password app

3 Aplikasi Password Manager Terbaik Untuk Mengelola Semua Akun Anda


Kenapa perlu menggunakan password manager? Pernahkah Anda merasa kewalahan dengan jumlah username dan password yang berbeda yang harus Anda ingat?

Bagaimana cara terbaik untuk mengingat dan mengelola semua username dan password tersebut. Solusinya adalah dengan menggunakan password manager.

Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara mengelola password dengan mudah dan aman seperti Pro dengan menggunakan aplikasi password manager populer yang aman dan mudah digunakan.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Password Manager?

Banyak diantara kita yang masih menggunakan password atau kata sandi yang sama dan sangat mudah diingat hingga bertahun-tahun. Padahal itu tidak aman.

Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus peretasan terjadi karena menggunakan username dan password yang mudah pada semua akun mereka.

Saya bukannya mau menakut-nakuti Anda. Tapi hal ini memang terjadi dan terjadi setiap hari pada ratusan orang di seluruh dunia.

Inilah sebabnya mengapa pakar keamanan dan profesional merekomendasikan Anda untuk menggunakan kata sandi STRONG dan UNIQUE.

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana Anda mengingat semuanya ketika ada begitu banyak kata sandi yang berbeda seperti akun email bisnis, web hosting, pendaftar domain, akun sosial, area admin WordPress, dll.

Disinalah Peran Aplikasi Pengelola Kata Sandi (Password)

Pengelola kata sandi menyimpan semua kata sandi Anda dan memungkinkan Anda mengelolanya menggunakan satu kata sandi utama. Hal ini juga membantu Anda menghasilkan kata sandi yang kuat ketika Anda membuat akun baru dan kemudian menyimpannya di cloud.

Kelebihan pengelola kata sandi ini adalah memiliki fungsi pengisian otomatis. Dengan cara ini Anda tidak perlu mengingat atau memasukkan apa pun untuk website yang sudah Anda miliki akunnya.

Anda dapat menggunakan aplikasi pengelola kata sandi di semua perangkat Anda, dan dapat dengan mudah mengimpor kata sandi yang disimpan di browser Anda.

Berikut adalah daftar 3 Aplikasi Password Manager terbaik dan paling populer didunia.

1. LastPass

LastPass adalah salah satu aplikasi pengelola kata sandi paling populer. Saya sendiri menggunakan LastPass dan tidak ragu merekomendasikannya kepada Anda. Versi gratis aplikasi ini sudah cukup memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk memulai. Anda juga dapat mengupgrade ke versi premium hanya dengan $ 3 per bulan untuk mengakses opsi advanced multi-factor dan fitur berbagi.

LastPass sudah tersedia di perangkat Windows, Mac, Linux, iPad, iPhone, Android, Windows Phone, dan Blackberry. Ini berarti tidak peduli perangkat apa yang Anda gunakan, LastPass bisa Anda gunakan, dan Anda dapat dengan mudah menyinkronkan semua password Anda.

LastPass menggunakan kata sandi utama untuk mengelola semua kata sandi Anda yang menjadikan kata sandi utama ini kunci untuk semua akun online Anda.

LastPass memungkinkan Anda untuk menggunakan autentikasi multifaktor dengan aplikasi authenticator LastPass mereka serta layanan lain seperti pesan SMS dan Yubikey. Ini berarti bahwa seseorang harus mengetahui kata sandi Anda dan memiliki akses ke kode keamanan yang dihasilkan secara acak untuk memasukkan slah satu kata sandi Anda.

Jika karena alasan tertentu Anda perlu berbagi kata sandi dengan seseorang seperti asisten atau developer website Anda, maka LastPass memungkinkan Anda untuk melakukannya dengan aman. Pihak lain perlu menginstal ekstensi LastPass di browser mereka untuk menggunakan kata sandi bersama.

Fitur berbagi kata sandi sangat bagus karena asisten Anda tidak pernah melihat kata sandi Anda, sehingga mereka tidak dapat mengubah kata sandi. Mereka hanya dapat masuk dan melakukan tugas yang Anda butuhkan untuk mereka lakukan.

2. 1Password

1Password adalah slah satu pengelola kata sandi populer lainnya. Aplikasi ini adalah lintas platform dan juga tersedia untuk perangkat seluler. Tidak ada versi gratis dari 1Password namun tersedia untuk uji coba gratis 14 hari.

Meskipun 1Password berfungsi di Mac, iOS, Windows, Android, Linux, dan Chrome OS, 1Password mendapatkan popularitasnya di antara pengguna Apple karena antarmuka pengguna sangat intuitif jika Anda terbiasa dengan UI Apple.

Salah satu fitur yang tidak ada dari 1Password adalah multi-faktor atau otentikasi biometrik. Ini adalah salah satu fitur yang paling sering ditanyakan, dan ada kemungkinan besar itu akan tersedia dalam beberapa versi mendatang.

Mereka menawarkan fitur berbagi kata sandi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Anda bahkan dapat mengundang tamu untuk berbagi terbatas. Yang saya ketahui dari mereka yang pernah menggunakan aplikasi ini, fitur berbagi kata sandinya tidak semudah LastPass.

Mereka menawarkan autentikasi dua faktor pada paket keluarga, dan autentikasi multifaktor lanjutan pada paket bisnis mereka yang mulai dari $ 3.99 per bulan per pengguna.

3. Dashlane

Dashlane adalah pesaing ketiga dalam daftar aplikasi pengelola kata sandi di pasaran. Sama seperti aplikasi lain dalam daftar ini, Dashlane juga tersedia untuk semua platform, desktop, dan seluler.

Aplikasi ini benar-benar gratis, dengan beberapa fitur hanya tersedia untuk pengguna premium. Paket premium tersedia seharga $ 59.99 per tahun dan termasuk cadangan tak terbatas dan perangkat tak terbatas.

Dashlane memungkinkan Anda untuk menghasilkan kata sandi yang kuat saat Anda mengisi formulir online. Aplikasi ini mengenkripsi dan menyimpan kata sandi Anda dan mengisi otomatis kata sandi untuk Anda.

Dashlane juga memungkinkan Anda untuk berbagi kata sandi dengan teman dan rekan kerja.

Versi gratis Dashlane tidak memungkinkan Anda untuk menyinkronkan kata sandi di semua perangkat Anda, mengakses kata sandi di web, atau menyimpan cadangan.

Manakah aplikasi pengelola Kata Sandi Terbaik?

Sampai saat ini, LastPass adalah aplikasi pengelola kata sandi terbaik menurut saya. Mudah, aman, dan hemat biaya. Versi gratisnya saja sudah sangat kuat apalagi versi berbayarnya.

Saya sendiri menggunakan LastPass untuk mangelola dan berbagi kata sandi dalam aktifitas online sehari-hari.

Jika Anda menjalankan bisnis online, maka Anda akan mengagumi fitur keamanan LastPass yang kuat. Anda dapat menguncinya untuk negara, mengatur autentikasi dua langkah, berbagi kata sandi dengan aman dengan tim, dan banyak lagi.

Saya harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara mengelola kata sandi dengan lebih efisien dan aman. Password atau kata sandi bagi pemilik website adalah pertahanan keamanan paling penting dalam menghadapi peretas, jadi Anda tidak boleh kompromi menggunakan kata sandi yang unik dan kuat untuk setiap akun.

Jika Anda menjalankan website WordPress yang diakses banyak user maka Anda dapat menerapkan kata sandi yang kuat di website Anda dan bahkan mengatur ulang kata sandi untuk semua user Anda. Anda juga dapat membatasi jumlah upaya login yang dapat dilakukan user.

Silahkan baca juga artikel tentang cara meningkatkan keamanan website wordpress.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada orang terdekat Anda.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *