cara daftar google search console

Cara Daftar Google Search Console Untuk Website WordPress


Kenapa Anda perlu belajar cara daftar google search console? Salah satu langkah terpenting dalam mengoptimalkan SEO website WordPress Anda adalah mendaftarkannya ke Google Search Console (sebelumnya dikenal Google Webmaster Tools).

Google Search Console membantu pemilik website memonitor kinerja website mereka di mesin pencarian google.

Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari cara daftar google search console dan menambahkan serta memverifikasi website WordPress Anda ke Google Search Console yang juga dikenal sebagai Alat Webmaster.

Apa itu Google Search Console?


Google Search Console adalah aplikasi gratis dari Google yang membantu pemilik website memonitor kinerja website mereka di mesin pencarian Google.

Aplikasi ini juga dapat memberikan peringatan kepada Anda jika terjadi kesalahan pada website, masalah keamanan, dan masalah pengindeksan yang dapat memengaruhi kinerja pencarian website Anda.

Jika Anda memang serius memberdayakan website Anda, maka Anda perlu mendaftarkannya ke Google Search Console sejak hari pertama Anda membuat website.

Bagaimana Cara Daftar Google Search Console

Mari kita ikuti cara cepat dan mudah menambahkan website Anda ke Google search Console.

Jika Anda menyukai belajar melalui video silahkan tonton video di bawah ini.

Namun, jika Anda lebih menyukai membaca panduan silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Membuat Akun Google Search Console

Pertama, Anda harus mengunjungi situs Google Search Console dan mengklik tombol ‘Start now’.

cara daftar google search console

Selanjutnya, Anda harus login dengan akun Google / Gmail Anda.

Setelah masuk, Anda akan diminta untuk memasukkan URL Website Anda.

Ada dua metode untuk verifikasi website: nama domain atau awalan URL. Lebih direkomendasikan metode awalan URL karena lebih fleksibel.

cara daftar google search console

Perlu diketahui bahwa Google menganggap HTTP dan HTTPS sebagai dua protokol yang berbeda. Selain itu, Google juga menganggap https://www.example.com dan https://example.com website yang berbeda.

Jadi, Anda perlu memasukkan URL website yang benar yang digunakan oleh WordPress.

Jika Anda tidak yakin, maka ada cara mudah untuk mengetahui URL yang tepat yang perlu Anda masukkan. Cukup masuk ke dashboard WordPress Anda dan klik Settings » General.

Di sana Anda akan melihat URL website Anda di kolom Site Address (URL).

cara daftar google search console

Setelah memasukkan alamat website yang benar di wizard penyiapan alat webmaster Google, klik tombol ‘Terus’ untuk masuk ke langkah berikutnya.

Sekarang, Anda akan diminta untuk memverifikasi kepemilikan website Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan itu, tetapi pada panduan ini hanya akan ditunjukkan melalui metode tag HTML karena itu adalah yang termudah.

Klik pada tag HTML untuk menampilkannya dan kemudian menyalin kode di dalamnya.

Sekarang, Anda perlu menambahkan tag meta verifikasi website Google ini di WordPress, sehingga Google dapat memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik website.

Sebagian besar tutorial WordPress akan memandu Anda untuk hanya mengedit file header.php di tema WordPress Anda dan menambahkan kode tepat di atas <body>tag.

Namun, Anda tidak direkomendasikan menggunakan metode ini karena jika Anda memperbarui atau mengubah tema Anda, maka tag HTML akan hilang.

Google secara berkala memeriksa tag HTML dan akan menonaktifkan akses Anda ke data website di konsol pencarian jika tidak dapat menemukan tag verifikasi.

Berikut adalah cara agar Google dapat menverifikasi bahwa Anda adalah pemilik website tersebut.

Menverifikasi Sebagai Pemilik Website

Bagaimana cara memberitahu google bahwa Anda adalah pemilik website tersebut? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan salah satunya melalui tag HTML yang menurut saya adalah cara yang paling mudah.

Pertama, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Insert Headers and Footers.

Klik ‘Install Now‘ setelah itu ‘Activate‘.

Untuk mengetahui cara menginstal plugin ke website WordPress Anda, silahkan baca artikel Cara Menginstal Plugin di Website WordPress

Setelah aktivasi, pada dasbor wordpress Anda, klik menu Settings » Insert Headers and Footers dan paste kode tag HTML Google yang Anda salin sebelumnya di dalam kotak ‘Scripts in Header‘.

cara daftar google search console

Jangan lupa untuk mengklik tombol ‘Save‘ untuk menyimpan perubahan Anda.

Kini Anda dapat kembali ke setelan Google Search Console dan mengeklik tombol ‘Verifikasi”.

cara daftar google search console

Google Search Console sekarang akan mencari tag HTML di kode website Anda dan akan menunjukkan pesan berhasil kepada Anda.

cara daftar google search console

Catatan: Jika Anda tidak melihat pesan sukses, maka Anda perlu menghapus cache WordPress Anda. Ini akan memastikan bahwa Google dapat mengambil versi terbaru website Anda.

Demikian. Anda telah berhasil menambahkan situs Anda ke Google Search Console (alat Webmaster). Kini Anda dapat mengeklik tautan “GO TO PROPERTY” untuk mengunjungi dasbor Google Search Console.

Dari sini Anda dapat melihat laporan kinerja situs web dan cakupan indeks Anda.

Sebelum Anda melakukan itu, mari kita beri tahu Google sedikit lebih banyak tentang situs web Anda. Ini akan membantu Google meng-crawl situs web Anda sedikit lebih efisien.

Menambahkan Sitemap XML ke Google Search Console


Sitemap XML adalah file yang mencantumkan semua konten website Anda dalam format XML, sehingga mesin pencari seperti Google dapat dengan mudah menemukan dan mengindeks konten Anda.

Cara termudah untuk menambahkan sitemap XML ke website WordPress Anda adalah dengan menginstal dan mengaktifkan plugin SEO Yoast.

Setelah aktivasi, buka SEO » General dan beralih ke tab ‘Features’. Dari sini, Anda perlu menggulir ke bawah ke opsi ‘Peta Situs XML’ dan memastikan bahwa sitemap tersebut diaktifkan.

Selanjutnya, Anda perlu mendapatkan link sitemap XML. Cukup klik ikon tanda tanya di samping opsi sitemap XML, dan Anda akan melihat link ke sitemap XML Anda.

Mengklik link akan membawa Anda ke sitemap XML Anda. Dari sana, Anda cukup menyalin URL dari bilah alamat browser Anda.

Atau, Anda dapat langsung mengakses peta situs XML Anda dengan menambahkan sitemap_index.xml di akhir alamat website Anda. Misalnya:

https://www.example.com/sitemap_index.xml

Sekarang setelah Anda menyiapkan sitemap XML, mari kita bantu Google menemukannya dengan cepat.

Cukup menuju ke dasbor Google Search Console dan klik menu Sitemap dari kolom kiri.

Setelah itu, Anda perlu menambahkan bagian terakhir dari URL sitemap Anda di bagian ‘Add new sitemap’ dan klik tombol Kirim.

Google sekarang akan menambahkan URL peta situs Anda ke Google Search Console Anda.

Demikian, Anda telah berhasil menambahkan website Anda ke Google Search Console.

Semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan dibagikan jika menurut Anda bisa bermanfaat untuk teman-teman yang lain.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *