Cara Membuat Landing Page di Google Site

Cara Mudah Membuat Landing Page di Google Site (Halaman Web Gratis)


Salah satu platform digital yang paling banyak digunakan untuk melakukan penjualan produk atau jasa adalah landing page.

Namun banyak orang tidak menggunakan landing page ketika berjualan karena menurut mereka butuh keterampilan khusus dan biaya yang mahal.

Padahal mereka dapat membuat landing page dengan cepat, mudah dan gratis menggunakan pembuat landing page dari Google yaitu Google Sites.

Google site adalah salah satu tool gratis dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat landing page atau website sederhana secara cepat dan mudah.

Namun, Sebelum mempelajari Cara Membuat Landing Page di Google Site, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu landing page, apa perbedaannya dengan homepage, ada berapa jenis landing page dan apa manfaat landing page.

Apa itu Landing Page?

Landing Page adalah Halaman web mandiri yang memiliki tujuan untuk mengarahkan pengunjung melakukan tindakan tertentu seperti mendaftar, membeli atau mendownload.

Biasanya calon pelanggan akan “mendarat” di landing page ketika mereka mengklik iklan dari Facebook, Instagram, Youtube, Google, email marketing atau platform digital lainnya di internet.

Setelah pengunjung “mendarat” di landing page Anda, mereka didorong untuk mengambil tindakan, seperti bergabung dengan mengisi formulir pendaftaran Anda atau membeli produk Anda.

Jika mereka mengambil tindakan spesifik yang diinginkan, itu berarti landing page Anda telah berhasil membuat mereka berkonversi. Lebih lengkapnya silahkan baca artikel Apa Itu Landing Page? Pengertian, Fungsi, Contohnya.

Biasanya, landing page yang baik hanya mendorong pengunjungnya untuk melakukan satu tindakan saja, seperti mengisi formulir pendaftaran khusus di halaman tersebut. Mengapa?

Itu karena apa yang disebut oleh para ahli marketing sebagai “paradoks pilihan.” Secara sederhana, itu berarti bahwa semakin banyak pilihan yang Anda berikan kepada orang-orang, semakin sulit bagi mereka untuk membuat keputusan dan bertindak.

Agar mudah dipahami kita ambil contoh kasus sebagai berikut:

Anda ingin menawarkan eBook gratis. Tetapi di landing page Anda, Anda juga mendorong mereka untuk mengunjungi blog Anda dan membeli produk dan melihat akun media sosial Anda. Ketika hal tersebut Anda lakukan, kemungkinan mereka mendownload eBook baru Anda semakin kecil karena Anda telah mengalihkan perhatian mereka dari tujuan utama Anda.

Jadi terlalu banyak pilihan dapat membuat pengunjung landing page Anda kewalahan, menyebabkan mereka berhenti dan tidak mengambil tindakan sama sekali.

Inilah mengapa sangat penting untuk fokus pada satu ajakan bertindak (CTA) daripada 3 atau 4.

Inilah sebabnya mengapa landing page harus memiliki hierarki visual, tata letak dan proposisi nilai yang jelas, dan harus diuji untuk pengoptimalan konversi terbaik.

2 Jenis Landing Page

Pada umumnya Landing Page dibuat untuk melayani 1 dari 2 fungsi: Menghasilkan leads atau Mengarahkan pengunjung ke langkah berikutnya.

Landing Page Lead Generation

Juga dikenal sebagai halaman “lead gen” dan “lead capture”, jenis landing page ini berfokus pada pengumpulan data prospek. Dengan kata lain, ini mengumpulkan informasi tentang pengunjung landing page Anda.

Pada Landing Page Lead Generation, pengambilan prospek adalah formulir, yang berfungsi sebagai CTA. Sebagai imbalan atas suatu produk atau layanan, Anda meminta data kepada pengunjung seperti nama, alamat email, dan nomor telepon mereka.

Anda bahkan dapat meminta informasi yang lebih spesifik seperti rentang usia atau pekerjaan mereka.

Dengan begitu Anda dapat menghubungi prospek dan memelihara minat mereka terhadap produk atau layanan Anda.

Data ini juga memiliki tujuan lain. Informasi yang Anda kumpulkan dapat mengajari Anda tentang kontak Anda.

Anda kemudian dapat memfokuskan upaya pemasaran Anda dan menargetkan orang-orang yang cocok dengan mereka dan akibatnya lebih mungkin untuk berkonversi.

Ini dapat meningkatkan laba atas investasi (ROI), terutama jika Anda menjalankan kampanye iklan berbayar.

Dengan cara ini, data yang diambil oleh halaman pembuatan prospek membantu meningkatkan strategi pemasaran Anda dan membuatnya lebih efisien. Ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan iklan Anda dengan audiens Anda sehingga Anda tidak akan menghabiskan uang untuk beriklan kepada orang-orang yang kemungkinan besar tidak akan berkonversi.

Landing Page Penghasil Prospek (Lead Generation) merupakan aset berharga bagi bisnis Anda karena halaman tersebut memberikan wawasan tentang siapa calon pelanggan Anda serta bagaimana Anda dapat menjangkau mereka.

Jika pendayagunaan prospek adalah tujuan utama bisnis Anda—atau Anda perlu memahami audiens Anda dengan lebih baik—pertimbangkan untuk menggunakan jenis landing page ini.

Landing Page Click-through

Tidak seperti landing page lead gen, yang menggunakan formulir, titik fokus Landing Page Click-through adalah tombol ajakan bertindak atau call to action (CTA). Pengunjung yang mengklik tombol CTA tersebut akan mengarahkan ke halaman tempat mereka dapat menyelesaikan tindakan yang Anda inginkan.

Misalnya, tombol yang mengatakan “Download Sekarang” mungkin membawa pengunjung ke halaman Download, “Pesan X Sekarang” akan mengarahkan ulang ke halaman checkout, dan seterusnya.

Anda akan sering menemukan Landing Page Click-through di website e-niaga atau website lain yang lebih fokus untuk melakukan penjualan segera daripada mengumpulkan informasi pengunjung.

Selain tombol CTA, landing page ini umumnya menyertakan informasi persuasif seperti detail produk atau testimoni pengguna untuk lebih menarik dan melibatkan calon pelanggan.

Perbedaan Homepage dengan Landing Page

Ada beberapa hal yang membedakan Homepage dan Landing Page. Homepage memiliki:

Lebih banyak Link. Di homepage biasa, Anda dapat menemukan setidaknya 10 link. Sering ada menu navigasi di bagian atas, link di footer, dan banyak lagi di konten halaman. Namun, pada landing page yang dioptimalkan dengan baik, Anda biasanya akan menemukan lebih sedikit link, dan terkadang hanya satu—link yang memungkinkan pengunjung Anda berkonversi.

CTA yang lebih luas. Beranda Anda memperkenalkan brand Anda dan berfungsi sebagai hub tempat pengumjumg dapat menavigasi ke sudut lain website Anda. Karena beranda Anda memiliki begitu banyak pekerjaan yang harus dilakukan, kontennya sering kali luas dan memiliki CTA yang kurang spesifik (mis. “pelajari lebih lanjut”). Karena landing page memiliki 1 tujuan, mereka telah menyesuaikan CTA (mis. “unduh eBook gratis kami”).

Audiens dan tujuan yang berbeda. Banyak orang yang mengunjungi Homepage Anda mungkin belum memutuskan apa yang mereka inginkan. Di sisi lain, pengunjung yang berakhir di landing page Anda telah menunjukkan minat pada apa yang Anda tawarkan. Mereka telah menjelajah lebih dalam ke perjalanan pelanggan Anda dan lebih siap untuk berkonversi.

Manfaat Landing Page

Landing Page berbeda dari halaman lain di website Anda karena hanya fokus pada tujuan jangka pendek yang spesifik sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan. Selain meningkatkan konversi, meningkatkan kampanye iklan berbayar, dan menghasilkan new audience insights, Manfaat Landing Page adalah:

Meningkatkan kredibilitas Anda

Pengunjung biasanya menghargai pesan yang jelas dan sederhana yang menjelaskan nilai dari apa yang Anda tawarkan. Landing Page yang terencana dengan baik menunjukkan kepada pengunjung Anda bahwa Anda memiliki solusi terbaik untuk masalah mereka. Selain itu, landing page bermanfaat untuk memasukan testimoni dari pelanggan Anda tentang produk atau layanan Anda, yang merupakan elemen bukti sosial. Bukti sosial telah terbukti meningkatkan konversi.

Menguatkan Brand Anda.

Ini adalah hasil dari menjaga konsistensi dalam tampilan, nada, gaya, dan iklan website Anda. Memiliki brand yang jelas dan kuat memiliki beberapa manfaat. Saat pengunjung Anda tidak segera berkonversi, identitas brand yang kuat dapat membantu mereka mengingat Anda di masa mendatang, menanggapi upaya pemasaran ulang Anda, atau merekomendasikan brand Anda kepada teman-teman mereka.

Jelas, Landing page sangat penting untuk strategi pemasaran Anda. Dan semakin banyak landing page yang Anda miliki, semakin baik.

Sekarang Anda telah mengetahui apa itu landing page, apa perbedaannya dengan homepage, ada berapa jenis landing page dan apa manfaat landing page. Itu berarti Anda sudah siap membuat landing page.

Google Sites adalah pembuat landing page atau website drag and drop gratis dari Google. Anda dapat membuat website dan landing page bersama tim Anda dengan memberikan akses edit kepada mereka, sesama pengguna Google lainnya.

Kelebihan Membuat Landing Page di Google Site

cara membuat landing page di google site

Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan Google site untuk membuat landing page:

  • Gratis. Hanya dengan akun Google standar, Anda dapat membuat Google Site sebanyak yang Anda inginkan secara gratis.
  • Mudah dipahami dan digunakan. Tidak perlu penguasaan bahasa pemrograman atau coding, Anda bisa langsung membuatnya dengan hanya drag dan drop saja.
  • Kompatibel. Google Site kompatibel dengan layanan Google lainnya seperti Google Form, Dokumen, Spreadsheet, dan Slide.
  • Penyimpanan Gratis. Kapasistas penyimpanan google site adalah sebagai berikut: kuota website: 100Mb/website, Halaman per website: tidak terbatas, Ukuran lampiran maksimum: 20Mb.
  • Jaminan Keamanan. Mengenai keamanan Google Site, Anda memiliki sistem kontrol keamanan dokumen lengkap bawaan. Data Anda tetap aman dan Google memiliki komitmen untuk menghormati privasi informasi yang ditempatkan di sistem mereka.

Panduan Cara Membuat Landing Page di Google Site

Sekarang tiba saatnya kita membuat landing page di google site. Cara membuatnya silahkan ikuti panduan berikut ini:

1. Pertama, untuk membuat landing page di google site, Anda perlu masuk ke akun google Anda. Jika belum memiliki akun google, Anda harus membuatnya terlebih dahulu.

2. Setelah masuk ke akun google Anda, silahkan masukkan ke tab browser https://sites.google.com/

landing page google sites

3. Anda akan masuk ke halaman baru dan akan muncul kotak dialog dengan pemberitahuan seperti gambar dibawah ini. Cukup klik tombol “Got it

cara membuat landing page di google site

4. Kemudian klik “Start a new site (+)”

cara membuat landing page di google site

5. Setelah itu akan muncul halaman utama untuk membuat dan mendesain landing page Anda. Pada halaman ini ada beberapa bagian yang perlu Anda ketahui:

cara membuat landing page di google site
  1. Untitled Site : Untuk memasukan nama dokumen website atau landing page
  2. Kotak Bar Menu Publish : Pada bagian ini ada pilihan untuk undo, redo, preview, link publish, share with others, dan tanda Gear setting dan publish.
  3. Tab Menu utama : Disinilah memilih tool yang digunakan untuk membuat dan mendesain Landing page. Pada bagian ini terbagi menjadi 3 submenu yaitu insert, pages, themes.
  4. Title : Judul halaman Landing Page Anda.
  5. Enter Site Name : Untuk memasukan nama dari halaman website atau landing page Anda.

  1. Masukkan Judul, Silahkan ubah jenis font, ukuran, warna, yang menarik sesuai keinginan Anda. Anda bahkan juga bisa untuk memasukan gambar, header, latar belakang (backgroud) dan logo. Lihat pada kotak warna biru.

Saat Anda mengklik atau menyorot tulisan Your page title, maka akan muncul tab menu edit teks di bagian atas secara otomatis.

Kita bisa menggunakan menu ini untuk mengubah format judul halaman landing page menjadi normal text, title, heading, subheading, small.

Selain itu juga ada pilihan untuk mengubah font, ukuran, warna, untuk memasukan link, align, menghapus dan seterusnya.

Saya yakin semua fitur ini sudah umum kita dapatkan pada aplikasi populer yang sering kita gunakan seperti microsoft word, paint dan sebagainya.

Cara Menambahkan Backgroud Landing Page di Google Site

Perhatikan gambar dibawah ini. Ada pilihan Change Image dan Header type. Cukup klik Upload untuk memasukan gambar Anda sendiri atau Select image jika Anda ingin memilih gambar yang disediakan oleh google.

  1. Setelah selesai, klik tombol ‘Text box’ kemudian masukkan kalimat promosi Landing Page Anda.
cara membuat landing page di google site

landing page

8. Untuk menambahkan gambar klik tombol “Image” dan klik tombol Embed untuk memasukan link video.

cara membuat landing page di google site

9. Klik tombol Button untuk menambahkan Tombol ajakan bertindak, CTA (call to action). Masukkan Name (kalimat ajakan bertindak) dan Link kemudian klik Insert. Link yang Anda masukkan bisa berupa link menuju Formulir pendaftaran Googe Form, email, nomor whatsApp Anda atau Link Afiliasi.

cara membuat landing page di google site

10. Tombol CTA Anda sudah jadi. Cara klik tombol CTA sama seperti tombol yang berfungsi mengarahkan ke halaman lain pada umumnya.

Jadi, ketika pengunjung mengkliknya, maka google site akan mengarahkan pengunjung menuju halaman link yang telah Anda masukkan tadi.

cara membuat landing page di google site

11. Klik tanda Gear Setting untuk menambahkan Logo, Gambar Favicon dan penambahan lainnya.

cara membuat landing page di google site

12. Klik Publish disisi atas sebelah kanan kemudian masukkan nama web adress Landing Page yang Anda inginkan. Setelah selesai, klik tombol Publish dibagian bawahnya.

cara membuat landing page di google site

13. Hasil Akhirnya akan seperti gambar dibawah ini. Jika masih belum puas, Anda masih bisa mengedit dan mendesainnya sesuai keinginan Anda.

landing page google sites

Kesimpulan

Demikian cara membuat landing page di google site. Google sites merupakan pembuat landing page yang tepat bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis digital marketing.

Walaupun membuat Landing page di google site gratis dan cara membuatnya mudah, Anda tetap bisa menghasilkan landing page yang tampak elegan dan profesional dengan mendesain tata letak semenarik mungkin.

Landing Page berfungsi meningkatkan konversi, meningkatkan kampanye iklan berbayar, menghasilkan new audience insights, meningkatkan kredibilitas serta menguatkan brand Anda.

Mungkin Anda juga tertarik untuk mempelajari Cara Membuat Website Gratis di Google.

Semoga artikel ini membantu Anda membuat landing page yang menarik. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman-teman yang lain agar semakin banyak yang mengambil manfaatnya.

Silahkan tinggalkan komentar jika teman-teman ada masukan atau pertanyaan.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *