cara membuat website membership wordpress terproteksi

Cara Membuat Website Membership WordPress Terproteksi Menggunakan Plugin Memberpress


Apakah Anda ingin membuat website membership wordpress Anda terproteksi sehingga hanya bisa diakses oleh mereka telah terdaftar anggota?

Mencegah konten website untuk bisa diakses oleh banyak orang memang terdengar tidak wajar. Itu karena pada umumnya orang yang membuat dan mengelola sebuah website ingin sebanyak mungkin pengunjung melihat website mereka.

Namun, terkadang Anda bisa mendapatkan keuntungan dari memproteksi atau mencegah postingan dan halaman dari pengunjung tertentu, terutama jika Anda menjalankan website keanggotaan atau membership.

Untungnya, cara membuat website membership wordpress Anda terproteksi mudah dilakukan dengan menggunakan plugin MemberPress.

Apa itu Plugin Memberpress?

MemberPress adalah plugin membership WordPress paling powerful yang memiliki fitur bawaan untuk membuat, mengelola, dan bahkan menjual kursus dengan mudah.

MemberPress memiliki aturan kontrol akses yang kuat yang memungkinkan Anda mengonfigurasi dengan tepat siapa yang harus memiliki akses ke konten mana. Anda dapat membuat tingkat keanggotaan individu untuk kursus tertentu, tetapi Anda juga dapat membuat aturan yang lebih canggih untuk menjual bundel / paket.

Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat 7 Rekomendasi Plugin LMS WordPress Terbaik (2021) Untuk Website Membership.

Anda dapat memproteksi seluruh konten website membership WordPress Anda atau hanya memproteksi beberapa postingan dan halaman tertentu saja.

Hal ini akan memberi Anda banyak fleksibilitas dan dapat membantu Anda menyusun strategi dengan lebih efektif.

Dalam artikel ini, saya akan memberi Anda gambaran umum tentang fitur perlindungan konten MemberPress, termasuk mengapa dan bagaimana menggunakannya.

Alasan Mengapa Anda Perlu Menggunakan Fitur Perlindungan Konten di website membership WordPress Anda

Menerbitkan konten gratis sangat penting jika Anda ingin membangun keahlian dan basis pelanggan yang solid.

Namun, tentu saja Anda juga perlu memberi penghargaan kepada pelanggan yang berkomitmen dengan postingan eksklusif Anda.

Selain itu, dengan memproteksi konten tertentu, Anda juga bisa menghasilkan pendapatan pasif dengan menerbitkan e-book yang dapat diunduh atau webinar yang dapat ditonton pengunjung dari website Anda.

Menggunakan fitur perlindungan konten MemberPress dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Anda dapat menawarkan campuran materi gratis dan berbayar, memberi anggota terdaftar di website Anda akses ke konten premium untuk waktu yang terbatas, dan banyak lagi.

Misalnya, Anda mungkin ingin menawarkan e-book gratis kepada siapa saja yang berlangganan website Anda, atau webinar eksklusif kepada pengunjung yang membeli keanggotaan premium. Anda dapat mencapainya dengan menerapkan beberapa fitur perlindungan konten MemberPress.

Hal ini adalah model bisnis yang sangat baik bagi siapa saja yang menawarkan produk digital. Anda dapat menggunakan semua fungsi konten marketing dan strategi lead generation lainnya sambil tetap mempertahankan kontrol atas siapa yang memiliki akses ke e-book, artikel, video, atau gambar premium Anda.

Berikut ini adalah cara membuat website membership wordpress Anda terproteksi menggunakan fitur perlindungan plugin MemberPress.

Fitur Perlindungan Konten MemberPress (3 Cara Menggunakannya)

Mari kita lihat fitur perlindungan konten MemberPress secara lebih rinci. Anda dapat mengaksesnya dari dasbor Anda dengan menavigasi ke MemberPress > Rules.

Gulir ke bawah ke opsi di bagian Content & Access, melalui menu drop-down Protected Content. Di sini Anda dapat memilih konten apa yang ingin Anda proteksi atau batasi aksesnya. Pilihan termasuk (tetapi tidak terbatas pada):

  • Semua konten. Opsi ini akan membatasi seluruh konten website Anda. Anda dapat memberikan pengecualian untuk aturan ini (misalnya akses ke halaman pendaftaran member) dengan memasukkan ID halaman di bidang Except.
  • Kategori Postingan dan Tag postingan. Menggunakan opsi ini akan melindungi semua konten pada kategori atau tag tertentu.
  • Postingan tunggal. Aturan ini memproteksi setiap postingan, yang dapat Anda tentukan dengan memasukkan judulnya di bidang yang relevan.
  • Semua postingan. Anda dapat menggunakan opsi ini untuk memproteksi akses ke semua postingan tapi Anda tetap bisa memberikan pengecualian pada postingan yang Anda inginkan dengan memasukkan ID postingan tersebut.
  • Kustom URL. Anda juga dapat memproteksi URL tertentu di website membership WordPress Anda. Fitur ini akan sangat berguna jika Anda ingin membatasi konten seperti e-book atau dokumen.
  • Jenis Kustom Postingan. Jika Anda telah membuat jenis kustom postingan khusus apa pun di website Anda, MemberPress bisa membantu Anda memproteksinya juga.

Fitur proteksi apa pun yang dapat Anda terapkan pada postingan juga dapat digunakan untuk halaman (page). Anda dapat menggunakan kombinasi opsi di atas, tetapi perhatikan bahwa beberapa mungkin bertentangan satu sama lain.

Sekarang mari kita telusuri beberapa cara untuk memasukkan fitur proteksi ini di website Anda.

1. Menentukan Aturan Spesifik Member (Anggota)

MemberPress memungkinkan Anda memutuskan apakah Anda ingin konten Anda dapat diakses oleh tingkat keanggotaan tertentu, anggota individu, atau kombinasi keduanya.

Cara membuat website membership wordpress Anda terproteksi dengan fitur ini berguna untuk beberapa alasan berbeda.

Pertama, ini memungkinkan Anda untuk memaksimalkan pendapatan Anda dengan meningkatkan penjualan anggota. Anda dapat mendorong mereka untuk meningkatkan keanggotaan mereka untuk mendapatkan akses ke lebih banyak konten.

Ini juga memungkinkan Anda mengizinkan member atau pengunjung khusus untuk melihat konten terproteksi Anda terlepas dari status keanggotaan mereka. Ini berguna untuk memastikan tim Anda dapat melihat seluruh website Anda, memberikan akses gratis kepada orang-orang tertentu, dan banyak lagi.

2. Membuat Konten Bertahap (Drip Konten) dan Berbatas Waktu

Fungsionalitas ini berguna jika Anda ingin merilis konten secara strategis, membujuk audiens dengan penawaran terbaru, atau membuat penawaran waktu terbatas. Semua teknik ini dapat meningkatkan pendaftaran keanggotaan Anda.

Drip Konten atau Konten bertahap berarti akan tersedia atau bisa diakses setelah tindakan tertentu selesai. Jadi member atau anggota menerima konten sedikit demi sedikit, mungkin selama beberapa bulan, sampai mereka memiliki akses ke perpustakaan lengkap.

Anda dapat memilih untuk merilis dokumen, postingan, atau halaman setelah pengguna mendaftar ke website Anda, setelah mereka membeli keanggotaan tertentu, atau pada tanggal tertentu.

Anda juga dapat men-drip konten secara parsial, artinya pengunjung yang tidak terdaftar mungkin melihat tiga paragraf pertama dari sebuah postingan, tetapi harus mendaftar untuk membaca semuanya. Ini adalah strategi populer lainnya untuk mendorong mereka untuk mendaftar menjadi anggota.

Selain itu, Anda dapat menentukan jumlah hari, pekan, bulan, atau bahkan tahun konten Anda harus tersedia. Misalnya, Anda mungkin ingin menawarkan akses ke halaman tertentu selama satu bulan setelah pendaftaran. Setelah periode itu, halaman akan dibatasi, dan pengunjung akan melihat pesan yang memberi tahu mereka bahwa mereka tidak diizinkan untuk melihatnya.

3. Bereksperimen dengan Fitur Lanjutan

Terakhir, ada beberapa strategi lanjutan yang dapat Anda terapkan dengan aturan perlindungan konten. Seperti yang saya sebutkan secara singkat di atas, Anda dapat menggunakan MemberPress untuk membatasi sebagian konten.

Kode konten parsial plugin dapat membantu Anda melindungi satu paragraf, gambar, atau widget. Cukup gunakan shortcode atau snippet PHP untuk menyembunyikan bagian yang dipilih.

Jika Anda terbiasa dengan regex, Anda juga dapat membuat perlindungan untuk apa pun yang cocok dengan ekspresi Anda. Misalnya, Anda dapat melindungi direktori tertentu yang berisi konten eksklusif.

Bagaimana Menerapkan Fungsi Perlindungan Konten MemberPress

Dengan begitu banyak opsi yang tersedia, ada banyak cara Anda dapat menerapkan fungsi perlindungan konten MemberPress. Namun, proses menambahkannya kurang lebih sama, apa pun hasil yang ingin Anda capai.

Berikut adalah contoh. Katakanlah Anda ingin membatasi semua konten yang dikategorikan sebagai ‘platinum’. Pertama, buka MemberPress > Rules, lalu klik Add New:

cara membuat website membership wordpress terproteksi

Selanjutnya, buka Konten yang Dilindungi, pilih Semua Konten yang Dikategorikan dari menu drop-down, dan masukkan “platinum” di bidang di sebelahnya:

cara membuat website membership wordpress terproteksi

Di bawah Access Conditions, tentukan tingkat keanggotaan atau anggota mana yang harus memiliki izin untuk melihat konten ini.

Untuk mengatur fungsi drip (konten bertahap), gulir ke bawah ke Drip / Expiration, dan centang kotak Enable Drip. Masukkan kapan Anda ingin konten tersedia dan tindakan apa yang perlu dilakukan pengguna untuk mengaksesnya. Kemudian, klik Save Rule:

Jadi, untuk contoh ini, anggota platinum akan mendapatkan akses ke semua konten yang dikategorikan sebagai ‘platinum’ satu hari setelah mereka membeli keanggotaan Platinum mereka.

Me-redirect Pengunjung Tanpa Izin Akses

Terakhir, Anda mungkin ingin mempertimbangkan apa yang akan dilihat pengunjung tanpa akses ke area tertentu jika mereka mencoba melihat halaman tersebut. Secara default, MemberPress akan menampilkan pesan ‘unauthorized’ kepada mereka. Namun, Anda dapat menyesuaikan notifikasi ini, atau mengarahkannya ke halaman tertentu.

Untuk mengubah pengaturan ini, navigasikan ke MemberPress > Settings > Pages. Kemudian gulir ke bawah ke Unauthorized Access:

Untuk me-redirect pengunjung, pilih kotak centang Redirect unauthorized visitors to a specific URL, lalu masukkan URL dimana Anda ingin mengarahkan mereka.

Kesimpulan

Demikian cara membuat website membership wordpress Anda terproteksi menggunakan plugin memberpress.

Membatasi konten dengan MemberPress dapat berguna untuk website membership apa pun. Anda dapat menggunakan konten gratis untuk menarik prospek baru sambil tetap melindungi value postingan dan halaman eksklusif Anda.

Dalam artikel ini, saya telah memberi Anda gambaran umum tentang fitur perlindungan konten MemberPress dan menjelaskan cara menggunakannya. Sekarang, Anda seharusnya bisa memproteksi area tertentu di website Anda dan memahami bagaimana fitur ini dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Anda mungkin tertarik melihat Perbandingan LMS : Teachable Vs MemberPress. Manakah LMS Yang Terbaik?


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *