belajar affiliate marketing

Belajar Affiliate Marketing, Pengertian, Cara Kerja dan Strateginya (2021)


Kenapa Perlu Belajar Affiliate Marketing?

Jika Anda seorang pemula yang ingin memulai bisnis online atau sedang mencari cara mendapatkan penghasilan melalui internet yang minim resiko kerugian dan tidak memerlukan keterampilan khusus untuk memulai bisnis online tersebut, maka affiliate marketing adalah diantara salah satu solusinya.

Cukup dengan smartphone dan juga bisa mengakses internet maka Anda sudah bisa memulai bisnis online affiliate marketing.

Ya. Tidak perlu repot untuk membuat produk dan memikirkan jasa yang bisa Anda tawarkan kepada orang lain. Anda cukup mempromosikan produk atau jasa milik orang lain.

Kelihatan mudah kan? Tapi kenyataannya tidak seperti itu. Anda tetap harus belajar strategi yang tepat untuk bisa menjangkau mereka yang membutuhkan atau memerlukan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Sebelum masuk lebih dalam tentang cara kerja affiliate marketing, contoh dan strateginya, terlebih dahulu kita perlu memahami tentang pengertian affiliate marketing itu sendiri.

Memahami tentang affiliate marketing dengan pemahaman yang benar sangat penting karena membantu kita mudah mengatur strategi dan kreatif menjalankan model bisnis online yang satu ini.

Apa yang dimaksud Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah proses mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk atau jasa milik orang lain.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada affiliate marketing, Anda tidak membuat produk atau jasa.

Anda hanya mempromosikan produk atau jasa milik orang lain. Disini posisi Anda disebut sebagai affiliate marketer.

Produk atau jasa yang Anda promosikan disebut produk afiliasi.

Selain disebut bisnis affiliate marketing, di Indonesia juga sering disebut dengan istilah bisnis afiliasi.

Biasanya pemilik produk atau jasa sudah menyiapkan segala bahan yang Anda perlukan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka seperti Copywriting, banner, testimoni, foto, video dan lain sebagainya.

Namun, Anda juga perlu kreatif untuk membuat konten sendiri agar orang-orang yang telah Anda targetkan sebelumnya tertarik untuk membeli produk atau jasa tersebut melalui Anda.

Produk Afiliasi

Produk afiliasi yang Anda promosikan bisa berupa produk fisik maupun produk digital. Apa itu produk fisik? Produk yang bisa Anda sentuh di dunia nyata dan mengambil manfaat darinya.

Contoh produk fisik seperti barang elektronik, pakaian, buku, peralatan dapur dan lain sebagainya.

Apa itu produk digital? Produk yang tidak bisa Anda sentuh di dunia nyata tapi Anda bisa tetap mengambil manfaat darinya.

Contoh produk digital seperti ebook, e-course, software dan lain sebagainya.

Bagaimana Anda bisa mendapatkan Keuntungan dari Affiliate Marketing?

Anda akan mendapatkan komisi dan menghasilkan uang ketika ada orang yang membeli produk afiliasi yang Anda telah promosikan dan diketahui oleh pemilik produk atau jasa bahwa mereka membeli produk tersebut melalui perantara Anda.

Bagaimana Pemilik Produk atau Jasa Mengetahui Bahwa Anda yang Berhasil Menjual Produk atau Jasa Mereka?

Ketika Anda mendaftar program affiliate marketing, Anda akan diberikan sebuah tautan atau link khusus yang disebut link afiliasi atau link referal.

Saat link afiliasi atau link referal ini di klik akan mengarahkan pada halaman untuk membeli produk atau jasa mereka.

Halaman ini disebut landing page. Disinilah calon pelanggan Anda ‘Mendarat’ sebelum membeli produk yang Anda promosikan. Baca artikel tetang Apa itu Landing Page, Contoh dan Cara Membuatnya.

Jadi mereka bisa mengetahui siapa yang berhasil menjual produk atau jasa mereka dengan menggunakan aplikasi pada website atau landing page yang memungkinkan mereka melihat link afiliasi atau link referal yang digunakan pembeli.

Manfaat Affiliate Marketing

Bisnis online affiliate marketing atau bisnis afiliasi ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi semua pihak yang terlibat. Tidak hanya bermanfaat bagi pemilik produk dan affiliate marketer tetapi juga pembeli.

Pemilik produk atau jasa mendapat manfaat affiliate marketing karena memudahkan mereka untuk menjual produk dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Bagi Affiliate Marketer mendapat manfaat dari affiliate marketing karena tetap bisa mendapatkan penghasilan atau menghasilkan uang walaupun tidak memiliki produk atau jasa milik sendiri.

Sedangkan pembeli mendapat manfaat dari affiliate marketing karena memudahkan mereka menemukan produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Jadi semua pihak diuntungkan bukan?

Namun, ini juga sebagai peringatan kepada Affiliate Marketer bahwa mereka harus mengetahui manfaat produk atau jasa yang mereka promosikan.

Sebagai Affiliate Marketer, Anda harus teliti memilik produk afiliasi. Pastikan produk itu halal dan juga bermanfaat bagi pembelinya.

Untuk lebih jelasnya mengenai bisnis afiliasi ini, silahkan tonton video dibawah ini.

Dia adalah Dewa Eka Prayoga yang beberapa kali telah memenangkan kontes affiliate marketing.

Melalui kelas online yang dia bina, saya banyak mengetahui seluk beluk affiliate marketing dan strateginya.

Contoh Affiliate Marketing atau Bisnis Afiliasi di Indonesia


Di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang menawarkan program affiliate marketing atau bisnis afiliasi seperti ini.

Contoh penerapan model bisnis affiliate marketing di Indonesia Anda bisa lihat pada program bisnis afiliasi yang ditawarkan oleh marketplace populer seperti Lazada, Blibli dan Zalora seperti gambar di bawah ini.

Untuk mengikuti dan menjalankan bisnis afiliasi dari marketplace tersebut, Anda perlu mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu di website resmi mereka. Setelah disetujui Anda akan diberikan link afiliasi atau link referal.

Namun terkadang ada juga perusahaan atau bisnis yang menggunakan pihak ketiga untuk menyeleksi dan memilih orang-orang yang akan bergabung dengan program affiliate marketing perusahaan mereka.

Program Affiliate Marketing Lazada

affiliate marketing

Program Affiliate Marketing Blibli.com

affiliate marketing

Affiliate Marketing Zalora


Namun, Sebelum mendaftarkan diri pada program bisnis afiliasi, mari kita pelajari terlebih dahulu langkah awal dan strateginya agar bisa sukses menjadi affiliate marketer yang menghasilkan.

Kabar baiknya, dua affiliate marketer senior yang telah berhasil meraih jutaan rupiah dan berulang kali memenangkan kontes affiliate marketing yakni kang Dewa Eka Prayoga dan mas Andrie Andropia membagikan tips dan strateginya.

Anda bisa langsung Belajar Affiliate Marketing dengan mengikuti kelas online yang mereka yaitu Monster Affiliate.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai affiliate marketing ini.

Bagaimana Cara Menjadi Affiliate Marketer?

belajar affiliate marketing

Pertama-tama Anda harus mendaftar ke website perusahaan yang membuka program affiliate marketing. Setelah mendaftar dan diterima, Anda akan diberikan akses untuk membuat akun khusus affiliate marketer perusahaan tersebut.

Cara membuat akun affiliate marketer ini cukup mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengikuti panduan atau intruksi cara membuat akun yang diberikan kepada Anda setelah pendaftaran Anda diterima.

Setelah akun Anda jadi, Anda sudah memiliki akses untuk memakai link afiliasi dan bahan yang Anda butuhkan dalam menjalankan affiliate marketing.

Pada dasbor akun affiliate marketer tersebut berisi link afiliasi atau link referal, banner, copywriting, testimoni, foto, video dan lain sebagainya.

Anda juga bisa memantau jumlah klik link dan melihat komisi yang berhasil Anda dapatkan melalui dasbor ini.

Untuk memastikan link afiliasi atau link referal Anda berfungsi, coba copy paste link tersebut di browser dalam mode privasi atau incognito.

Jika link referal Anda sudah berfungsi, tugas Anda selanjutnya adalah menyebar link referal tersebut ke berbagai platform digital yang Anda miliki yang bisa menjangkau target market Anda.

Target market Anda adalah mereka yang membutuhkan serta berpotensi membeli produk afiliasi tersebut.

Strategi Affilite Marketing

  1. Usahakan Memilih produk yang Best Seller. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan filter pada marketplace untuk memastikan produk tersebut benar-benar best seller.
  2. Memilih produk dengan harga paling terjangkau. Anda juga bisa menggunakan filter pada marketplace untuk memastikan produk paling terjangkau diantara produk best seller tersebut.
  3. Persingkat link afiliasi dengan bitly. Link afiliasi atau Link referal pada umumnya sangat panjang tapi Anda bisa menyingkatnya di situs bitly.com
  4. Rekomendasikan produk atau jasa tersebut pada grup whatsApp, telegram, facebook yang Anda miliki
  5. Jangan mengirim spam atau pesan sampah kepada orang lain
  6. Ketika ada orang atau teman yang bertanya mengenai barang atau jasa tertentu, segera kirimkan link afiliasi yang mengarahkan pada produk atau jasa tersebut.

Selain strategi diatas, diantara strategi paling efektif yang dilakukan affiliate marketer adalah dengan membuat blog.

Kenapa affiliate marketing membutuhkan blog atau website? Apa kelebihannya? Silahkan baca artikel Cara Kerja Affiliate Marketing Dengan Menggunkan Blog.

Kesimpulan

Affiliate Marketing merupakan solusi bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis online namun terkendala modal yang minim atau tidak mau repot membuat produk atau jasa sendiri.

Anda yang baru terjun ke dunia bisnis online dan digital marketing tahun 2021 ini, bisa memulai terlebih dahulu dengan menjalankan affiliate marketing.

Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa segera memperoleh penghasilan dengan menguasai model bisnis affiliate marketing ini.


1 thought on “Belajar Affiliate Marketing, Pengertian, Cara Kerja dan Strateginya (2021)”

  1. Pingback: Belajar Memulai Bisnis Digital Markerting Untuk Pemula

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *