpan pengaturan Anda.

Selanjutnya, MonsterInsights akan menunjukkan add-on berbayar yang dapat Anda akses jika Anda meningkatkan ke PRO. Anda cukup mengklik tombol ‘Save and Continue‘ untuk melewati langkah ini.

Cara Menggunakan Google Analytics

Setelah itu, Anda akan diminta untuk menginstal plugin WPForms, yang merupakan plugin Kontak Form WordPress terbaik. Anda dapat menginstalnya atau hanya mengklik ‘Skip this Step

Cara Menggunakan Google Analytics

Selamat! Anda telah berhasil menginstal dan menyiapkan Google Analytics di website WordPress Anda. Google Analytics membutuhkan waktu beberapa saat sebelum menampilkan statistik Anda.

Cara Melihat Statistik Website Melalui Plugin MonsterInsight

plugin wordpress

Anda dapat melihat laporan Google Analytics Di dalam dasbor WordPress Anda. Cukup kunjungi halaman Insights » Reports untuk mendapatkan gambaran singkat data analitik Anda.

1. Melihat Overview Report Trafik Kunjungan

Pada bagian Top 10 Referrals Anda bisa untuk melacak dari mana saja sumber trafik situs web Anda seperti backlink dari website lain, media sosial, langsung dari mesin pencarian google dan lain-lain.

Keuntungan mengetahui trafik Anda dari media sosial adalah untuk mencari yang paling banyak memberikan trafik menuju situs web Anda.

Dengan begitu Anda bisa untuk menentukan di platform mana saja Anda perlu banyak berinteraksi sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu di media sosial yang audience Anda kurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

2. Melihat Perangkat Yang Digunakan Pengunjung

Disini Anda juga bisa melihat perangkat yang digunakan pengunjung yaitu persentase pengguna Dekstop, Tablet dan mobile.

3. Melihat Persentase Pengunjung

Anda juga bisa melihat persentase pengunjung baru dan pengunjung lama yang melihat website Anda.

4. Melihat Negara Asal Pengunjung

Pada bagian Top 10 Countries, Anda bisa melihat dari negara mana saja yang mengunjugi website Anda. Untuk lebih lengkap, silahkan untuk membuka akun Google Analytics Anda.

5. Melihat Postingan atau Halaman Populer

Pada bagian Top Posts/Pages, Anda bisa melihat postingan atau halaman pada website Anda yang paling banyak dikunjungi dan dilihat oleh pengunjung. Untuk lebih lengkap, silahkan untuk membuka akun Google Analytics Anda.

Kesimpulan

Demikian cara menggunakan Google Analytics di WordPress dengan menggunakan plugin MonsterInsights.

Google Analytics memberikan Anda data riil yang bisa digunakan untuk merencanakan strategi dan langkah yang tepat mempertahankan pelanggan dan juga menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Dengan bantuan Plugin Monsterinsights, Anda dengan mudah melihat data Google Analytics langsung dari dasbor WordPress dan untuk melacak dari mana saja sumber trafik situs web Anda.

MonsterInsights adalah plugin Google Analytics paling populer untuk WordPress. Dengan MonsterInsights, Anda dapat dengan mudah menghubungkan situs WordPress Anda ke Google Analytics hanya dalam beberapa klik.

Plugin MonsterInsights membantu Anda untuk mencari tahu cara pengunjung menemukan dan menggunakan situs web Anda, sehingga Anda dapat membuat mereka kembali lagi.

Silahkan bagikan artikel panduan ini jika menurut Anda bisa bermanfaat untuk orang lain.

Jangan segan tinggalkan saran atau masukan di kolom komentar ya!


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *