Belajar SEO Wordpress

Begini Cara Kerja Affiliate Marketing Menggunakan Blog


Sederhananya, Affiliate marketing adalah sistem bisnis dimana Anda akan mendapat komisi ketika berhasil menjual produk milik orang lain. Cara yang paling populer dan efektif menjalankan model bisnis ini adalah menggunakan blog atau website.

Namun, bagaimana cara kerja affiliate marketing dengan menggunakan blog atau website? Apakah blog dan website wajib ketika menjalankan bisnis affiliate marketing?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu media atau platform digital yang paling populer dan juga efektif menjalankan affiliate marketing adalah dengan cara menggunakan website atau blog.

Namun, seorang affiliate marketer tidak wajib memiliki blog untuk menjalankan bisnis affiliate marketing. Walaupun tidak memiliki blog atau website, affiliate marketer tetap bisa memanfaatkan platform digital lainnya untuk menjalankan bisnis affiliate marketing.

Silahkan baca artikel tentang Belajar Affiliate Marketing, Pengertian, Cara Kerja dan Strateginya.

Lalu, bagaimana cara affiliate marketer menjalankan bisnis affiliate marketing mereka jika mereka tidak memiliki website ataupun blog?

Cara Kerja Affiliate Marketing Tanpa Website atau Blog

Jika Anda tidak memiliki website atau blog untuk menjalankan affiliate marketing, Anda hanya perlu menemukan platform digital yang tepat untuk mempromosikan produk atau jasa tersebut.

Platform digital yang paling populer dan digunakan banyak orang adalah media sosial seperti facebook, instagram, tiktok dan lain sebagainya.

Anda bisa menggunakan media sosial tersebut untuk mempromosikan produk afiliasi Anda. Namun Anda perlu mengetahui di platform media sosial apa target market atau mereka yang berpotensi membeli produk afiliasi Anda berkumpul. Sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu membuat konten di media sosial yang disana tidak ada calon pelanggan Anda.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi chatting seperti facebook messenger, whatsApp, telegram, line dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan grup WhatsApp, Grup Facebook, Channel Telegram dan Channel Youtube yang Anda miliki untuk mempromosikan link referal atau link afiliasi Anda.

Jika Anda tertarik berjualan di WhatsApp silahkan mempelajari Cara Jualan di WhatsApp, Sekali Broadcast Dapat Cash!.

Ingat, sebelum membagikan link referal atau link afiliasi tersebut, karena Link-nya sangat panjang, sebaiknya Anda terlebih dahulu mempersingkatnya dengan menggunakan bitly. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungi websitenya https://bitly.com/ dan memasukkan link panjang tersebut untuk dipersingkat.

Berikut contoh link referal atau link affiliate marketing yang telah saya promosikan pada Channel Telegram, Grup WhatsApp, Channel Youtube dan Channel Telegram.

Cara Kerja Affiliate Marketing dengan Menggunakan Website atau Blog

Menggunakan Blog atau website untuk menjalankan affiliate marketing lebih memberikan peluang yang lebih besar terjadinya konversi.

Kebanyakan orang Indonesia ketika ingin membeli produk atau jasa maka mereka akan mencari tahu detail produk tersebut melalui artikel di internet. Mereka mencari ulasan mengenai produk tersebut.

Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuat artikel di website atau blog Anda yang menjelaskan secara lebih rinci dan ulasan jujur tentang produk afiliasi tersebut.

Anda kemudian dapat menambahkan link referal atau link afiliasi Anda dengan tampilan yang lebih menarik dalam artikel tersebut. Jadi pengunjung website atau blog Anda bisa langsung mengklik link tersebut.

cara kerja affiliate marketing

Lihat bagaimana saya dapat mengatur lebih leluasa tampilan link afiliasi saya jika menggunakan blog. Link afliasi yang panjang dapat dibuat lebih singkat dan menarik jika dimasukkan dalam artikel blog.

Beberapa kekurangan ketika Anda hanya menggunakan media sosial sebagai satu-satunya platform untuk menjalankan affiliate marketing adalah sebagai berikut:

  1. Tata letak desain mengikuti platform media sosial
  2. Harus dipantau setiap hari
  3. Kurang detailnya informasi karena dibatasi
  4. Postingan tertimbun postingan pengguna lain
  5. Feedback yang bohong bisa saja muncul sehingga terlihat oleh semua orang
  6. Platform media sosial mengontrol konten yang Anda terbitkan melalui kontrol syarat dan ketentuannya
  7. Sangat kompetitif

Kabar baiknya kekurangan pada media sosial yang disebutkan di atas dapat ditutupi oleh kelebihan blog yang Anda miliki yaitu:

  1. Memiliki kontrol penuh. Lebih banyak opsi terkait tampilan dan fitur.
  2. Membuat Anda terlihat lebih professional
  3. Dapat dikunjungi 24 jam sehari
  4. Informasi lebih detail
  5. Pembuatan blog atau website cukup sekali bayar saja
  6. Mendukung untuk membuat database email
  7. Mendukung untuk analisis dan pelaporan mendalam
  8. Mengenalkan brand kita ke publik dengan lebih kreatif dan unik dengan menambahkan video, ulasan pelanggan, infografis, gambar, podcast, FAQ dan sebagainya.

Kesimpulan

Anda bisa menjalankan affiliate marketing tanpa blog atau website menggunakan platform digital lain seperti media sosial populer.

Namun jika Anda tertarik untuk membuat website atau blog, Anda bisa membuat website gratis di Google. Silahkan lihat Cara Cepat & Mudah Membuat Website Gratis di Google.

Selain itu Anda juga bisa membuat landing page gratis menggunakan google sites. Pelajari Cara Membuat Landing Page di Google Sites.

Demikian artikel singkat ini. Semoga dapat memahami cara kerja affiliate marketing tanpa blog. Jangan lupa tingalkan komentar jika ada saran atau masukan untuk saya atau teman-teman yang lain.


2 thoughts on “Begini Cara Kerja Affiliate Marketing Menggunakan Blog”

  1. Pingback: Pengertian Affiliate Marketing, Cara Kerja dan Strateginya

  2. Pingback: Belajar Affiliate Marketing, Cara Kerja & Strateginya (2022)

Leave a Comment

Your email address will not be published.