email marketing

Cara Membuat Form Email Sebelum Mendownload File di WordPress


Bagaimana cara membuat form permintaan email ketika pengunjung ingin mendownload file di website atau blog Anda? Bagaimana cara agar mereka bersedia bahkan senang memberikannya? Selamat Anda telah datang ditempat yang tepat.

Strategi Email Marketing

Salah satu strategi paling ampuh mendatangkan trafik ke website Anda adalah dengan menggunakan email marketing. Namun, Anda terlebih dahulu membutuhkan database email target market Anda sebanyak mungkin.

Anda perlu mengumpulkan list email dari pengunjung website Anda dan target market Anda. Bagaimana cara agar mereka mau memberikan alamat emailnya?

Anda terlebih dahulu memberikan sesuatu yang berharga bagi mereka sehingga mereka mau memberikan alamat emailnya.

Menggunakan Lead Magnet

Blogger, marketer, atau entrepreneur yang ingin mengumpulkan email pelanggan mereka menggunakan Lead magnet yaitu sesuatu yang berharga bagi pengunjung website seperti eBook, video tutorial, dll untuk ditukar dengan data pengunjung website tersebut.

Data ini biasanya berupa nama, email atau nomor hp(WhatsApp). Jadi, Lead Magnet ini sangat penting karena memotivasi pengunjung website untuk mendaftar atau memberikan data mereka.

Jadi pada artikel ini Anda akan belajar bagaimana cara membuat form email yang akan diisi pengungjung website atau blog Anda ketika mereka ingin mendownload file.

Kenapa Perlu Membuat Form Email untuk Mendownload File di WordPress?

Survey menunjukkan bahwa Email merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara online. Banyak pebisnis online membangun list sebagai prospek potensial yang dapat mereka tindak lanjuti untuk melakukan penjualan.

Misalnya, toko online dapat membangun list email berdasarkan minat pengunjung websitenya. Pengunjung website tersebut mungkin tidak langsung melakukan pembelian, tetapi ini memberi Anda peluang untuk melakukannya di lain waktu.

Demikian pula, jika Anda menjual kursus online, Anda dapat menawarkan kepada pengunjung website unduhan pelajaran gratis dengan syarat memberikan alamat email mereka. Dengan cara ini, Anda dapat mengirim email yang ditargetkan ke pengunjung tersebut dan meyakinkan mereka untuk membeli kursus premium Anda.

Lead magnet Anda dapat berupa e-book, software, video tutorial dan produk digital lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Form Permintaan Email Untuk Mendownload File yang Paling Cepat dan Mudah?

Cara termudah untuk mengumpulkan dan membuat daftar email adalah dengan menggunakan layanan email marketing.

Kelebihan menggunakan layanan email marketing adalah Anda tidak hanya mengumpulkan alamat email tetapi juga dapat mengirim email dengan template yang menarik, membuat segmen pelanggan, dan banyak lagi.

Layanan Email Marketing

Salah satu layanan email marketing yang cukup populer di Indonesia adalah Kirim Email. Kirim Email merupakan layanan email marketing yang juga cocok untuk bisnis kecil. Dengan menggunakan layanan mereka, Anda bisa dengan mudah mengumpulkan alamat email, mengirim email yang ditargetkan, menyegmentasikan audiens Anda, dan mengembangkan bisnis Anda.

Layanan Email Marketing Kirim Email juga berfungsi sangat baik pada WordPress, WooCommerce, dan semua plugin WordPress penting lainnya.

Catatan: Anda tetap bisa membangun list email meskipun Anda tidak ingin langsung menggunakan layanan Email Marketing. Semua metode yang akan dijelaskan di bawah ini bisa membangun list email secara manual.

Karena itu, mari kita pelajari cara membangun list email ketika pengunjung ingin mendownload file di Website Anda.

Saya akan menunjukkan beberapa metode, dan Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai untuk Anda.

1. Cara Membuat Form Permintaan Email untuk Mendownload File menggunakan OptinMonster
2. Cara Membuat Form Permintaan Email untuk Mendownload File menggunakan WPForms
3. Cara Membuat Form Permintaan Email untuk Mendownload File menggunakan MemberPress
4. Melacak Download file Anda di WordPress

1. Form Permintaan Email untuk Mendownload File di WordPress dengan OptinMonster

Metode ini adalah yang paling fleksibel, aman, dan direkomendasikan bagi pemilik website.

Cara membuat form email menggunakan OptinMonster. OptinMonster adalah salah satu software lead generation terbaik yang memudahkan Anda membangun list email menggunakan Popups yang menarik, formulir pendaftaran, banner, dan banyak lagi.

Pertama, Anda terlebih dahulu membuat akun di OptinMonster.

form permintaan email
form permintaan email

Setelah itu, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin OptinMonster di website WordPress Anda. Untuk lebih jelasnya, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara install plugin WordPress.

form permintaan email
form permintaan email

Plugin gratis ini hanyalah penghubung antara website WordPress Anda dan akun OptinMonster Anda.

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi halaman OptinMonster » Settings dan klik tombol ‘Connect existing account’.

form permintaan email
form permintaan email

Setelah itu akan memunculkan popup di mana Anda dapat masuk dan menghubungkan website WordPress Anda ke akun OptinMonster Anda.

form permintaan email

Sekarang setelah website WordPress Anda terhubung, Anda siap untuk membuat kampanye pertama Anda. Buka halaman OptinMonster » Campaigns dan klik tombol ‘Add New‘ atau ‘Create Your First Campaign‘.

form permintaan email
form permintaan email

Memilih Jenis Campaign

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis kampanye. OptinMonster menyediakan popup lightbox, floating bar, inline optins, fullscreen, slide-in, dan kampanye gamified.

Pada tutorial ini, Saya akan membuat kampanye popup lightbox. Di bawahnya, Anda dapat memilih template promosi dengan mengkliknya.

Anda kemudian akan diminta untuk memberikan nama untuk kampanye Anda. Anda dapat memasukkan nama apa pun di sini untuk mengidentifikasinya dengan mudah, lalu klik tombol ‘Start building.’

Setelah itu akan muncul antarmuka pembuat kampanye OptinMonster dengan live preview kampanye Anda di panel kanan. Anda dapat mengklik item apa pun di kampanye Anda untuk mengeditnya.

Anda juga dapat menambahkan item baru ke kampanye Anda dengan mengklik tombol Add Blocks.

Setelah Anda selesai mendesain, Anda dapat beralih ke tampilan Success. Ini adalah tampilan yang akan dilihat pengunjung website Anda ketika mereka telah mengirimkan alamat emailnya.

Ada beberapa cara pengunjung website mendownload file pada tampilan Success. Anda dapat mengedit teks dan menambahkan link ke file download.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengklik tombol Add Blocks dan kemudian menambahkan blok ‘Button’. Setelah itu, klik untuk memilih blok tombol dan beralih ke panel ‘Action’.

Dari sini, pilih ‘Go to a URL‘ di bawah setelan ‘Button Click Action‘, lalu masukkan URL download file.

Setelah selesai, jangan lupa untuk mengklik tombol Save untuk menyimpan setelan kampanye Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mengklik tab Integrations di bagian atas untuk menghubungkannya dengan penyedia layanan email Anda.

Cukup klik tombol Add New Integration dan kemudian pilih penyedia email Anda dari daftar. Ikuti petunjuk di layar untuk menyiapkannya.

Sekarang setelah semuanya disiapkan, Anda dapat beralih ke tab Publish untuk menayangkan kampanye Anda. Cukup beralih ke ‘Publish Status’ dari Draf ke Publish dengan mengkliknya.

Menyimpan Pengaturan Campaign

Jangan lupa untuk mengklik tombol Save changes untuk menyimpan pengaturan kampanye Anda dan kemudian klik tombol tutup untuk Exit dari Builder.

Setelah itu, Anda akan dialihkan kembali ke website WordPress Anda, tempat Anda dapat mengonfigurasi di mana dan kapan Anda ingin menampilkan kampanye.

Misalnya, Anda dapat menampilkannya di halaman atau postingan tertentu, pengunjung yang sudah ada, target pelanggan WooCommerce, dan banyak lagi.

Untuk tutorial ini, Saya akan menunjukkannya kepada semua pengunjung website. Setelah itu, cukup ganti status dari Pending menjadi published dan klik tombol ‘Save Changes‘ untuk meluncurkan kampanye Anda.

Sekarang Anda dapat mengunjungi website Anda di tab a new incognito untuk melihat kampanye Anda berfungsi dengan baik.

Pengunjung website Anda dapat memberikan alamat email mereka, dan setelah itu, mereka akan melihat tampilan sukses kampanye Anda disertai link untuk mendownload file.

2. Membuat Form Permintaan Email untuk Mendownload File di WordPress dengan WPForms

Metode ini cocok Anda gunakan ketika Anda ingin membuat formulir kustom dan memasukkannya ke landing page website Anda.

Cara membuat form email menggunakan WPForms. WPForms adalah plugin pembuat formulir WordPress terbaik yang memudahkan Anda membuat formulir kustom yang dapat Anda tambahkan di mana saja di website Anda.

Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat mengarahkan pengunjung website Anda ke download file setelah mengisi formulir.

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin WPForms. Untuk lebih jelasnya, lihat panduan langkah demi langkah kami tentang cara install plugin WordPress.

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi WPForms » Settings untuk memasukkan license key Anda. Anda dapat menemukan license key ini di bawah akun Anda di website WPForms.

membuat form email
membuat form email

Setelah itu, Anda dapat pergi ke WPForms » Add New untuk membuat formulir pengambilan email Anda. Pertama, berikan nama untuk formulir Anda, lalu pilih Template.

Memilih Template WPForms

WPForms menyediakan beberapa template yang umumnya digunakan. Misalnya, Anda bisa memilih formulir signup newsletter, Templat simple contact form, donation form, billing/order form dan sebagainya.

Setelah memilih templat, WPForms akan meluncurkan antarmuka pembuat formulir dengan pratinjau formulir langsung Anda di sebelah kanan.

membuat form email
membuat form email

Dari sini, Anda dapat mengklik kolom formulir apa saja untuk ditambahkan. edit, pindahkan ke atas atau bawah, atau hapus. Anda juga dapat mengklik tombol ‘Submit’ untuk mengubah teks menjadi ‘Download’.

membuat form email
membuat form email

Setelah Anda selesai mengedit formulir Anda, Anda perlu beralih ke tab Marketing untuk menghubungkannya ke penyedia layanan email Anda. Anda dapat melewati langkah ini jika Anda mengelola prospek formulir secara manual.

membuat form email
membuat form email

WPForms mendukung semua platform pemasaran email. Cukup klik pada penyedia layanan email Anda dan ikuti petunjuk di layar untuk menghubungkannya.

Setelah selesai, Anda perlu beralih ke tab Settings dan kemudian klik Confirmation. Dari sini, Anda dapat mengonfigurasi apa yang harus dilakukan ketika pengunjung website Anda mengirimkan formulir.

membuat form email
membuat form email

Anda dapat memilih untuk menampilkan pesan dengan tautan ke unduhan file. Anda juga dapat menampilkan halaman di website Anda kepada pengunjung website untuk mendownload file atau mengarahkan mereka ke URL download file.

Setelah selesai, jangan lupa untuk mengklik tombol Save di bagian atas untuk menyimpan setelan Anda.

Menambahkan Formulir ke Website Anda

WPForms membuatnya sangat mudah untuk menambahkan formulir Anda di mana saja di website Anda.

Cukup, edit posting atau halaman tempat Anda ingin menampilkan formulir. Pada layar edit posting, klik tombol (+) tambahkan blok baru dan pilih blok WPForms.

membuat form email
membuat form email

Ini akan menambahkan blok WPForms ke konten posting atau halaman Anda. Anda perlu memilih formulir yang Anda buat sebelumnya dari menu drop-down.

membuat form email
membuat form email

Anda akan melihat pratinjau langsung formulir Anda di editor konten. Anda sekarang dapat menyimpan atau mempublikasikan postingan / halaman Anda dan mengunjungi website Anda untuk melihat formulir Anda berfungsi.

membuat form email
membuat form email

Berdasarkan pengaturan Anda, ketika pengunjung website mengirimkan formulir, mereka akan mendapatkan pesan konfirmasi dengan tautan unduhan file atau diarahkan.

3. Form Permintaan Email untuk Mendownload File di WordPress dengan MemberPress

Metode ini disarankan jika Anda ingin membuat unduhan file tersedia untuk Subscriber yang sudah ada, anggota, atau member website berbayar.

Cara membuat form email menggunakan MemberPress. MemberPress adalah plugin untuk membuat website terbatas untuk member dan memungkinkan Anda dengan mudah mengontrol akses ke konten premium, unduhan file, konten khusus anggota, dan banyak lagi.

membuat form email
membuat form email

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin MemberPress. Untuk lebih jelasnya, lihat panduan langkah demi langkah kami tentang cara install plugin WordPress.

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi halaman MemberPress » Settings untuk memasukkan License Key Anda. Anda dapat menemukan informasi ini di bawah akun Anda di website MemberPress.

membuat form email
membuat form email

Selanjutnya, Anda perlu beralih ke tab ‘Payments’ dan memilih metode pembayaran untuk menerima pembayaran untuk langganan keanggotaan. Anda juga dapat membuat paket berlangganan gratis jika mau.

membuat form email
membuat form email

MemberPress mendukung PayPal dan Stripe. Anda juga dapat menggunakan Authorize.net dengan paket Plus dan Pro mereka.

Setelah memilih metode pembayaran, Anda akan diminta untuk memberikan detail akun Anda. Anda juga dapat memilih untuk menambahkan beberapa metode.

Setelah selesai, klik tombol ‘Update Options’ untuk menyimpan perubahan Anda.

Sekarang Anda siap membuat paket keanggotaan.

Cukup buka halaman MemberPress » Memberships dan klik tombol Add New.

membuat form email
membuat form email

Di layar berikutnya, Anda dapat memberi nama pada paket keanggotaan Anda dan menyetel opsi harga. Bergantung pada cara Anda ingin mengatur keanggotaan, Anda dapat memilih paket seumur hidup, kedaluwarsa, dan sebagainya.

membuat form email
membuat form email

Setelah itu, klik tombol Publish untuk membuat paket keanggotaan Anda tersedia.

Selanjutnya, Anda perlu membuat aturan akses, fungsinya untuk mengontrol bagian mana dari website Anda yang ingin Anda lindungi dan tersedia hanya untuk anggota.

membuat form email
membuat form email

Di layar berikutnya, pertama-tama Anda harus memilih konten mana yang ingin Anda batasi di bawah ‘Protected Content‘.

MemberPress Menawarkan Berbagai Macam Opsi.

Anda dapat memilih posting yang cocok dengan tag, kategori, halaman tertentu yang berada di bawah halaman induk yang sama, postingan tunggal, atau URL apa pun.

membuat form email
membuat form email

Misalnya, Saya telah memilih untuk melindungi semua konten yang diberi tag members-only.

Di bawahnya, Anda perlu memilih siapa yang akan memiliki akses ke konten yang dilindungi. Saya telah memilih siapa saja yang memiliki Membership Basic.

Setelah Anda menyiapkan aturan, jangan lupa untuk mengklik tombol Save Rule untuk menyimpan perubahan Anda.

Selanjutnya, Anda perlu membuat konten yang ingin Anda lindungi. Untuk tutorial ini, Saya ingin pengunjung dapat mendownload file.

Membuat Postingan Baru

Anda dapat membuat postingan baru di WordPress, berdasarkan pengaturan aturan, saya hanya akan menambahkan tag members-only untuk melindungi halaman ini.

membuat form email
membuat form email

Setelah itu, Anda cukup menambahkan download file Anda berupa link atau tombol download di postingan Anda.

Selanjutnya, gulir ke bawah ke kotak ‘Membership Unauthorized Access‘ dan setel ‘Unauthorized Message‘ ke custom. Setelah itu, Anda dapat menambahkan pesan khusus yang ingin Anda perlihatkan kepada pengunjung website yang belum mendaftar.

membuat form email
membuat form email

Sekarang Anda dapat menyimpan atau menerbitkan konten Anda dan mempratinjaunya di jendela browser baru menggunakan mode penyamaran. Anda akan melihat pesan kustom unauthorized accesss Anda dengan formulir login.

membuat form email
membuat form email

Menghubungkan MemberPress ke Layanan Email Anda

MemberPress bekerja dengan semua penyedia pemasaran email terbaik dan Anda dapat secara otomatis menambahkan semua anggota baru ke website Anda ke dalam daftar email Anda.

Cukup buka halaman MemberPress »Addons dan instal addon untuk penyedia email marketing Anda. Pada tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada Anda Constant Contact tetapi setelannya hampir mirip pada sebagian besar penyedia layanan email marketing.

membuat form email
membuat form email

Selanjutnya, masuk ke halaman MemberPress » Settings dan beralih ke tab Marketing. Dari sini, Anda dapat menghubungkan layanan email Anda dengan memberikan kunci API akun Anda.

membuat form email
membuat form email

Untuk detailnya, Anda perlu melihat dokumentasi MemberPress untuk penyedia layanan email Anda.

Setelah memasukkan informasi yang diperlukan, klik tombol Update Options untuk menyimpan pengaturan Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mengunjungi halaman MemberPress » Memberships dan mengedit paket keanggotaan yang Anda buat sebelumnya. Gulir ke bawah ke kotak ‘Membership Options’ dan alihkan ke tab Advanced.

membuat form email
membuat form email

Dari sini Anda dapat mencentang opsi untuk mengaktifkan checkbox pendaftaran email untuk paket keanggotaan tersebut.

Setelah itu, jangan lupa klik tombol ‘Update’ untuk menyimpan perubahan.

Sekarang ketika pengunjung website mengunjungi halaman pendaftaran, mereka akan melihat opsi untuk berlangganan ke daftar email Anda.

membuat form email
membuat form email

Melacak Download File Anda di WordPress

Sekarang Anda telah mengaktifkan persyaratan memasukkan email untuk mendownload file di WordPress, Anda juga bisa melihat bagaimana pengunjung website Anda menemukan halaman download tersebut dan berapa banyak dari mereka yang mendownloadnya.

Anda dapat melakukannya dengan menggunakan MonsterInsights. MonsterInsight adalah plugin Google Analytics terbaik di pasaran dan memungkinkan Anda melacak download file dengan mudah di WordPress.

Selengkapnya silahkan lihat panduan saya cara memasang Google Analytics di WordPress Menggunakan Plugin MonsterInsight.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda mempelajari cara mudah membangun List Email pengunjung yang mendownload file di Website WordPress Anda.

Silahkan di share jika menurut Anda panduan ini bisa bermanfaat untuk orang lain.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *