Cara Mendaftarkan Tempat Usaha di Google Map (2021)

Cepat & Mudah, Cara Mendaftarkan Tempat Usaha di Google Map


Saat ini menambahkan lokasi di google maps sudah merupakan kewajiban bagi setiap pemilik tempat usaha yang ingin bisnisnya berkembang. Cara mendaftarkan tempat usaha di Google map pun sangat mudah.

Jika Anda memiliki atau mengelola bisnis, Anda dapat membuat Profil Bisnis gratis melalui Google Bisnisku yang dapat ditemukan pelanggan di Google Maps.

Untuk mendaftarkan usaha di google maps cukup mudah dan tidak butuh keterampilan khusus. Untuk memasukkan alamat di google maps, Anda hanya perlu menyiapkan alamat email Gmail, alamat lengkap, nomor telepon atau hp dan foto tempat usaha.

Jika menempatkan website Anda di halaman pertama Google dapat meningkatkan traffic ke situs web Anda, maka menambahkan lokasi usaha di Google Maps dapat meningkatkan pelanggan ke toko Anda.

Apa Itu Google Maps

Google Maps adalah salah satu layanan peta online gratis yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, sepeda, atau angkutan umum.

Google Maps dapat diakses baik melalui browser web maupun melalui perangkat smartphone.

Tidak hanya berfungsi sebagai layanan peta online, ternyata Anda juga bisa menggunakan layanan Google ini untuk bisnis Anda.

Manfaat Mendaftarkan Tempat Usaha di Google Map

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menambahkan lokasi di google maps untuk bisnis Anda, diantaranya:

1. Menjangkau lebih banyak calon pelanggan

Saat Anda menempatkan bisnis Anda di Google Maps, Anda membuka jalan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Pelanggan yang sedang mencari sesuatu, misalnya, untuk membeli kopi di area lokal, mereka akan membuka google search untuk mencari Warkop terdekat dan akhirnya menemukan bahwa bisnis Anda (kafe) hanya butuh beberapa menit dari lokasi mereka. Tanpa melakukan promosi apapun, Anda baru saja berhasil mendapatkan pelanggan baru!

2. Untuk Memudahkan Orang Menghubungi Bisnis Anda dengan Cepat

Saat orang melihat cantuman Anda di Google Maps, platform menyediakan indeks komprehensif bisnis Anda yang menyertakan nomor telepon perusahaan Anda. Dan karena sebagian besar pencarian Google Map dilakukan melalui telepon, mereka dapat menghubungi bisnis Anda hanya dengan satu ketukan.

Banyak orang menggunakan Google Maps untuk memudahkan membuat keputusan, misalnya di mana menemukan donat atau menemukan toko pakaian terdekat, platform memberi pelanggan kemampuan untuk menghubungi bisnis secara efisien, mengajukan pertanyaan, dan kemudian memutuskan untuk mengunjungi atau tidak. Ini memudahkan pelanggan untuk mengambil langkah selanjutnya dan bisnis terhubung langsung dengan calon pelanggan.

3. Meningkatkan traffic situs web

Tidak hanya itu, mendaftarkan lokasi usaha di Google Map juga dapat meningkatkan traffic situs web karena cantuman Maps akan menampilkan informasi bisnis termasuk link menuju situs web Anda.

Semakin mudah dan sering nama bisnis Anda muncul di pencarian google, sebagai sumber informasi tepercaya, semakin banyak orang akan mulai berdatangan. Bahkan jika Anda tidak memiliki toko fisik, Anda dapat memanfaatkan exposure yang disediakan Google Maps.

4. Menampilkan Bisnis Anda dengan Gambar

Pelanggan saat ini tergila-gila dengan gambar, mereka menarik representasi visual dari bisnis Anda. Dari gambar yang ditawarkan bisnis Anda hingga foto yang dibagikan oleh konsumen, Google Maps mengkurasi tampilan visual bisnis Anda sebagai cuplikan produk/layanan hingga tampilan etalase/interior. Faktanya, cantuman yang menyertakan foto menerima 42% lebih banyak permintaan arah dan 35% lebih banyak klik situs web.

5. Meningkat Kredibilitas Melalui Ulasan Pelanggan

Cara paling ampuh untuk meningkatkan kredibilitas bisnis Anda adalah melalui ulasan online, yang ditampilkan Google Maps di daftar profil. Kredibilitas pelanggan mencakup peringkat bintang, ulasan tertulis, dan gambar yang dikirimkan. Mendorong konsumen untuk meninggalkan ulasan di Google Maps memungkinkan calon pelanggan lain lebih percaya pada bisnis Anda dan memilih untuk membeli produk di tempat Anda.

Cara Mendaftarkan Tempat Usaha di Google Map

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda bisa mengakses Google maps baik melalui dekstop komputer dan juga smartphone Anda.

Cara Mendaftarkan Tempat Usaha di Google Map dikedua perangkat tersebut juga cukup cepat dan mudah.

Berikut langkah-langkah untuk mendaftarkan usaha di Google maps:

1. Buka Aplikasi Google Maps

Di android atau tablet Android Anda, masuk ke akun google Anda kemudian buka aplikasi Google Map.

2. Pilih Titik Lokasi

Cari alamat usaha di google maps, klik kanan titik lokasinya kemudian pilih tambahkan tempat atau Add a missing place.

3. Lengkapi Nama & Lokasi Tempat

Lengkapi profil bisnis Anda seperti nama bisnis, alamat lengkap, nomor telepon, URL Website. Setelah selesai klik kirim atau Send.

4. Periksa Email

Kurang lebih satu jam berikutnya periksa alamat email yang Anda daftarkan. Klik Ya, Mulai untuk melanjutkan mendaftarkan tempat usaha di Google map.

5. Tambahkan Bisnis Anda

Pada alamat bisnis yang sudah Anda tambahkan tadi. Klik kanan kemudian pilih Tambahkan bisnis Anda atau Add your business.

5. Melengkapi Profil Bisnis

Anda kemudian akan diarahkan kehalaman Google Bisnisku. Lengkapi profil bisnis Anda. Nama bisnis dan ketegori bisnis. Setelah selesai klik berikutnya.

6. Persetujuan Kunjungan Toko

Pilih Iya, Jika Anda ingin menambahkan lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan, seperti toko atau kantor.

7. Mengisi Alamat Lengkap

Tambahkan alamat lengkap tempat usaha Anda untuk bisa dikunjungi pelanggan.

8. Persetujuan Pengiriman atau Kunjungan

Pilih Iya, jika Anda menyediakan pengiriman atau kunjungan rumah dan kantor.

9. Tambahkan Area Layanan

Tambahkan area layanan bisnis tempat usaha Anda kemudian klik berikutnya.

10. Tambahkan Nomor Telepon dan Situs Web.

Tambahkan nomor telepon dan URL website jika ada, kemudian klik berikutnya.

11. Tambahkan Kontak Penerima Kartu Pos.

Tambahkan nama kontak yang akan menerima kartu pos untuk menverifikasi alamat bisnis Anda.

12. Tambahkan Jam Buka Bisnis.

Tambahkan jam buka bisnis Anda.

13. Persetujuan Menerima Pesan.

Pilih setujui dan Next jika Anda bersedia menerima pesan dari pelanggan.

14. Tambahkan deskripsi bisnis.

Berikan deskripsi yang jelas dan singkat mengenai bisnis Anda karena ini akan muncul di pencarian google.

15. Tambahkan foto bisnis.

Usahakan untuk memasukkan foto-foto dengan kualitas yang baik dengan resolusi yang tinggi.

16. Persetujuan Membuat Iklan Google Ads.

Pilih Skip jika Anda belum mau membuat iklan di google Ads.

17. Selesai.

Silahkan verikasi bisnis Anda. Selanjutnya Anda bisa mempublish situs bisnis Anda .

Anda bisa melanjutkan membuat website gratis untuk bisnis Anda. Silahkan lihat Cara Membuat Website Gratis di Google menggunakan Google Bisnisku.

Kesimpulan

Google Maps merupakan salah satu layanan gratis dari Google yang sangat bermanfaat untuk pemilik tempat usaha.

Setelah mengetahui cara mendaftarkan tempat usaha di Google Map, segera klaim untuk mengamankan tempat usaha di google maps.

Google maps tidak hanya berfungsi sebagai peta online untuk menampilkan lokasi saja, tapi juga untuk membantu menampilkan informasi bisnis Anda.

Dengan menambahkan lokasi usaha di google maps akan membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan juga meningkatkan traffic ke situs web Anda.


1 thought on “Cepat & Mudah, Cara Mendaftarkan Tempat Usaha di Google Map”

  1. Pingback: Cara Membuat Website Gratis di Google Cepat & Mudah (2021)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *