laptop

Belajar SEO Website WordPress Untuk Pemula


Berhasil membuat website WordPress tidaklah cukup. Agar bisa terlihat dihalaman pertama mesin pencarian, Anda harus mengoptimasinya atau dikenal dengan istilah Search Engine Optimization.

Belajar SEO WordPress untuk meningkatkan SEO website wordpress Anda sangat penting untuk mendapatkan peringkat pencarian dan lebih banyak trafik ke website Anda.

Sayangnya sebagian besar panduan Belajar SEO WordPress terlalu rumit dimengerti untuk pemula.

Jika Anda serius ingin meningkatkan trafik website Anda, maka Anda perlu menggunakan panduan Belajar SEO WordPress yang tepat.

Dalam panduan ini, Anda akan mendapatkan panduan Belajar SEO WordPress yang tepat untuk membantu Anda meningkatkan SEO WordPress dan mendapatkan lebih banyak trafik organik.

Untuk mempermudah, Anda dapat melihat daftar isi untuk membantu Anda menavigasi dengan mudah panduan Belajar SEO WordPress ini.

WordPress SEO Friendly

Anda mungkin pernah mendengar para ahli SEO mengatakan bahwa WordPress ramah SEO.

Inilah sebenarnya penyebab mengapa banyak orang memilih menggunakan WordPress untuk membuat blog atau website.

Namun meskipun WordPress menggunakan kode yang ramah SEO, masih banyak lagi yang perlu Anda lakukan jika ingin memaksimalkan SEO website Anda.

Pada artikel ini, Anda akan mendapatkan panduan yang perlu Anda ikuti untuk mengoptimalkan SEO WordPress Anda dengan tepat.

1. Pendahuluan


Anda yang baru saja membuat website atau blog mungkin menganggap belajar SEO WordPress akan sangat sulit atau rumit, terutama jika Anda tidak memiliki latar belakang belajar IT atau bahasa pemrograman.

Namun jangan khawatir – tidak harus dibuat rumit. Mulailah mengikuti panduan belajar SEO wordpress ini untuk mempelajari dasar-dasarnya, lalu Anda akan menyadari bahwa menerapkan panduan belajar SEOwordpress ini ke website WordPress Anda tidak serumit yang Anda kira.

2. Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah strategi yang digunakan oleh pemilik website untuk mendapatkan lebih banyak trafik dan peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

Pengoptimalan mesin pencari bukan berarti Anda menipu Google atau mempermainkan sistem. SEO hanyalah strategi membuat website Anda memiliki kode dan pemformatan yang dioptimalkan sehingga memudahkan mesin pencari menemukan website Anda.

Saat orang-orang mencari informasi yang ternyata berkaitan dengan topik yang Anda tulis, konten Anda yang telah menerapkan SEO akan muncul pertama kali di hasil penelusuran, sehingga berpeluang lebih banyak orang yang meng-klik website Anda.

3. Mengapa Bejar SEO WordPress itu penting?


Mesin pencari merupakan sumber trafik terbesar pada sebagian besar website.

Google dan mesin pencari lainnya menggunakan algoritma untuk memahami dan memberi peringkat sebuah website dengan tepat dalam hasil penelusuran. Namun, algoritma tersebut tidak sempurna – algoritma tersebut masih membutuhkan bantuan Anda untuk memahami konten website Anda.

Jika konten Anda tidak dioptimalkan, mesin pencari tidak akan tahu cara memberi peringkat website Anda. Saat orang-orang mencari informasi yang berkaitan dengan topik yang Anda tulis, website Anda tidak akan muncul di hasil penelusuran sehingga Anda akan kehilangan trafik yang seharusnya Anda dapatkan.

Jadi tidak perlu diragukan lagi bahwa belajar SEO wordpress sangatlah penting dan tidak boleh diabaikan oleh semua pemilik bisnis karena dengan menerapkan SEO WodPress dapat membuat website mereka ramah dengan mesin pencari, sehingga mereka dapat memaksimalkan trafik pencarian website mereka.

Kembali ke Daftar Isi ^

4. Dasar-dasar SEO WordPress


Belajar SEO WordPress bisa bersifat teknis, tetapi tidak selalu begitu. Hanya dengan mempelajari beberapa tips SEO dasar untuk mengoptimalkan website Anda, dapat meningkatkan trafik website Anda secara signifikan.

Anda tidak perlu menjadi jenius teknologi untuk mengikuti panduan SEO ini. Jika Anda sudah menggunakan WordPress, Anda sudah memiliki apa yang diperlukan!

Mari kita mulai mengoptimalkan website Anda.

1. Periksa Pengaturan Visibilitas Website Anda


WordPress hadir dengan opsi bawaan untuk menyembunyikan website Anda dari mesin pencari. Tujuan opsi ini adalah memberi Anda waktu untuk mengerjakan website Anda sebelum siap untuk go public.

Namun, terkadang opsi ini secara tidak sengaja membuat website Anda tidak tersedia untuk mesin pencari.

Jika website Anda tidak muncul di hasil pencarian, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa opsi ini tidak dicentang.

Cukup masuk ke dasbor website WordPress Anda dan klik pada menu Settings » Reading.

Anda perlu menggulir ke bawah ke bagian ‘Search Engine Visibility‘ dan memastikan bahwa kotak di samping ‘Discourage search engines from indexing this site‘ tidak dicentang.

Jangan lupa untuk mengklik tombol ‘Save Changes’ untuk menyimpan perubahan Anda.

2. Menggunakan Struktur URL Ramah SEO di WordPress


URL yang sesuai untuk SEO berisi kata-kata yang menjelaskan isi konten dengan jelas dan mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari.

Beberapa contoh URL ramah SEO misalnya:

https://rachmatramadhan.com/cara-daftar-google-search-console/

https://rachmatramadhan.com/cara-menggunakan-google-analytics-di-wordpress/

Perhatikan bahwa URL diatas dapat dibaca dan pembaca dapat menebak apa yang akan mereka lihat di halaman website tersebut hanya dengan melihat teks URLnya.

Jadi, seperti apa tampilan URL yang tidak ramah SEO?

https://www.rachmatramadhan.com/?p=60241

https://rachmatramadhan.com/archives/123

Perhatikan bahwa URL diatas menggunakan nomor yang tidak terkait dengan konten, dan pembaca tidak dapat menebak apa yang akan mereka temukan di halaman website tersebut dengan melihat URLnya.

Menggunakan struktur permalink ramah SEO meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam hasil pencarian.

Berikut ini cara memeriksa dan memperbarui struktur permalink website WordPress Anda.

Anda perlu mengunjungi menu Settings » Permalinks. Pilih opsi Post name dan kemudian klik tombol ‘Save Changes‘ untuk menyimpan pengaturan Anda.

Catatan: Jika website Anda telah berjalan selama lebih dari 6 bulan, jangan mengubah struktur permalink Anda kecuali Anda menggunakan opsi angka. Jika Anda menggunakan Hari dan Nama atau Bulan dan Nama, terus gunakan itu.

Dengan mengubah struktur permalink Anda di website yang sudah berjalan lama, Anda akan kehilangan semua trafik berbagi di media sosial Anda sebelumnya dan berisiko kehilangan peringkat SEO yang sudah ada.

Jika Anda terpaksa harus mengubah struktur permalink Anda, maka pekerjakan seorang profesional, sehingga mereka dapat mengatur pengalihan yang tepat. Meskipun Anda akan tetap kehilangan trafik berbagi di media sosial Anda.

3. Plugin SEO WordPress Terbaik


Salah satu kelebihan website WordPress adalah adanya plugin untuk semuanya, termasuk SEO. Namun, ada ribuan plugin WordPress SEO yang mungkin bisa mempersulit pemula untuk memilih plugin mana yang merupakan plugin WordPress SEO yang tepat.

Pada panduan ini Anda akan dibantu memilih plugin SEO WordPress terbaik yang melakukan semuanya sekaligus, dan 100% gratis.

Memilih Plugin SEO WordPress Terbaik

Dalam hal memilih plugin SEO WordPress terbaik, Ada dua pilihan terbaik dan paling populer yaitu All in One SEO (AIOSEO) dan Yoast SEO.

Hingga saat ini AIOSEO sudah digunakan di lebih dari 2 juta website sedangkan Yoast SEO sudah digunakan di lebih dari 5 juta website.

belajar seo wordpress

4. Menambahkan Sitemap di WordPress

Sitemap XML atau Peta Situs XML adalah file yang diformat khusus yang mencantumkan setiap halaman di website Anda. Hal ini akan memudahkan mesin pencari untuk menemukan semua konten Anda.

Menambahkan sitemap XML memang tidak meningkatkan peringkat pencarian website Anda, Namun hal tersebut akan membantu mesin pencari menemukan halaman website Anda dengan cepat dan bisa memberikannya peringkat.

Jika Anda menggunakan plugin AIOSEO, maka akan secara otomatis membuat peta situs XML untuk Anda. Untuk menemukan peta situs Anda, cukup buka URL ini (jangan lupa untuk mengganti contoh.com dengan nama domain Anda sendiri):

https://contoh.com/sitemap_index.xml

Kembali ke Daftar Isi ^

5. Mendaftarkan Website ke Google Search Console

Google Search Console, juga dikenal sebagai Webmaster Tools, adalah alat yang diberikan oleh Google untuk membantu pemilik website melihat bagaimana konten mereka dilihat oleh mesin pencari.

Google Search Console menyediakan laporan dan data untuk membantu Anda memahami bagaimana halaman Anda muncul di hasil pencarian. Anda juga bisa melihat istilah pencarian aktual yang digunakan orang untuk menemukan website Anda, bagaimana setiap halaman muncul di hasil pencarian, dan seberapa sering halaman Anda diklik.

Semua informasi ini membantu Anda mengetahui konten apa yang menarik di website Anda dan apa yang tidak. Anda kemudian dapat menggunakan data tersebut untuk merencanakan strategi dan membuat konten yang tepat.

Google Search Console juga akan memberikan peringatan kepada Anda jika ada yang salah dengan website Anda, seperti saat crawler penelusuran tidak dapat mengaksesnya, menemukan konten duplikat, atau ukuran gambar terlalu besar dan sebagainya.

Anda dapat mengikuti panduan langkah demi langkah tentang Cara Mendaftarkan Website WordPress Anda ke Google Search Console.

Setelah mendaftarkan website Anda ke Google Search Console, klik Sitemap dari menu sebelah kiri lalu tempelkan bagian terakhir URL sitemap.

belajar seo wordpress

Klik ‘Submit‘ untuk menyimpan perubahan Anda.

Google Search Console akan segera memeriksa sitemap Anda dan menggunakannya untuk meningkatkan crawling website Anda.

Setelah Anda berhasil mendaftarkan sitemap Anda, sitemap tersebut akan muncul sebagai tertunda. Google membutuhkan waktu untuk meng-crawl website Anda. Setelah beberapa jam, Anda baru dapat melihat beberapa statistik peta website Anda. Data tersebut akan menunjukkan kepada Anda jumlah link yang ditemukan dalam peta situs Anda, berapa banyak dari mereka yang terindeks, rasio gambar dan halaman website, dll.

Sebaiknya Anda memeriksa Search Console setidaknya setiap bulan untuk mengumpulkan insight dan melihat perkembangan SEO website Anda.

6. Mengoptimalkan Postingan Website Anda dengan SEO


Beberapa orang terkadang masih membuat kesalahan dengan menganggap bahwa menginstal dan mengaktifkan plugin SEO WordPress sudah cukup.

Anggapan tersebut sangat keliru karena SEO adalah proses berkelanjutan yang Anda perlu tetap perbarui secara rutin jika ingin melihat hasil yang maksimal.

Plugin SEO yang direkomendasikan sebelumnya yaitu AIOSEO dan Yoast SEO memungkinkan Anda untuk menambahkan judul, deskripsi, dan fokus keyword ke setiap postingan blog dan halaman. Plugin SEO Ini juga dapat menunjukkan kepada Anda pratinjau apa yang akan dilihat orang saat mereka Google website Anda.

Anda disarankan untuk mengoptimalkan judul dan deskripsi postingan Anda untuk mendapatkan klik sebanyak-banyaknya.

Saat menulis postingan website Anda, cukup gulir ke bawah ke bagian SEO dan isi semuanya.

belajar seo wordpress

7. Melakukan Penelitian Keyword untuk Website Anda


Banyak pemula hanya menebak-nebak topik apa yang banyak dicari orang dan apa yang harus mereka posting ke website mereka.

Perumpamaan mereka seperti menembak panah dalam keadaan gelap. Padahal Anda tidak perlu melakukan hal tersebut karena Anda ternyata bisa menggunakan data yang nyata untuk mencari tahu apa yang dicari orang.

Penelitian keyword adalah teknik penelitian yang digunakan oleh pembuat konten dan pakar SEO. Teknik ini membantu Anda untuk menemukan kata-kata yang dimasukkan orang ke mesin pencari untuk menemukan informasi, produk, dan layanan yang berkaitan dengan konten Anda.

Anda kemudian dapat memasukkan kata-kata dan frasa tersebut ke website Anda untuk mendapatkan lebih banyak trafik pencarian.

Ada banyak alat penelitian keyword (gratis maupun berbayar) yang dapat Anda gunakan. Misalnya Anda bisa menggunakan SEMRush, tool ini membantu Anda menemukan keyword yang sering dimasukkan orang ke mesin pencari.

8. Praktik SEO WordPress Yang Tepat


Jika Anda telah mengikuti dasar-dasar SEO WordPress dan menggunakan plugin SEO WordPress terbaik, maka Anda sudah berada di depan sebagian besar website yang tersebar di internet.

Namun jika Anda menginginkan hasil yang lebih baik, maka Anda perlu mengikuti praktik SEO WordPress lanjutan di bawah ini.

Panduan lanjutan ini tidak terlalu teknis dan sebagian besar bahkan tidak mengharuskan Anda untuk menggunakan kode apa pun. Tetapi dengan mengikuti panduan ini akan membuat perbedaan besar.

9. Menggunakan Kategori dan Tag dengan Benar di WordPress

WordPress memungkinkan Anda untuk mengurutkan postingan website Anda ke dalam kategori dan tag. Fitur ini memudahkan Anda mengelola konten berdasarkan topik, dan agar orang mudah menemukan konten yang mereka cari.

Kategori dan tag juga membantu mesin pencari memahami struktur dan konten website Anda.

Seringkali pemula bingung bagaimana cara yang tepat menggunakan kategori dan tag. Berikut cara yang tepat ketika membuat kategori dan tag.

belajar seo wordpress
belajar seo wordpress

Misalnya, di Website dengan topik Teknologi, Anda dapat memiliki kategori seperti Review, Tips, Berita, Game, Tutorial, dll. Kategori bersifat hirarkis, sehingga Anda dapat menambahkan sub kategori ke dalamnya. Misalnya ketegori Review sub kategorinya Gadget.

Sedangkan Tag adalah keyword yang lebih spesifik yang menjelaskan konten postingan individual. Misalnya, postingan website dengan kategori Review dapat memiliki tag seperti apple, Iphone, Iphone 11 pro, dll.

Dengan menggunakan kategori dan tag dengan benar, Anda memudahkan pembaca untuk menelusuri website Anda. Karena mudah bagi pembaca, itu juga memudahkan mesin pencari untuk menelusuri website Anda.

Kembali ke Daftar Isi ^

Mesin pencari memberikan setiap halaman di website Anda skor (page authority). Formula skor ini dirahasiakan sehingga orang tidak dapat memainkan hasilnya. Namun, indikasi berpengaruh yang umum diketahui adalah link atau tautan.

Inilah sebabnya mengapa penting bagi Anda untuk menautkan ke konten Anda sendiri dari postingan dan halaman website Anda yang lain.

Anda harus menjadikannya kebiasaan untuk saling menautkan postingan Anda sendiri jika memungkinkan. Jika Anda memiliki banyak penulis, maka buat daftar periksa postingan website pra-publikasi yang mengharuskan mereka untuk saling menautkan setidaknya 3 postingan website lainnya.

Hal ini akan membantu Anda meningkatkan jumlah halaman yang dilihat pada website Anda, Menambah waktu yang dihabiskan pembaca di website Anda, dan pada akhirnya akan meningkatkan skor SEO dari postingan dan halaman website Anda.

11. Optimalkan Komentar di Website

Komentar dapat menjadi indikasi kuat keterlibatan pengunjung di website Anda. Pengunjung yang terlibat membagikan lebih banyak link menuju website Anda, lebih banyak trafik, dan SEO meningkat.

Namun, Anda perlu memastikan bahwa komentar tersebut asli dan bukan spam. Spammer mengirimkan komentar dengan link yang dapat mempengaruhi dan bahkan merusak peringkat pencarian Anda.

Inilah sebabnya Anda direkomendasikan untuk menggunakan plugin Akismet. Plugin ini adalah salah satu dari dua plugin yang terinstal secara otomatis pada setiap website WordPress, dan itu membantu Anda menghalau komentar spam.

Selain menggunakan Akismet berikut beberapa tips tambahan dan alat untuk menghalau komentar spam di WordPress.

Jika postingan website Anda mendatangkan banyak komentar asli dan bukan spam, maka Anda patut bersyukur karena itu artinya Anda telah membuat website yang menarik!

Namun, terlalu banyak komentar pada postingan juga dapat membuatnya memuat lebih lambat yang juga mempengaruhi peringkat website Anda di mesin pencari.

Untuk membuat website Anda dapat menangani banyaknya komentar masuk yang membebani server dan kecepatan website Anda, Anda dapat membagi komentar tersebut menjadi beberapa halaman.

Seperti disebutkan di atas, link atau tautan membantu mesin pencari memilih halaman mana yang penting. Ketika Anda memberikan link menuju website tertentu, Anda memberikan beberapa skor SEO website Anda ke link itu. Skor SEO ini disebut “link juice.”

Untuk memperoleh peringkat pencarian yang baik, Anda perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan lebih banyak ‘link juice’ dari website lain daripada yang Anda berikan.

Menambahkan atribut “nofollow” ke tautan eksternal (tautan ke website yang bukan milik Anda) menginstruksikan mesin pencari untuk tidak mengikuti tautan tersebut. Ini membantu Anda menyimpan ‘link juice.’

Link eksternal normal terlihat seperti ini dalam HTML:

<a href="https://contoh.com">Contoh Website</a>

Link eksternal dengan pengaturan nofollow terlihat seperti ini:

<a href="https://contoh.com" rel="nofollow">Contoh Website</a>

Secara default, WordPress tidak menyediakan opsi untuk membuat tautan nofollow. Namun, jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO, ada fitur untuk itu.

Ketika Anda menambahkan tautan, cukup klik opsi Tambahkan “nofollow” ke tautan.

belajar seo wordpress
belajar seo wordpress

13. Postingan Lengkap vs Ringkasan atau Kutipan

WordPress menampilkan dan menautkan ke postingan Anda dari sejumlah halaman seperti halaman beranda, arsip kategori, arsip tag, arsip tanggal, halaman penulis, dll.

Secara default, WordPress akan menampilkan konten artikel lengkap di semua halaman tersebut. Hal ini akan mempengaruhi SEO website Anda, karena mesin pencari menganggap itu sebagai konten duplikat. Artikel lengkap juga mengakibatkan halaman arsip Anda diakses lebih lambat.

Menampilkan artikel lengkap juga memengaruhi jumlah halaman yang dilihat pada website Anda. Misalnya, Mereka yang berlangganan RSS feed dapat membaca artikel lengkap di feed reader mereka tanpa perlu mengunjungi website Anda.

Untuk mensiasatinya, Anda hanya perlu menampilkan ringkasan atau kutipan daripada artikel lengkap.

Anda dapat melakukan ini dengan masuk dasbor WordPress kemudian plih menu Settings » Reading and centang Summary.

belajar seo wordpress

Kembali ke Daftar Isi ^

14. Kecepatan dan Keamanan untuk SEO WordPress

Perlu Anda ketahui bahwa walaupun Anda telah mengikuti semua tips dan praktik SEO WordPress di atas, jika website Anda lambat atau diretas, peringkat website Anda di mesin pencari akan tetap turun drastis.

Berikut cara mencegah website Anda kehilangan trafik mesin pencari karena kinerja yang lambat atau keamanan lax.

Optimalkan Kecepatan dan Kinerja Website Anda

Pengunjung website akan memutuskan apakah mereka tetap tinggal atau meninggalkan website tersebut hanya dalam beberapa detik.

Itu berarti Anda sebagai pemilik website harus bisa menyajkan konten yang menarik perhatian pengunjung agar betah di website Anda dalam beberapa detik tersebut.

Pengunjung tidak akan membuang-buang waktu berharga mereka untuk menunggu website Anda selesai dimuat.

Mesin pencari seperti Google sekarang memberi peringkat website yang lebih cepat lebih tinggi daripada website yang lambat.

Mengoptimalkan Gambar di WordPress untuk SEO

Gambar memang lebih menarik daripada teks tetapi gambar juga membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat. Jika Anda tidak berhati-hati memilih ukuran dan kualitas gambar, maka gambat tersebut dapat memperlambat website Anda.

Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan gambar yang dioptimalkan untuk memuat lebih cepat.

Trik lain yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan gambar Anda untuk mesin pencari adalah dengan menggunakan judul deskriptif dan Alt Text. Text ini membantu mesin pencari memahami tentang gambar Anda. Mereka juga membantu pengguna dengan gangguan penglihatan karena pembaca layar mereka dapat membaca Alt Text kepada mereka.

WordPress memungkinkan Anda untuk dengan mudah menambahkan judul dan Alt Text ketika Anda mengunggah gambar.

Jika Anda menggunakan plugin Yoast SEO seperti saya, Anda akan direkomendasikan memasukkan kata kunci fokus Anda pada gambar yang Anda unggah pada postingan website atau blog Anda.

Jika Anda seorang fotografer dan perlu menambahkan banyak gambar ke website WordPress Anda, maka Anda perlu menggunakan plugin galeri seperti Envira Gallery.

15. Keamanan dan Keamanan Website WordPress Anda

Setiap pekan, Google memasukkan 20.000 website kedaftar hitam untuk malware dan sekitar 50.000 untuk phishing. Saat website masuk daftar hitam, website tidak akan muncul di hasil pencarian sama sekali.

Ini berarti bahwa keamanan website WordPress Anda sangat penting untuk peringkat yang baik. Anda tentunya tidak ingin semua kerja keras Anda dengan SEO sia-sia jika website Anda diretas.

Kabar baiknya adalah tidak sulit untuk menjaga dan meningkatkan keamanan website WordPress Anda. Silahkan baca artikel Cara Meningkatkan Keamanan Website WordPress Anda.

16. Gunakan SSL/HTTPS

SSL (Secure Sockets Layer) adalah teknologi yang mengenkripsi koneksi yang menghubungkan browser pengguna internet dengan server. Ini menambahkan lapisan keamanan tambahan ke website WordPress Anda.

Webiste yang diamankan dengan SSL ditunjukkan dengan tanda gembok di bilah alamat browser. Ini membuat website Anda lebih dapat dipercaya, dan diperlukan jika Anda menjalankan toko online dengan WordPress dan memproses informasi pembayaran yang sifatnya sangat sensitif.

Sudah banyak layanan hosting memberikan sertifikat SSL gratis dengan Let’s Encrypt diantaranya Niagahoster.co.id. yang saya juga gunakan.

Demikian Panduan SEO Website WordPress untuk pemula. Semoga bermanfaat.

Silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bisa bermanfaat untuk orang lain.

Kembali ke Daftar Isi ^


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *