landing page

Apa Itu Landing Page? Pengertian, Fungsi, Contoh dan Cara Membuatnya (2021)


Dalam dunia digital marketing kita sering mendengar istilah landing page. Apa Itu Landing Page? Bagaimana cara menggunakannya? Apa perbedaannya dengan website? Bagaimana cara membuatnya dengan benar?

Silahkan lihat pada daftar isi dibawah ini agar Anda mudah menavigasi informasi yang ingin Anda ketahui.

Peran Landing Page dalam Strategi Digital Marketing

Landing page mempunyai peran yang sangat penting untuk bisnis, khususnya dalam strategi digital marketing.

Menggunakan Landing Page termasuk strategi marketing yang paling sering digunakan praktisi digital marketing untuk menghasilkan penjualan atau prospek.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai hal tentang landing page.

Mulai dari pengertian landing page, fungsi landing page, perbedaan landing page dan homepage atau website, contoh landing page, template, cara membuat, faktor yang mempengaruhi keberhasilan landing page dan sebagainya.

Apa Itu Landing Page?

Dalam dunia digital marketing, Landing Page adalah halaman website tersendiri yang dibuat khusus untuk kampanye pemasaran atau periklanan.

Di sinilah pengunjung “mendarat” setelah mereka mengklik link di alamat email, atau iklan dari Google, WhatsApp, Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, atau platform digital lainnya.

Fungsi Landing Page

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi landing page adalah menghasilkan penjualan atau prospek dari pengunjung atau target market Anda.

Perbedaan Landing Page dengan Website

Sekarang kita telah mengetahui apa itu landing page.

Lantas, apa perbedaannya dengan website? Keduanya memiliki tujuan berbeda.

Halaman pada website secara umum memiliki banyak tujuan dan mendorong eksplorasi sedangkan Landing Page didesain dengan fokus tujuan yang dikenal dengan istilah CTA (Call to action) atau ajakan bertindak seperti segera membeli produk, mendaftarkan diri sebagai member, mendownload aplikasi, memberikan donasi dan sebagainya.

Perbedaan Landing Page dan Homepage

Sedangkan Homepage atau juga dikenal dengan istilah Beranda adalah halaman utama atau halaman pembuka pada sebuah website yang menampilkan topik atau identitas dari website tersebut.

Jadi, homepage merupakan halaman pertama yang akan dilihat pengunjung website ketika mengunjungi alamat sebuah website.

Karena tujuan tersebut menjadikan Landing page merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan rasio konversi kampanye iklan Anda dan menurunkan biaya untuk mendapatkan prospek atau penjualan.

Contoh Landing Page

Setelah Anda mengetahui apa itu landing page, mungkin Anda sudah membayangkannya dan menyadari ternyata Anda sering menjumpai berbagai contoh landing page ketika menjelajahi internet.

Untuk lebih jelasnya berikut contoh landing page.

✔️ Contoh Landing Page Online Course

✔️ Contoh Landing Page Jual Buku

Jenis Landing Page


Ada banyak jenis atau variasi landing page yang bisa Anda temukan, tapi berdasarkan pada spesifikasi bisnis, sebenarnya ada jenis dua landing page (ditentukan oleh sasarannya):

✔️ Landing Page Lead Generation

Disebut juga halaman “lead gen” atau “lead capture”, Landing Page Lead Generation menggunakan formulir sebagai ajakan bertindak.

Formulir ini hampir selalu mengumpulkan data prospek, seperti nama, nomor WhatsApp dan alamat email pengunjung.

Pemasar B2B dan perusahaan yang menjual barang dengan harga tinggi menggunakan jenis landing page ini untuk membuat daftar calon pelanggan potensial ‘List Building.’

Mereka terkadang menawarkan sesuatu yang gratis, seperti ebook atau webinar,menawarkan pengiriman gratis, atau penawaran khusus dengan imbalan info kontak biasanya nomor whatsapp atau alamat email.

✔️ Click through landing pages atau Landing Page Klik-Tayang

Digunakan untuk penjualan atau langganan secara langsung.

Click through landing pages atau Landing Page Klik-Tayang biasanya memiliki tombol sederhana yang memuat tulisan seperti “Pilih Sekarang”, “Beli Sekarang”, “Shop Now” dan sebagainya.

Jadi, tombol ini sebagai ajakan bertindak yang mengarahkan pengunjung tersebut ke alur pembayaran (seperti toko aplikasi) atau menyelesaikan transaksi.

Copywriting Landing Page


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan sebuah landing page.

Faktor mempengaruhi keberhasilan sebuah landing page seperti desain, copywriting, waktu loading landing page itu sendiri.

  1. Desain. Anda bisa menggunakan template landing page yang gratis maupun berbayar. Ada begitu banyak template landing page baik gratis maupun premium berbayar yang tersebar di Internet. Jika Anda butuh rekomendasi landing page template, akan disebutkan nanti.
  2. Waktu Loading. Untuk mendapatkan waktu loading yang cepat, selain mengoptimasi landing page, Anda perlu menggunakan jasa hosting web terpercaya dengan melihat testimoni mereka yang pernah menggunakannya. Saya sendiri menyarankan hosting web di Niagahoster atau jika Anda sekedar ingin membuat landing page bisa menggunakan jasa Kirim.Email
  3. Copywriting adalah beberapa kata atau kalimat yang mampu meyakinkan pembacanya untuk segera mengambil tindakan seperti segera membeli produk, mendaftar, mendownload aplikasi, memberikan donasi dan sebagainya.

Jadi, copywriting landing page ini juga faktor yang sangat penting karena walaupun desain landing page Anda bagus dan waktu loadingnya cepat, tetapi tidak didukung Copywriting Landing Page yang bisa menjual, hasilnya pun sia-sia.

Jika Anda tertarik lebih dalam belajar copywriting landing page, Silahkan baca artikel Apa itu Copywriting dan contohnya.

Landing Page Template

Jika Anda mencari landing page template gratis, Anda bisa mengunjungi website Onepagelove.com.

Ada sekitar 75 template yang bisa Anda gunakan atau jadikan referensi.

Setiap landing page template ini menyertakan ulasan, long screenshot, demo langsung, dan tautan unduhan.

Membuat Landing Page

Untuk membuat landing page, Anda bisa menggunakan landing page gratis maupun premium berbayar berbayar.

Namun, masing-masing ada kekurangan dan kelebihannya.

Jika Anda tertarik untuk belajar tutorial step by step pembuatan landing page menggunakan wordpress dan plugin elementor dan dibimbing secara lifetime serta bisa private langsung dengan mentor, Anda bisa mengikuti Kursus Landing Page dari Kampus Marketing.

Anda bisa menggunakan Google Sites untuk membuat landing page secara gratis.

Berikut panduan cara membuat landing page gratis menggunakan google sites.

✔️ Landing Page Gratis Google dengan Google Sites

Untuk membuat Landing Page secara gratis menggunakan fitur dari Google Sites, Silahkan untuk mengikuti panduan berikut:

  1. Kunjungi dan login di situs https://sites.google.com
landing page

2. Login ke Google Sites.

Jika Anda sudah memiliki akun gmail, Anda bisa langsung login. Namun, jika belum, Anda terlebih dahulu perlu membuat akun google.

Setelah login, akan muncul Pemberitahuan seperti gambar dibawah ini. Cukup klik ‘Got it’.

landing page

3. Klik Start a new site (+) Blank

4. Akan muncul halaman utama untuk membuat dan mengedit landing page Anda

landing page

5. Masukkan Judul, Silahkan ubah jenis font, ukuran warna yang menarik sesuai selera Anda. Anda juga mengubah gambar, header, backgroud dan memasukkan logo.

landing page
landing page

6. Klik ‘Text box’ kemudian masukkan Kalimat Copywriting Landing Page Anda.

7. Klik Image untuk menambahkan gambar, klik Embed untuk memasukkan video dari youtube. Masukkan link youtube video Anda.

8. Klik Button untuk menambahkan Tombol CTA (call to action). Masukkan Nama dan Link kemudian Insert. Link yang Anda masukkan bisa berupa link menuju nomor whatsApp Anda atau Link Afiliasi.

Apa itu link afiliasi? Silahkan baca artikel tentang Belajar Affiliate Marketing, Pengertian, Cara Kerja & Strateginya.

9. Tombol CTA Anda sudah jadi. Ketika pengunjung mengkliknya, maka mereka akan diarahkan menuju link yang telah Anda masukkan tadi.

10. Klik tanda gear Setting untuk menambahkan Logo dan penambahan lainnya.

11. Klik Publish disisi atas sebelah kiri kemudian masukkan nama web adress Landing Page yang Anda inginkan.

Setelah selesai, klik publish dibagian bawah.

11. Hasil akhir Landing Page Anda akan seperti gambar dibawah ini.

Jika Anda belum puas, Anda masih bisa mengeditnya.

Itulah tadi langkah-langkah cara membuat landing page gratis google. Silahkan Anda mencoba membuat dan berkreasi mendesainnya semenarik mungkin.

Contoh Landing Page Gratis Google yang telah dibuat diatas bisa Anda lihat DISINI

Membuat Landing Page dengan Plugin WordPress

SeedProd adalah plugin landing page wordpress yang mudah digunakan untuk pemula, tetapi juga memiliki fitur-fitur canggih untuk pengguna WordPress yang sudah berpengalaman.

Plugin landing page wordpress SeedProd dibuat untuk memudahkan Anda membuat desain & layout landing page khusus dengan antarmuka pembuat desain drag & drop yang intuitif (tidak perlu pengkodean). Silahkan baca artikel tentang SeedProd – Plugin Landing Page WordPress Cepat, Mudah & Intuitif.

Landing Page KIRIK.EMAIL Page Builder

Untuk menggunakan Landing Page berbayar, Anda bisa menggunakan layanan dari Kirim.Email yang bernama KIRIM.EMAIL Landing Page Builder.

Kelebihannya adalah ada ratusan elemen template siap pakai, seperti warna, tombol, gambar, dan lain sebagainya. Anda tinggal edit dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, Landing Page Builder ini juga terhubung langsung dengan layanan email marketing dari KIRIM.EMAIL sehingga bisa meningkatkan jumlah database email Anda.

landing page kirim email
landing page kirim email

Jasa Pembuatan Landing Page

Jika Anda mencari jasa pembuatan landing page, Anda dapat dengan mudah menemukannya di Internet.

Anda cukup mengetik ‘Jasa Pembuatan Landing Page’ pada search engine atau mesin pencari Anda kemudian akan muncul banyak pilihan jasa pembuatan landing page.

Namun, jika Anda mencari Jasa Pembuatan Landing Page target market luar negeri yang menggunakan bahasa inggris, Anda bisa menggunakan jasa freelancer di Fiverr.

Pendaftaran dan order pertama kalinya, Anda akan mendapatkan diskon 20%.

Landing Page fiverr

Sampai disini artikel tentang apa itu landing page, mudah-mudahan bermanfaat. Anda juga mungkin tertarik melihat 6 Rekomendasi Plugin Landing Page WordPress Terbaik (2021).

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan.

Semoga semakin banyak teman-teman yang lain bisa mengambil manfaatnya.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *